Hubungan yang hangat antara Indonesia dan Korea Utara telah terjalin dengan baik sejak era pemerintahan Presiden Sukarno. Kala itu, bung besar berkesempatan menjamu pemimpin Korea Utara, Kim Il-sung, dan memberikan bunga anggrek yang diberi nama Kimilsungia sebagai tanda persahabatan.

Kini, persahabatan itu terus berjalan dan semakin hangat. Bahkan, KBRI Pyongyang melakukan terobosan dengan memperkenalkan produk-produk Indonesia kepada masyarakat Korea Utara lewat Gerai Produk Indonesia (Indonesian Product Showcase). Terlihat, beberapa produk makanan seperti susu dan makanan bayi terlihat di sana.

Gerai Produk Indonesia di Pyongyang, Korea Utara [sumber gambar]
Dilansir dari laman resmi KBRI Pyongyang, beberapa produk khas Indonesia seperti aneka bumbu masakan (sambal ABC berbagai varian, Masako, Ajinomoto), susu dan makanan bayi (Lactogen, promina, SUN, Milna, Cerelac, BMT), hingga produk kopi (Excelso, Indocafe berbagai varian, Koffie Luwak, Kapal Api, Kopiko berbagai varian), bisa ditemukan di sana.

Selain makanan, ada pula produk-produk untuk kebutuhan rumah tangga seperti aneka deterjen pembersih (Attack, B29, Daia, So Klin, Rinso), sabun mandi (Giv, Shinzui, Fresh, Lifebuoy, Lux), aneka shampoo (Clear, Emeron), pembersih lantai (Superpel, Wipol), sabun cuci piring (Mama Lemon), dan pewangi pakaian (Molto, So Klin).

Masyarakat Korea Utara saat melihat-lihat produk Indonesia [sumber gambar]
Menurut Duta Besar RI untuk Korea Utara, Berlian Napitupulu mengatakan, Gerai Produk Indonesia telah memiliki 150 jenis barang yang dipamerkan kepada masyarakat Korea Utara, yang didapat dari beberapa toko yang tersebar di negara pimpinan Kim Jong-un tersebut.

Salah satu hal yang membanggakan adalah, masyarakat Korea Utara ternyata menggemari produk-produk buatan Indonesia karena dinilai lebih unggul dibanding negara lain. Hal tersebut tak lepas dari harganya yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik. Salah satu toko di Wonsan bahkan menjual hingga ratusan produk asal Indonesia.

Tangkapan layar produk Indonesia di Korea Utara dari Instagram Jaka Parker [sumber gambar]
Di antara semua produk yang ada, masyarakat Korea Utara ternyata menggemari beberapa item yang termasuk laris manis dan menjadi barang favorit di sana. Untuk kebutuhan rumah tangga ada cairan pewangi Molto dan pembersih (Superpel), dan deterjen (Daia, Rinso).

Untuk makanan dan minuman, ada bumbu masakan Masako, aneka kopi Luwak White Koffie, Indocafe, dan Energen. Tak hanya itu, sabun mandi seperti Sinzhui, Lifebuoy, dan pencuci piring merek Sunlight dan Mama Lemon, menjadi favorit bagi para ibu rumah tangga Korea Utara.

Para pengunjung di Pyongyang International Trade Fair [sumber gambar]
BACA JUGA: Menilik Kehidupan Orang Kaya Korut, Mulai dari Berkuda Sampai Santap Makanan Mahal

Salah seorang pengguna Instagram bernama Jaka Parker yang telah lama tinggal di Korea Utara, juga membagikan beberapa produk Indonesia yang dijual di sana. Terlihat beberapa bungkus deterjen dalam berbagai varian, dan sabun pencuci piring cair. Unik ya Sahabat Boombastis.