4 Phobia Aneh Yang Bikin Seseorang Susah Untuk Liburan

oleh Alfry
10:00 AM on Nov 7, 2014

Apakah Anda seseorang yang mempunyai phobia terhadap sesuatu? Kami harap jika pun ada takutlah pada hal-hal yang wajar, seperti phobia terhadap binatang buas, atau phobia terhadap binatang yang menjijikkan. Di belahan dunia ini ternyata ada juga orang-orang dengan ketakutan yang tak wajar hingga akhirnya berdampak negatif terhadap hidupnya.

Buat traveler sejati memiliki phobia bisa menjadi hambatan saat traveling. Apalagi ketakutan itu terjadi pada hal-hal yang tidak wajar. Misalnya saja takut dengan air, rawa-rawa, takut udara dingin, atau malah takut bepergian jauh. Hal terakhir itu jika menimpa Anda maka dapat dipastikan gelar traveler sejati yang Anda gembor-gemborkan akan sirna dengan seketika. Berikut daftar phobia aneh yang biki traveling menjadi sulit di lakukan.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Limnophobia – Phobia Terhadap Rawa-Rawa dan Apa Saja yang Ada di Danau

Jenis phobia yang satu ini adalah jenis ketakutan yang berlebihan pada rawa-rawa, kolam atau apapun yang berada di dalam danau. Sebagian orang yang berada di danau pasti memikirkan tentang berenang, berlayar atau sekedar piknik. Tapi sangat disayangkan, orang dengan Limnophobia akan seketika gemetar jika berada di pinggir danau.

Phobia Terhadap Rawa-Rawa dan Apa Saja yang Ada di Danau
Phobia Terhadap Rawa-Rawa dan Apa Saja yang Ada di Danau

Pada dasarnya Limnophobia bukan berarti ketakutan terhadap air atau permukaan air, tapi lebih kepada ketakutan kepada apa-apa yang di dalam danau. Meraka yang meiliki phobia jenis ini akan membayangkan jika akan ada yang memakan jari-jarinya dan tubuhnya jika masuk ke dalam danau. Tentu saja orang dengan phobia unik ini tidak bisa berwisata ke danau-danau indah di dunia, seperti Danau Toba di Sumatera Utara atau di Maine, Amerika Serikat yang memiliki kedalaman 316 kaki dan 10 mil panjangnya.

2. Nomophobia – Ketakutan Pada Tempat Terpencil yang Tidak Ada Sinyal

Pengen traveling seru tapi tidak mau ke tempat terpencil yang berada di luar jangkauan sinyal hape? So, sudah dapat dipastikan jika Anda kemungkinan besar mengidap Nomophobia. Istilah ini di ambil dari kata “no-mobile-phone phobia” yang artinya ketakutan jika tidak ada ponsel.

Baca Juga: 10 Fakta Tentang Korea Utara Yang Bikin Kamu Tercengang

Ketakutan Pada Tempat Terpencil yang Tidak Ada Sinyal
Ketakutan Pada Tempat Terpencil yang Tidak Ada Sinyal

Para pengidap Nomophobia tidak bisa melakukan traveling ke tempat-tempat indah yang terpencil yang tidak ada akses internet maupun telepon semisal pegunungan, hutan hujan dan lainnya. Jadi para pengidap Nomophobia tidak akan memilih tempat-tempat tersebut sebagai destinasi wisata mereka.

3. Cryophobia – Takut Suasana Dingin

Cryophobia adalah sebuah ketakutan yang tidak normal terhadap hal-hal yang dingin, termasuk cuaca dingin dan benda-benda dingin. Penderita cryophobia akan merasa cemas meskipun mereka menyadari ketakutan mereka tidak rasional. Untuk menghindari dingin, mereka dapat hidup di iklim yang hangat, berpakaian lebih hangat dari yang diperlukan, tinggal di dalam rumah pada hari yang dingin, dan menghindari makanan dingin dan es batu.

Takut Suasana Dingin
Takut Suasana Dingin

Istilah cryophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani “Kryos” (dingin, dingin) dan “phobos” (takut). Orang dengan Cryophobia mungkin tidak akan pernah bisa liburan ke tempat-tempat beriklim dingin karena takut akan udara dingin. Jadi akan sia-sia jika Anda mengajak pengidap Cryophobia untuk merasakan liburan musim dingin di Eropa bahkan untuk mengajaknya menikmati indahnya puncak Bogor pun menjadi hal yang mustahil.

4. Hodophobia – Takut Traveling

Dari semua jenis phobia yang mungkin dialami para traveler, jenis phobia yang satu ini tidak dapat ditoleransi jika Anda mengaku traveler sejati. Hodophobia atau takut bepergian memiliki gejala fisik seperti berkeringat, gemetar, sakit perut, diare, sakit kepala atau sesak napas saat memikirkan tentang rencana perjalanan. Pertanyaannya adalah kog bisa seorang traveler mengidap phobia ini?

Takut Traveling
Takut Traveling

Tentunya ada hal-hal penyebab ketakutan terhadap traveling ini. Biasanya banyak orang dengan hodophobia memiliki peristiwa traumatis sebelumnya. Pengalaman ini menjadi terjalin dengan ide mereka dan menyebabkan reaksi panik, misalnya, mereka membayangkan bisa saja mengalami kecelakaan saat bepergian atau ketika mereka masih muda kemudian terpisah dari orang tua dan perasaan kehilangan yang lainnya.

Artikel Keren Lain: 5 Taktik yang Paling Dibenci di Permainan Sepakbola

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA