in

Kerap Terjadi, Beginilah Cara Memperbaiki Layar Smartphone yang Bergerak Sendiri

Kecanggihan smartphone membuat hampir semua orang di seluruh dunia tertarik untuk menggunakannya. Ya bagaimana tidak, dengan ponsel tersebut kita bisa melakukan apapun dengan ketukan jari. Salah satunya kita bisa mengganti channel televisi dengan memakai smartphone tanpa perlu remote.

Akan tetapi, secanggih apapun smartphone pasti ada kelemahannya juga. Hal yang paling sering kita temui adalah masalah pada layarnya. Contohnya seperti layar yang bergerak dengan sendirinya. Pasti kalian kesel kan kalau waktu ngetik, layarnya gerak-gerak sendiri? Nah, jika smartphone kalian mengalami hal tersebut, ada solusi untuk mengatasinya.

Restart smartphone yang kalian punya

Restart smartphone [Sumber Gambar]
Cara satu ini merupakan metode paling sederhana yang bisa kalian lakukan. Yap, itu adalah me-restart smartphone kalian. Hal ini dilakukan karena kemungkinan ada aplikasi yang tidak berjalan dengan sempurna. Atau bisa juga lantaran ada perangkat keras yang mengalami eror sehingga membuat layar bergerak dengan sendirinya. Kalau masalah berasal dari kedua faktor tersebut, ponsel pintar akan kembali normal seperti semula jika sudah di-restart.

Mendiamkan smartphone selama beberapa menit

Smartphone didiamkan [Sumber Gambar]
Kalau restart tidak mampu untuk mengatasinya, berarti ada faktor pemicu lain yang membuat layar bergerak sendiri. Biasanya itu terjadi lantaran ponsel pintar mengalami panas berlebih atau yang biasa kita sebut dengan overheat. Jika kalian merasakan panas di smartphone, yang harus dilakukan adalah mendiamkannya selama beberapa menit. Kira-kira waktunya adalah sekitar 10 sampai 15 menit lamanya dan sebisa mungkin ditempatkan pada area yang sejuk. Dengan begitu, smartphone kalian bisa beristirahat sejenak dan suhu mesin akan normal kembali.

Membersihkan layar smartphone

Membersihkan layar [Sumber Gambar]
Kemudian ada hal lain lagi yang bisa jadi penyebab dari layar bergerak sendiri. Yaitu layar sedang dalam keadaan kotor. Mungkin ini adalah hal yang sering disepelekan oleh orang-orang karena keadaan tersebut tidak mempengaruhi apapun. Namun untuk beberapa smartphone, hal ini menjadi masalah dan akhirnya berpengaruh pada layarnya. Jadi untuk kalian yang mengalami ghost touch, coba bersihkan layar dengan menggunakan cairan khusus. Biasanya cara ini cukup ampuh lho untuk mengatasi layar yang bergerak sendiri.

Mengganti charger dengan alat pengisi baterai lain

Coba mengganti charger [Sumber Gambar]
Charger ternyata bisa menyebabkan layar ponsel pintar bergerak sendiri lho Sahabat Boombastis. Alasannya karena charger sedang mengalami kerusakan. Kemudian bisa juga lantaran daya pada charger terlalu kecil atau besar untuk smartphone, sehingga ghost touch tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, bagi kalian yang mengalami hal ini hanya pada saat mengisi baterai, coba ganti charger-nya.

Mengupdate firmware pada smartphone

Update firmware [Sumber Gambar]
Mungkin kalian sering sekali mengabaikan pembaruan firmware pada smartphone. Ya karena kita menganggap itu bisa menghabiskan memori pada ponsel pintar. Akan tetapi, jika pembaruan tidak segera dilakukan, bisa berpengaruh kepada kinerja smartphone. Salah satunya adalah smartphone bisa mengalami ghost touch. Sehingga, jika smartphone kalian layarnya bergerak sendiri tanpa disentuh, coba saja untuk meng-update firmware. Kemungkinan besar, layar ponsel pintar bisa bekerja seperti semula.

Mematikan pilihan force GPU rendering

Mematikan force GPU rendering [Sumber Gambar]
Penyebab satu ini kemungkinan besar masih banyak yang belum mengetahuinya. Faktornya adalah force GPU rendering yang aktif pada mode pengembang. Biasanya hal ini sudah diaktifkan ketika smartphone baru dibeli. Nah, untuk menonaktfkannya kalian bisa menyalakan USB debugging ketika menghubungkan smartphone ke PC. Jika sudah dinyalakan, pilih force gpu rendering dan nonaktifkan.

Bisa juga dengan kalibrasi touch screen

Kalibrasi touch screen [Sumber Gambar]
Nah, ini adalah cara terakhir untuk mengatasi touch screen yang bergerak sendiri. Adalah dengan melakukan kalibrasi layar smartphone. Kalibrasi ini dilakukan untuk memeriksa apakah layar sedang dalam kondisi rusak atau tidak. Biasanya cara ini cukup berhasil untuk membuat layar tidak lari-lari sendiri dan lebih responsif lagi. Jika kalian ingin memperbaiki dengan cara satu ini, bisa download aplikasi tambahan pada Play Store.

Cara-cara di atas sudah banyak diterapkan oleh beberapa orang. Hasilnya pun juga tidak mengecewakan. Namun, jika metode yang sudah disebutkan di atas tidak bisa untuk memperbaiki layar, bisa jadi smartphone mengalami kerusakan. Oleh karena itu, supaya kalian tidak mengalaminya, alangkah lebih baik jangan gunakan ponsel pintar secara berlebihan agar tak overheat. Kemudian, tutup aplikasi setelah digunakan agar tidak menghabiskan RAM. Terakhir, gunakan charger yang orisinal supaya layar tidak bergerak dengan sendirinya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Vincent dan Desta Alami Kejadian Tak Terduga Saat Syuting, Netizen Malah Ngakak So Hard

Nyaris Lolos Piala Dunia, Mimpi Indonesia Tumbang ‘Gara-gara’ Timnas Israel