Pada tahun 1990, ahli astronomi menemukan sebuah bintang raksasa yang ukurannya sangat fantastis jika dibandingkan matahari. Bintang ini terletak di bimasakti dan dinobatkan sebagai bintang terbesar pada galaksi tersebut. Ya, namanya ada Pistol Star.

Bintang satu ini memang besar. Dibanding matahari komparasinya adalah seperti bola bowling dengan kelereng. Ukuran sebesar ini, tentu memiliki energi yang berlipat-lipat lebih kuat. Masih soal Pistol Star, kira-kira apa yang bakal terjadi seumpama matahari kita sebesar itu? Simak jawabannya berikut.

Bumi akan terbakar

Bumi akan jadi planet mati [image source]
Seperti yang pernah diketahui bahwa Pistol Star adalah bintang paling besar yang pernah ditemukan di galaksi bimasakti.  Dengan massa kira-kira 150 kali lebih besar dari pada matahari.  Dalam 20 detik, cahaya yang diterima bumi dari Pistol Star sama dengan satu tahun total cahaya dari matahari. Bumi pun akan berevolusi dalam keadaan terbakar  dan di sekitar inner planet bakal diselimuti dengan kobaran api.

Tidak ada kehidupan

Bumi akan jadi planet mati [image source]
Matahari adalah bintang yang paling cocok untuk menopang kehidupan di bumi, bila digantikan oleh Pistol Star maka tentu suhu akan naik secara ekstrim. Air akan mengering, makhluk hidup akan mati dan keadaan bumi akan berubah seperti planet-planet yang tidak dapat didiami lainnya. Dengan suhu permukaan Pistol Star yang berkali-kali lebih besar dari  matahari, maka akan adalah mustahil bagi kita atau pun makhluk lainnya untuk bertahan. Cahaya yang dikeluarkan Pistol Star juga 1.5 juta kali lebih terang dari pada matahari, kaca mata hitam tidak akan berguna  lagi untuk menahan sinar sebesar itu.

Pluto akan berputar sangat cepat dan meleleh

Kehancuran pluto [image source]
Jika bumi bakal jadi planet ganas dan manusia mati, maka lain halnya dengan Pluto. Planet super kerdil ini justru akan bisa bertahan. Tapi, tentu tidak sama seperti sekarang. Mengingat Pistol Star begitu besar, maka panasnya akan mampu membuat es-es membeku di Pluto meleleh. Sehingga planet ini seperti sebuah bola lava pijar raksasa. Ia juga akan bergerak dengan lebih cepat.

Apa yang terjadi dengan manusia?

ilustrasi manusia meninggalkan bumi [image source]
Bila Pistol Star jadi pengganti matahari, jelas manusia takkan mungkin bertahan. Seperti yang dijelaskan di atas, bumi bakal jadi planet super ekstrem yang tak mungkin ditinggali. Seumpama masih selamat, jelas manusia akan berlomba-lomba menemukan tempat baru yang habitable. Jika satelit paling jauh dan super dingin seperti pluto saja menjadi sebuah bola pijar, maka manusia harus mencari planet di luar tata surya. Jarak yang ideal dari sebuah bintang mempengaruhi panas dan cahaya yang diterima. Manusia harus mencari lagi satu planet yang memiliki jarak ideal dengan Pistol Star untuk mendapatkan panas serta pencahayaan yang pas untuk menunjang kehidupan.

Untuk menemukan habitat baru, tidak semudah yang dibayangkan

ilustrasi terraforming [image source]
Satu lagi masalah yang harus dihadapi manusia dalam mencari planet baru, elemen penunjang kehidupan. Meskipun planet yang ditemukan memiliki jarak ideal, namun mungkin saja  sangat jauh dan tidak dapat dicapai atau malah planet tersebut belum seperti bumi. Planet tersebut masih belum dapat ditinggali karena beberapa elemen seperti iklim, keberadaan air dan mahluk hidup. Seperti kita ketahui, butuh proses yang sangat lama sampai bumi menjadi planet yang dapat ditinggali mahluk hidup. Manusia tidak mungkin menunggu, satu-satunya cara adalah melakukan Terraforming. Terraforming adalah sebuah proses membuat sebuah planet dapat ditinggali dengan mengubah elemen-elemen yang ada menjadi seperti planet habitable. Setelah dilakukan terraforming dan didukung dengan panas dan cahaya yang ideal, maka manusia baru dapat hidup.

Itulah hal-hal yang diprediksi dapat terjadi bila Pistol Star menggantikan bumi. Bukannya mendapatkan manfaat tapi malah kehancuran sistem tata surya yang akan terjadi. Sepertinya kita memang harus benar-benar bersyukur karena Tuhan memilih matahari sebagai bintang tata surya ini, sehingga bumi jadi planet yang benar-benar nyaman dan sesuai.