in

Pool Taxi Express Cipayung, Tempat di Mana Mobil Mahal Dibeli dengan Harga Terjun Bebas

Kendaraan roda empat sudah menjadi kebutuhan dewasa ini. Dengan menggunakan mobil pribadi, bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain juga menjadi lebih mudah. Apalagi untuk sebuah perusahaan atau kantor yang memang membutuhkan transportasi sendiri.

Namun, hal ini terkadang tak bisa tercapai karena harga mobil yang ratusan juta hingga miliaran. Ternyata eh ternyata, ada cara untuk mengakalinya, yaitu dengan membeli mobil bekas yang masih sangat layak pakai. Di Ibu Kota sendiri ada beberapa pool mobil ex taksi yang menjual dengan harga murah meriah kendaraan roda empat mereka. Salah satunya adalah Pool Ex Taksi yang berada di daerah Cipayung, Jakarta Timur.

Sebuah video yang diunggah oleh YouTuber Ridwan Hanif Rahmadi ini masuk dalam jajaran trending YouTube dan sudah ditonton lebih dari 6 juta orang. Bersama dengan rekannya, Hanif melihat-lihat pool (tempat parkiran) mobil-mobil yang dulunya bekas taksi dan dijual dengan harga murah, mulai dari Rp33 juta saja. Mobil tersebut banyak sekali jenisnya, mulai dari Etios hingga Alphard.

Sekilas, tempat ini lebih mirip kuburan mobil alias tempat pembuangan terakhir kendaraan roda empat yang sudah tak lagi digunakan. Tempatnya pun sudah dipenuhi oleh rumput yang mulai meninggi. Namun, kalau didekati, mobil-mobil yang dulunya dipakai oleh sopir taksi ini masih sangat bagus dan dijual loh, guys.

Pool Taksi [sumber gambar]
Nah, menurut sang pemilik sendiri, ada sekitar 500 unit mobil –berbagai merk—yang mereka jual, sekitar 70 unitnya sudah laku terjual. Lalu mengapa mobil ini terdampar dan harganya terjun bebas? Ya, namanya saja sudah berang second hand ya. Beberapa dari mobil tersebut merupakan produksi tahun 2013, namun perusahaan taksi baru membelinya pada 2016-2017, sehingga kalau mau dihitung, tahun operasinya sudah sepertiga dekade. Harga tersebut membuat ia lebih murah.

Berdasar pada pengakuan Deka, selaku pemilik pool ini, mobil ini harus istirahat karena banyaknya transportasi online yang lebih dipilih oleh penumpang. Sehingga mereka, beralih ke online yang lebih mudah dipesan dan harga ongkosnya yang murah. Selain itu, mobil yang berada di pool ini juga mobil dengan kapasitas penumpang yang kecil, sehingga banyak penumpang yang tak suka naik mobil itu (saat menjadi taksi) dan memilih mobil jenis lain. Hal ini jelas membuat para sopir lebih sering rugi dan nombok setoran. Sehingga lama-lama mereka memilih buat tak lagi naksi.

Penampilan taksi bekas [sumber gambar]

Sebagian dari mobil ini kemudian dikumpulkan dalam satu lapangan dan dijual dengan harga yang sangat murah. Beberapa bahkan sudah tampak hancur dan tak bisa lagi dipakai karena termakan waktu. Nah, uniknya lagi, setiap calon pembeli bisa request kalau mau modifikasi ulang sehingga menjadi lebih kece. Untuk modif ini sendiri, biayanya bisa mencapai 15 juta Rupiah. Tapi, kalau mau polosan –bonus sudah dicuci—saja maka dengan uang 33 juta Rupiah, mobilnya sudah bisa diboyong pulang.

BACA JUGA: Gila! Di 5 Tempat ini Mobil Mewah Dibiarkan Bak Sampah

Namun, sebelum membeli mobil bekas ini ada baiknya sih mengecek segala kelengkapan dan mesinnya, masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karena, banyak mobil yang performanya berkurang setelah mereka tak dipakai selama bertahun-tahun. So, bijaklah dalam memilih ya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Wacana PNS Diguyur Rp 1 Miliar yang berakhir PHP, Salah Kutip Kata Menpan

Mengenal Sosok Ustadz Bangun Samudra yang Mendadak Viral Gara-gara ‘Lulusan S3 Vatikan’