in

Meski Gagal Lolos Piala Dunia 2018, 4 Barang Ini Harumkan Nama Indonesia di Mancanegara

Beberapa bulan lagi event terbesar bertajuk Piala Dunia akan kembali digelar. Pada tahun ini untuk pertama kali Rusia ditunjuk untuk menjadi tuan rumah. Namun sayang pada edisi Piala Dunia tahun ini, Indonesia kembali gagal lolos. Hal ini menjadi catatan kelam untuk Timnas yang tak pernah sekalipun mampu lolos di kompetisi tersebut. Terakhir kali Indonesia berada pada ajang tersebut adalah saat masih bernama Hindia-Belanda.

Cerita kelam ini tidak perlu untuk terus kita ratapi. Pasalnya meski tidak berlaga di sana Indonesia tetap memiliki andil besar untuk pagelaran tersebut. Hal ini lantaran beberapa hasil buah tangan orang Indonesia akan digunakan di Piala Dunia. Bahkan produk tersebut menjadi official resmi ajang empat tahunan tersebut. Lalu produk asal Indonesia apa saja yang digunakan? Simak Ulasannya berikut.

Seragam perang para kontestan Piala Dunia berasal dari Indonesia

Kostum Timnas Jerman [Sumber Gambar]
Beberapa hari ini produsen olahraga seperti Nike dan Adidas telah meluncurkan desain kostum teranyar. Lantaran hal tersebut, dipastikan semua negara yang mengikuti Piala Dunia Rusia 2018 akan mengenakan seragam perang baru. Beberapa kostum tim Piala Dunia ini didesain unik dan dipercaya nyaman untuk dikenakan. Tapi tahukah kalian, di balik pakaian olahraga ini ada campur tangan orang Indonesia. Hal ini dikarenakan hampir semua produksi baju dari brand besar dunia tersebut dikerjakan di Indonesia. Sejak piala dunia tahun 2014 negara kitalah yang memasok kostum resmi negara peserta event tersebut.

Bola resmi Piala Dunia asli dibuat oleh tangan orang pribumi

Bola Piala Dunia [Sumber Gambar]

Selain pakaian untuk para pemain di Piala Dunia, bola asal Majalengka juga menjadi produk Indonesia yang tampil di ajang ini. Bekerjasama dengan salah satu apparel asal Jerman Adidas, bola asal Majalengka terus digunakan untuk event besar tersebut. Terhitung sejak tahun 1998 hingga 2018 alat terpenting di sepak bola ini merupakan hasil buatan tanah air. Dilansir dari laman Indosport bola ini sudah memenuhi standar yang ditempatkan oleh induk organisasi sepak bola dunia (FIFA). Perusahaan asal Majalengka ini semakin hebat lantaran menjadi satu-satunya di Indonesia yang dipercaya  untuk mamasok produk tersebut.

Sepatu para pemain Timnas negara peserta dibuat di Tangerang

Sepatu Mizuno [Sumber Gambar]
Produk Indonesia lain yang dipastikan berlaga di kompetisi bertajuk Piala Dunia itu adalah Sepatu. Dimulai tahun 2010 lalu bekerjasama dengan brand Mizuno, PT Panarub Dwikaryo menjadi official resmi pembuat alas kaki untuk merek tersebut. Sepatu Mizuno sendiri banyak digunakan oleh para pemain Jepang dan beberapa pemain top dunia. Kualitas pengerjaan bagus serta hasil sesuai standar menjadi alasan perusahaan asal Tangerang tersebut ditunjuk sebagai official resmi. Dilansir dari laman Bola, PT Panarub Dwikaryo ini juga sempat memproduksi sepatu merek Adidas, New Balance dan Nike.

Treveloka menjadi Official sponsor Piala Dunia

Treveloka [Sumber Gambar]
Pada awal tahun 2018 lalu Treveloka menjadi tahun yang bersejarah untuk penyedia layanan ini. Pasalnya, untuk pertama kali dirinya akan terjun di Piala Dunia. Dilansir dari Liputan6, Traveloka menjadi perusahaan asal Indonesia satu-satunya yang akan menjadi sponsor ajang tersebut. Meski tidak berupa produk yang langsung digunakan pemain, penyedia layanan ini menambah daftar panjang brand asal negara kita di sana. Interaksi masyarakat yang besar saat Piala Dunia menjadi alasan mereka berani menjadi sponsor di pagelaran empat tahunan tersebut.

Beberapa produk asli Indonesia yang ikut adil di Piala Dunia memang lah membanggakan untuk kita semua. Namun akan jauh lebih hebat apabila Timnas Indonesia juga mampu berada pada event sepak bola terbesar di dunia tersebut. Meski sempat ikut pada Piala Dunia 1935, tapi saat itu bukan bernama Indonesia. Jadi besar harapan apabila ke depan tim merah putih dapat berada di sana.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Waspada! Godaan yang Cantik-cantik, Inilah Modus Baru Para Begal Mencari Korban di Jalan

4 Aksi Menyiksa Hewan yang Sempat Viral Ini Membuat Netizen Mengutuk Dalam Hati