Menguak Lika-liku Perguruan Bu Tong Pay, Warisan Dunia yang Diakui UNESCO

oleh Norman Duarte
07:00 AM on Sep 27, 2015

Ternyata perguruan kungfu Bu Tong Pay atau yang juga dikenal dengan nama Wu Dang Pai ini beneran ada loh, gak cuma cerita di dalam film atau komik. Letaknya di gunung Wu Dang shan di provinsi Heibei, China.

Di puncak gunung yang cukup indah ini, terdapat beberapa kompleks bangunan dan kuil yang merupakan bagian dari perguruan yang masih aktif hingga kini. Yuk kita simak!

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Sang Pendiri

Perguruan besar yang setara dengan perguruan Shaolin ini, awalnya didirikan di tahun-tahun awal dinasti Yuan, sekitar tahun 1200an. Pendirinya bernama Zhang San Feng, atau di dalam logat Hokkian disebut Thio Sam Hong. Beliau ini adalah pendeta agama Tao yang juga merupakan pesilat handal.

Patung Thio Sam Hong, pendiri perguruan kungfu Bu Tong Pay
Patung Thio Sam Hong, pendiri perguruan kungfu Bu Tong Pay [imagesource]
Banyak riwayat mengenai kehidupan beliau, satu yang paling terkenal bahwa beliau adalah mantan murid perguruan Shaolin yang difitnah dan terusir dari Shaolin. Setelah keluar, beliau mempelajari agama Tao dan mengembangkan sendiri ilmu silatnya. Konon, ilmu silatnya adalah hasil pemikiran beliau mengenai alam semesta, yang terinspirasi dari hal-hal sederhana di sekeliling kehidupan.

https://www.youtube.com/watch?v=Fek8i0ucqEc

Selain itu, para pendeta Tao juga menaruh minat yang besar pada dunia medis. Karena itu Zhang San Feng atau Thio Sam Hong ini pun menjadi tabib yang handal dan terkenal. Beliau memutuskan untuk berhenti menjadi pengelana dan menetap di puncuk gunung Wu Dang Shan (Bu Tong San). Awalnya Ia menerima 7 orang murid yang kemudian dikenal sebagai ‘7 Pendekar Bu Tong’. Ketujuh orang inilah yang kemudian menyebarkan ajaran Thio Sam Hong.

2. Menjadi Besar

Dari ketujuh orang murid ini, perguruan ini kemudian berkembang menjadi sangat besar karena nama Thio Sam Hong sendiri amat terkenal. Banyak orang berduyun-duyun datang ke gunung ini dan menjadi murid perguruan Wu Dang (Bu Tong). Lama-kelamaan anggotanya menjadi ribuan orang, dan kompleks bangunannya pun semakin lama semakin luas.

Perguruan Thio Sam Hong berkembang menjadi sangat besar
Perguruan Thio Sam Hong berkembang menjadi sangat besar [imagesource]
Karena selain mengajarkan bela diri, peguruan ini pun mengajarkan agama, filosofi, serta ilmu pengobatan. Murid yang sudah lulus dikirim ke berbagai pelosok negara China untuk terjun langsung ke tengah masyarakat. Banyak yang membuka perguruan sendiri, klinik pengobatan, atau menyebarkan agama.

Kompleks perguruan Thio Sam Hong mendapat penghargaan dari UNESCO
Kompleks perguruan Thio Sam Hong mendapat penghargaan dari UNESCO [imagesource]
Sejak tahun 1200 sampai sekarang, perguruan ini masih aktif. Kompleks perguruan ini mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.

Banyak pula ahli bela diri dari berbagai negara yang datang dan belajar ilmu silat di sini
Banyak dari berbagai negara yang datang dan belajar ilmu silat di sini [imagesource]
Tempatnya pun menjadi tujuan wisata internasional. Banyak pula ahli bela diri dari berbagai negara yang datang dan belajar ilmu silat di sini.

3. Tai Chi

Salah satu mahakarya milik Thio Sam Hong yang paling terkenal adalah ilmu Tai Chi. Ilmu ini menggunakan kelembutan melawan kekerasan. Dalam film tentu saja digambarkan secara dramatis, tetapi ilmu ini lumayan terkenal. Sebagai pendeta Tao yang ajaran agamanya mengajarkan keselarasan alam, Thio Sam Hong menggunakan keselarasan ini sebagai dasar Tai Chi.

Salah satu mahakarya milik Thio Sam Hong yang paling terkenal adalah ilmu Tai Chi
Mahakarya milik Thio Sam Hong yang paling terkenal adalah ilmu Tai Chi [imagesource]
Sampai sekarang Tai Chi masih dipraktekkan orang. Sebagian besar untuk kesehatan, karena telah terbukti Tai Chi sangat bagus untuk kesehatan. Menurut cerita, Thio San Hong sendiri telah mencapai usia lebih dari 150 tahun berkat berlatih Tai Chi.

Banyak praktisi Tai Chi sampai sekarang, yang paling terkenal adalah grandmaster Bow Sim Mark, ibu kandung dari aktor Donny Yen.

4. Menjadi Film

Nama besar dan kontribusi perguruan ini menjadi salah satu kebanggaan bangsa China. Film-film tentang Thio Sam Hong dan perguruan ini pun masih sering dibuat dan memiliki banyak penggemar.

Orang non-china pun mengagumi perguruan ini, seperti sekelompok rapper legendaris yang menamakan diri mereka ‘Wu Tang Clan’.

Sudah tak terhitung berapa film yang dibuat, tetapi tentu saja yang paling terkenal adalah ‘Tai Chi Master’ dan ‘Kung Fu Cult Master’ yang kedua-duanya diperankan Jet Li. Film Karate Kid yang diperankan Jaden Smith pun sempat syuting di kuil perguruan ini.

Kalo di Indonesia, ada nggak ya perguruan semacam ini? Pasti keren dan banyak menarik minat turis tuh!

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA