Profesi dalam bidang keamanan memang punya resiko yang tinggi, selain harus bisa menyelamatkan orang lain, tak jarang mereka juga harus mempertaruhkan nyawa sendiri. Orang-orang yang membutuhkan pengamanan juga pasti sosok-sosok penting seperti pejabat dan juga selebritis dengan banyak penggemar. Para pengawal ini adalah garda depan dari apapun yang terjadi di depan klien-nya, bisa aja media atau bahkan orang asing yang punya tujuan jahat. 

Profesi mulia ini tentu punya gaji yang cukup tinggi ya, mengingat banyak hal yang harus dikorbankan seperti keluarga dan hubungan pribadi. Namun kalo hati udah memilih ingin jadi apa tentu harus dibela-belain dong sampai terwujud! Seperti orang-orang yang terpilih menjadi Paspampres alias Pasukan Pengamanan Presiden ini. Badan tegap, postur yang oke, kecerdasan dan ketangkasan jadi semua aspek yang penting. Nggak boleh asal daftar lho! Kamu mau tau syaratnya apa? Cek dulu di bawah ini yuk!

Tinggi badan minimal 175 cm

Pantesan pada tinggi menjulang ya. [Sumber Gambar]
Badan tinggi dan tegap udah jadi syarat utama, apa jadinya kalau justru Paspamres tingginya kurang dari orang yang ia lindungi? Tinggi tubuh ini juga bisa jadi kelebihan untuk melihat situasi dan keadaan dari jarak jauh lho!

Bisa membaca gerak-gerik tubuh dari lawan bicara

Harus bisa baca gerak gerik lawan. [Sumber Gambar]
Nggak usah repot belajar baca pikiran, untuk jadi Paspamres nyatanya cukup bisa membaca apa yang lawan bicara ‘katakan’ melalui gesture ataupun mimic wajah. Paspamres adalah perisai utama presiden dan keluarga, keahlian ini tentu nggak boleh jadi nomor dua!

Wajib bisa jalan cepat dalam 7 menit!

Langkahnya harus lebar biar jalannya cepat. [Sumber Gambar]
Badan tegap, pakaian rapi tapi jalannya kok lambat? Nah berarti belum cocok nih jadi Paspamres, soalnya salah satu syarat utama adalah kemampuan untuk menempuh jarak 1 kilometer dengan berjalan cepat selama 7 menit! Coba deh kamu kawal pacarmu belanja dengan kecepatan waktu segini, dijamin kamu nggak bakal diajakin belanja lagi ke mall.

Jago tembak-tembakan

Jago tembak untuk melindungi Presiden. [Sumber Gambar]
Tentu yang dimaksud bukan nembak pujaan hati, tapi nembaknya langsung pakai pistol! Seorang Paspamres harus mampu menunjukkan kepandaiannya dalam memegang senjata, bukan untuk gaya-gayaan, tapi keselamatan Presiden harus jadi yang utama. Coba bayangin kalau ada insiden terjadi dan Paspamres nggak bisa ngapa-ngapain? Bahaya banget tuh.

Harus jago bela diri juga pastinya!

Nah ini juga penting banget nih. [Sumber Gambar]
Penggunaan senjata adalah opsi terakhir apabila dalam keadaan darurat banget, tapi yang utama adalah bagaimana menyelesaikan konflik di lapangan tanpa perlu melontarkan peluru. Maka dari itu seorang Paspamres harus punya skill dalam bidang bela diri minimal sabuk cokelat.

Punya latar belakang dari TNI

Dipilih yang terbaik. [Sumber Gambar]
Jangan dibayangkan jadi Paspamres ada audisi semacam ikutan acara talent yang bisa tereliminasi, calon Paspamres harus berasal dari jajaran TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) maupun dari Angkatan Laut (AL). Jadi kalau kamu mau jadi Paspamres, daftar jadi TNI dulu ya!

BACA JUGA: 5 Pelajaran Hidup dari Figur Paspampres yang Bisa Digunakan Untuk Meraih Kesuksesan

Nah, diatas adalah sebagian kecil dari persyaratan yang harus dipenuhi ketika kamu ingin daftar jadi Paspamres, masih ada tes IQ, tes fisik sampai menyelam tanpa alat bantu lho! Tapi yang paling penting adalah bagaimana kesiapan mental untuk melindungi Presiden dan keluarganya dari ancaman yang ada di sekitar terutama ketika di lapangan. Apakah kamu atau temanmu ada yang ingin jadi Paspamres? Mention orangnya di kolom komentar ya!