Pola Ledakan di Jakarta Mirip dengan yang Pernah Terjadi di Perancis

oleh Ayu
16:17 PM on Jan 14, 2016

Jakarta mencekam siang ini (14/1). Bahkan sampai beritanya diturunkan, beberapa orang yang diduga merupakan komplotan pelaku aksi teror ini masih dalam pelacakan dan pengejaran polisi.

Ada banyak dugaan dalam kasus ini, terutama motif di balik pengeboman. Berdasarkan update informasi yang diterima Tim Boombastis, ledakan bukan berasal dari bom, namun menggunakan granat. Aksi pengeboman juga dilanjutkan dengan baku tembak antara pelaku dan kepolisian.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

bom jakarta

Pola teror semacam ini rasanya bukan hal yang baru. Beberapa waktu lalu di Prancis juga terjadi aksi teror yang mirip dengan apa yang dialami Ibukota Jakarta. Beberapa persamaan ini di antaranya sebagai berikut.

Pengeboman Lokasi pengeboman sama-sama dilakukan di ibukota, lebih tepatnya di lokasi yang cukup banyak aktivitas dan interaksi dengan masyarakat. Teror ledakan yang dihasilkan juga tidak hanya satu kali. Ada 3 bom yang meledak di Prancis, sementara hari ini ibukota diguncang hampir 2 kali lipat jumlah ledakan di sana.

bom sarinah tembak-tembakan
Baku tembak oknum dan kepolisian [Image Source]
Penembakan Aksi teror tidak hanya berhenti sampai di pengeboman. Di Prancis, selain meledakkan bom, juga ada aksi penembakan brutal di Teater Bataclan yang menewaskan beberapa orang. Pun demikian dengan aksi tembak-tembakan yang sempat terjadi menyusul ledakan bom Jakarta. Oknum sempat adu senjata dengan polisi, bahkan kabarnya baku tembak ini memakan korban.

Apakah teroris menjadi dalang dari semua ini? Pusat. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan sendiri mengatakan bahwa ini ada kaitannya dengan ISIS. Dan hal ini juga seperti yang ditegaskan oleh Francois Hollande saat negerinya diserang teror bom dan baku tembak.

Meskipun dari pola ini, kita sudah menemukan titik terang pelakunya, Indonesia masih harus lebih kuat dan siaga dengan kemungkinan ancaman dan gangguan teror lainnya. Ada yang bilang juga bahwa ini berhubungan dengan pengalihan isu Freeport maupun kasus korupsi yang baru saja terungkap tempo hari. Bagaimana menurut Anda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA