Corot 7b, Planet Luar Tata Surya yang Panasnya Biadab

oleh Faisal Bosnia Ahmad
09:00 AM on Feb 6, 2017

Para ilmuwan tak henti-hentinya melakukan penelitian dan observasi untuk mencari kemungkinan planet-planet selain bumi yang dapat ditempati. Satu planet yang hingga kini dianggap punya potensi untuk ditinggali adalah Mars. Sedangkan sisanya adalah planet yang jauh dari kata layak untu dihuni. Sebagian lainnya bahkan dinobatkan sebagai planet mematikan karena ancamannya yang mustahil dihalau oleh teknologi manusia saat ini. Salah satunya adalah planet bernama Corot 7b.

Meski namanya terdengar menggelikan, namun planet ini menyimpan malapetaka yang maha dasyat. Jangan harap kamu tahan berada di planet ini meski hanya dalam hitungan waktu sepersekian detik. Nama Corot itu sendiri berasal dari teleskop buatan Perancis bernama CoRot yang merupakan kependekan dari Convection, Rotation, dan planetary Transits. Planet ini ditemukan pada tanggal 3 Februari 2009.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Berikut fakta-fakta yang sudah kami rangkum mengenai planet neraka ini.

1. Suhunya sangat panas, mampu lelehkan baja dalam sekejap

Lebih tepatnya, suhu di permukaan planet ini berada pada kisaran angka 2.500 derajat celcius. Hampir setengahnya panas matahari yang mencapai 6.000 derajat celcius. Panasnya planet ini sampai-sampai dapat menguapkan bebatuan.

Ilustrasi panasnya Corot 7b. [Image Source].
Sama sekali tak ditemukan adanya formasi perairan atau curah hujan di planet ini. Para ilmuwan sepakat bahwa panasnya planet ini tak memungkinkan untuk dihuni oleh manusia, bahkan oleh makhluk hidup lain sekalipun. Besi saja sudah meleleh, bayangkan saja betapa ngerinya kalau manusia dikenakan suhu sepanas itu.

2. Jaraknya sangat dekat dengan “matahari” di tata surya tersebut

Penyebab mengapa planet ini begitu panas adalah karena jaraknya hanya 2,5 juta mil dari bintang induknya atau matahari jika di tata surya kita. Bila dianalogikan, itu artinya sama saja dengan planet Merkurius 23 kali lebih dekat ke matahari.

Jarak Corot dengan mataharinya begitu dekat. [Image Source].
Dengan jarak Merkurius ke Matahari yang mencapai 57 juta kilometer saja panas di permukaan planet paling dekat ke bumi tersebut sudah mencapai 430 derajat celcius dan sudah tak masuk kategori layak huni oleh makhluk hidup. Apalagi jika dibandingkan panasnya Corot?

3. Malam dan Siangnya abadi

Akibat jaraknya yang sangat dekat dengan sang induk bintang, gravitasi planet ini pun terkunci alias tidak berotasi layaknya bulan terhadap bumi.

Ilustrasi perbandingan ukuran bulan, Bumi, Corot 7b. [Image Source].
Sehingga satu sisi permukaan planet ini memiliki suhu dan kondisi geologis yang perbedaannya sangat dramatis. Satu sisi mengalami siang abadi dengan suhu seperti yang sudah disebutkan di poin pertama tadi. Sedangkan sisi lainnya mengalami malam abadi dengan suhu sangat dingin mencapai minus 200 derajat celcius. Dua sisinya berbeda namun sama-sama berbahaya.

4. Setahun di planet ini kurang dari satu hari di planet bumi

Karena jaraknya yang begitu dekat dengan bintang induknya, revolusi di planet ini hanya 20 jam saja! Sehingga planet ini menjadi planet ekstrasurya dengan orbit terpendek yang sejauh ini ditemukan. Diameter planet ini kira-kira satu setengah kali diameter bumi.

Ilustrasi sabuk orbit Bima Sakti. [Image Source].
Semakin kecil diameter orbit, itu artinya semakin cepat planet tersebut mengitari induk bintangnya. Maka, kecepatan orbit Corot 7b begitu sulit dipercaya, 750,000 kilometer per jam! Pantas saja revolusi planet ini bisa sesingkat itu.

Bumi semakin menderita, polusi semakin mengepul, bencana terus terjadi, kutub es semakin menipis sehingga pemanasan global semakin nyata adanya. Tentu saja kita berharap suatu saat nanti para ilmuwan dapat menemukan planet lain yang bisa kita huni. Namun, jauh lebih baik agar kita juga terus menjaga kelestarian bumi dan mencegah kepunahannya sehingga bumi masih layak untuk ditempati oleh anak cucu kita nanti.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA