Dari berbagai pekerjaan yang ada di dunia, salah satu profesi yang mungkin banyak jadi cita-cita banyak orang adalah jadi mata-mata. Keinginan ini tentu tumbuh dari banyak film atau komik bahkan sinetron yang kita lihat. Image atu gamabran menjadi mata-mata adalah pekerjaan yang mudah dan penampilannya tampak keren, cerdas dan punya banyak uang. Keberadaan mata-mata atupun intel juga dibutuhkan berbagai pihak untuk membantu kasus-kasus investigasi lho!

Namun dibalik itu semua, banyak syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang ingin jadi mata-mata. Bukan hanya fisik, tapi kesiapan mental juga harus kuat nih. Keberadaan intel atau mata-mata juga dirahasiakan, jadi harus pandai berkomunikasi dengan orang lain agar rahasia yang dijaga nggak bocor kemana-mana. Belum lagi jika pekerjaan ini mengancam nyawa, harus bener-bener rela mati lho! Kalau kamu tertarik jadi salah satunya, yuk cek 5 syarat mutlaknya dibawah ini!

Nggak boleh takut dengan apapun!

Harus jadi orang yang pemberani dulu. (Source)

Pekerjaan utama dari mata-mata atau intel adalah mengikuti dan mengamati gerak-gerik dari targetnya, jika targetnya adalah seorang kriminal udah pasti nanti ia akan banyak berhadapan dengan situasi yang tidak terduga. Misalnya saja daerah yang tidak dikenal dan mungkin harus menemui orang-orang baru, yang penting harus ingat kalau ada amanah yang harus diselesaikan.

Bersiap-siaplah menghapus semua akun social media

Siap-siap nggak bisa update status setiap saat. (Source)

Dalam menjalankan tugasnya, seorang mata-mata harus focus di lapangan segala hal nggak boleh luput dari pandangannya, gimana jadinya kalau malah sibuk scroll Instagram? Identitasnya pun juga harus dirahasiakan dari social media yang memperbesar data bisa di-hack oleh siapapun. Kira-kira kamu udah rela nggak punya social media?

Harus bisa mencuri juga lho!

Nah ini dilakukan saat diperlukan saja. (Source)

Dunia intelejen / mata-mata memang agak abu-abu sih, kadang banyak hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan informasi, termasuk menyamar dan mengambil barang milik orang lain. Tentu ketika hal ini dilakukan mereka harus punya alasan yang kuat, dan jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang tau.

Ucapkan selamat tinggal pada teman-teman

Mengurangi kehidupan sosial nih. (Souce)

Menjaga kerahasiaan adalah hal mutlak yang harus dilakukan dan nggak boleh ada potensi sedikitpun identitas pribadi dari mata-mata bocor. Walaupun itu berarti harus dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan tidak lagi menghubungi atau membatasi kontak dengan teman-teman bahkan keluarga.

Belajar untuk ‘mati rasa’

Harus bisa membedakan mana yang pribadi mana yang bukan. (Source)

Mati rasa maksudnya adalah nggak gampang baper, karena jika mudah bawa perasaan bisa-bisa penilaian kita terhadap orang lain bisa jadi bias dan tidak lagi objektif. Menjadi mata-mata yang professional juga harus bisa membedakan mana urusan pribadi dan mana yang tidak kan?

Berbagai pekerjaan pasti punya resiko, apalagi memilih untuk bekerja dalam bidang keamanan yang banyak ‘kepo’ urusan pribadi orang lain tentu tanggung jawabnya tinggi. Hal yang nggak kalah penting lain dari keputusan untuk menjadi mata-mata / intel adalah keselamatan nyawa sendiri, bisa aja yang kita selidiki adalah orang kriminal, harus ekstra waspada lho! Masih tertarik jadi mata-mata? Kita tunggu komentar kamu dibawah ini ya, Saboom!