Kenali 7 Perusahaan Amerika Ini Ternyata Adalah Pendukung LGBT

oleh Tetalogi
15:35 PM on Feb 19, 2016

Saat ini, isu LGBT atau lesbian, gay biseksual dan transgeder sedang banyak dibicarakan. Sejumlah pihak menyatakan menolak propaganda dan keberadaan LGBT, sementara yang lainnya berusaha keras agar LGBT diterima di Indonesia.

Di Indonesia, LGBT memang menjadi kontroversi karena banyak yang tidak setuju dengan hal ini. Namun di negara lain LGBT ternyata banyak mendapatkan dukungan. Bahkan dari beberapa perusahaan Amerika yang cukup familiar berikut ini.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Apple

Apple Inc. adalah sebuah perusahaan teknologi yang begitu populer dengan produk-produk teknologinya. Perusahaan ini didirikan oleh almarhum Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne. Steve Jobs dan perusahaan Apple Inc. sejak lama memang sudah diketahui mendukung pernikahan sesama jenis. Beberapa kali, apple menghapus berbagai aplikasi di iTunes App Store yang bersifat menolak homoseksualitas.

Apple dalam Pride Parade [Image Source]
Apple dalam Pride Parade [Image Source]
Tidak hanya itu saja, dalam polling rencana pengadaan Proposition 8 tahun 2008, Apple dan beberapa perusahaan lain berusaha agar peraturan tersebut tidak dianggap konstitusional. Proposition 8 adalah rencana untuk mendefinisikan bahwa pernikahan hanya sah antara pria dan wanita saja.

2. Instagram

Instagram ternyata juga merupakan salah satu perusahaan Amerika yang mendukung LGBT. Ketika Amerika Serikat mengesahkan pernikahan sesama jenis, Instagram termasuk salah satu yang mendukung keputusan tersebut. Dalam akun facebooknya, instagram mengabadikan peristiwa yang bersejarah bagi warga Amerika tersebut.

Instagram mendukung LGBT [Image Source]
Instagram mendukung LGBT [Image Source]
Dalam akun tersebut, instagram menulis, “Hari ini, Mahkamah Agung Amerika Serikat telah mengesahkan pengumuman penting membatalkan Undang-undang Pernikahan, sebuah hukum yang menghalangi pemerintah federal mengakui pernikahan sesama jenis. Peristiwa bersejarah ini didokumentasikan lewat Instagram oleh ribuan orang yang berkumpul di depan Mahkamah Agung – beberapa bahkan berkemah semalaman – untuk mendengar keputusan tersebut yang diumumkan sekitar pukul 10 a.m. ET.”

3. NIKE

NIKE Inc. telah sejak lama mendukung persamaan hak LGBT. Tahun 2012, Nike meluncurkan kaos dengan tulisan #BETRUE untuk mendukung LGBT. Tidak hanya itu saja, mereka juga mendukung Referendum 71 yang mendukung pernikahan sejenis.

Kampanye Pro-LGBT dari NIKE [Image Source]
Kampanye Pro-LGBT dari NIKE [Image Source]
Bahkan baru-baru ini, Nike memutuskan sponsorshipnya dengan Manny Pacquiao karena petinju tersebut mengungkapkan penolakannya terhadap LGBT. Nike menganggap komentar Manny mengerikan. Apalagi perusahaan tersebut memang merupakan pendukung kuat komunitas LGBT.

4. Google

Perusahaan Google merilis dukungannya terhadap LGBT setelah MA Amerika melegalkan pernikahan sesama jenis. Saat itu, Google menampilkan kotak “search” dengan warna pelangi serta menggunakan Google Doodle untuk menyatakan dukunganya. Perusahaan ini juga termasuk salah satu yang menyerukan kampanye anti-Proposition 8.

Google dalam Pride parade [Image Source]
Google dalam Pride parade [Image Source]
Menurut mereka, Proposition 8 yang hanya mengakui pernikahan antara laki-laki dan wanita adalah diskriminasi. Pihak Goolge juga turut memberikan donasi sebesar 140 ribu USD untuk mendukung kampanye Anti-Proposition 8. Pada tahun 2010, jauh sebelum pernikahan sesama jenis dilegalkan di seluruh Amerika, Google sudah mulai menawarkan jaminan kesehatan untuk pasangan gay karyawan mereka.

5. Starbucks

Siapa yang tidak tahu dengan Starbucks. Coffee shop yang begitu populer dan banyak terdapat di berbagai negara ini ternyata juga dengan terang-terangan sebagai pendukung LGBT dan pernikahan sesama jenis.

Starbucks dalam Pride Parade [Image Source]
Starbucks dalam Pride Parade [Image Source]
CEO Starbucks, Howard Schultz menyatakan dukunganya ketika Mahkamah Agung Amerika Serikat melegalkan pernikahan sesama jenis. Perusahaan ini bahkan mengambil langkah untuk memastikan bahwa komunitas anggota LGBT memiliki tempat aman di gerainya di wilayah Seattle, Washington.

6. Facebook

Facebook mungkin yang paling terlihat jelas dalam memberikan dukungan terhadap LGBT. Ketika pernikahan sejenis disahkan, Facebook menawarkan gambar pelangi yang bisa dipasang di foto profile facebook mereka. Sebanyak 26 juta orang ikut mengganti foto profile mereka dengan pelangi untuk menunjukkan dukungan.

Facebook Mendukung LGBT [Image Source]
Facebook Mendukung LGBT [Image Source]
Tidak berhenti sampai di situ saja, perusahaan ini juga memberikan kebijakan pro-LGBT dalam perusahaannya. Beberapa diantaranya adalah peraturan tanpa diskriminasi, tunjangan tanpa terkecuali, dan mempraktikan keberagaman.

7. Microsoft

Microsoft juga dikenal sebagai perusahaan yang mendukung LGBT. Mereka juga sempat menyumbangkan 100 ribu USD untuk mendukung Referendum 71 yang mendukung pernikahan sesama jenis.

Microsoft mendukung LGBT [Image Source]
Microsoft mendukung LGBT [Image Source]
Di dalam lingkup perusahaan Microsoft sendiri terdapat beberapa karyawan yang juga seorang LGBT. Mereka juga mendirikan perkumpulan dalam perusahaan yang disebug GLEAM (Gay dan Lesbian Karyawan Microsot). Perkumpulan ini juga telah diakui sejak tahun 1993.

Itulah segelintir perusahaan raksasa yang dengan terang-terangan memberikan dukungannya terhadap LGBT. Masih banyak perusahaan lain yang juga memberikan dukungannya seperti Amazon, IBM, eBay, dan sebagainya.

Kasus LGBT di Indonesia memang sedang panas-panasnya, dan informasi mengenai banyak perusahaan besar yang terang-terangan memberi dukungan ini cukup mempengaruhi kebijaksanaan konsumennya di Indonesia untuk menggunakan produk mereka. Tapi masih banyak juga diantara kita yang membaca tulisan ini masih setia menggunakan Facebook, searching menggunakan Google, dan menenteng iPhone.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA