in

Ponsel Tiba-tiba Mati Total? Lakukan 5 Cara Mudah untuk Kembalikan Smartphone Seperti Semula

Sering kali kita bingung ketika ponsel tiba-tiba mengalami mati total. Padahal kita sedang butuh-butuhnya menggunakan handphone tersebut. Mau ke konter tidak ada waktu dan uang, ingin diperbaiki sendiri malah bingung harus diapakan. Oleh karena itu, tak jarang deh banyak orang yang menyerah dan memilih menabung untuk beli ponsel baru.

Padahal, sebenarnya handphone yang mati total itu bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Mungkin hanya ada sedikit kerusakan dan butuh diperbaiki supaya handphone bisa menyala kembali seperti sedia kala. Nah, perbaikan tersebut bisa kita lakukan sendiri lho sehingga tidak perlu menghabiskan uang ke tempat servis. Penasaran kan bagaimana caranya? Yuk lihat ulasan berikut ini.

Lepaskan semua komponen yang ada di android kalian

Harus melepas semua komponen [Sumber Gambar]
Kalau ponsel kalian tiba-tiba mati total, alangkah lebih baik langsung saja melepaskan semua komponen yang ada di handphone. Misalnya casing, baterai, sim card dan kartu memori. Itu dilakukan karena dikhawatirkan ada sedikit kerusakan pada bagian-bagian ponsel tersebut. Lalu, kalau sudah dilepaskan jangan buru-buru dipasang lagi ya. Harus diamkan selama 10 atau 15 menit supaya ponsel bisa beristirahat sejenak. Kemudian, pasang komponen-komponen yang sudah dilepaskan tadi ke tempatnya semula lalu nyalakan. Biasanya, cara ini cukup ampuh untuk beberapa ponsel yang tingkat kerusakannya masih minim.

Bisa dicoba diisi baterai

Handphone dicoba diisi baterainya [Sumber Gambar]
Cara selanjutnya jika handphone masih tetap mati adalah dengan mengecas ponsel. Hal ini dilakukan untuk mengetes apakah ponsel akan ada reaksi atau tidak ketika diisi baterai. Jika ponsel menyala, maka itu bisa dipastikan kalau smartphone hanya kehabisan baterai. Namun, kalau smartphone tidak merespon apa-apa atau layarnya tetap hitam, maka bisa kita coba dengan metode lain yakni mengisi baterai menggunakan charger desktop. Nah, jika baterai bisa diisi menggunakan model charger seperti itu dapat disimpulkan kalau bagian yang rusak adalah port usb. Lalu, kalau baterai sudah diisi dan setelah dipasang ke ponsel tidak bisa menyala juga, maka baterai lah yang mengalami kerusakan.

Dapat menggunakan baterai yang lain

Bisa dicoba menggunakan baterai lain [Sumber Gambar]
Jika kalian tidak mempunyai charger desktop tidak masalah kok. Ada cara lain yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan baterai pengganti. Jika handphone bisa menyala dengan menggunakan baterai tersebut, berarti alat daya ponsel yang sedang mengalami kerusakan. Sedangkan, jika ponsel tetap saja tidak menunjukkan respon apapun, maka yang bobrok adalah handphone-nya. Jadi, cara ini bisa sekali dilakukan untuk memeriksa apakah handphone atau baterainya yang rusak.

Melakukan factory reset ketika ponsel terjebak dalam booting

Melakukan factory reset [Sumber Gambar]
Keadaan mati total bukan hanya sekedar tidak bisa menyala. Namun bisa saja ketika dinyalakan, ponsel hanya terhenti di dalam booting lalu mati kembali. Jika sudah seperti itu masalahnya adalah dari perangkat lunak yang alami kerusakan. Rata-rata ini bisa terjadi lantaran menggunakan custom ROM atau melakukan update android ke versi yang baru. Nah, untuk mengatasi masalah ini bisa dicoba dengan melakukan factory reset melalui recovery mode. Dengan begitu, biasanya ponsel bisa sembuh seperti sedia kala sehingga dapat digunakan kembali.

Ketika dinyalakan masih ada getar, maka harus dibawa ke tempat servis

Bisa jadi karena kerusakan pada layar [Sumber Gambar]
Biasanya, handphone tiba-tiba mati saat kita bangun tidur ataupun setelah dikantongi. Nah, itu bisa terjadi lantaran ponsel tidak sengaja tertekan oleh tubuh ataupun celana kita yang terlalu ketat. Kalau ponsel ketika ditekan power masih bisa hidup, namun mati kembali berarti kerusakan ada pada layar. Sehingga kalian mau tidak mau harus membawanya ke tempat servis supaya normal kembali. Jadi, supaya hal ini tidak terjadi, pastikan ketika tidur letakkan ponsel pada tempat yang aman. Lalu, untuk penyimpanan ponsel saat bepergian lebih baik ditaruh di tas saja agar lebih aman.

Trik-trik di atas sangat ampuh untuk mengatasi yang namanya ponsel mati total. Namun, jika semua cara di atas tetap tidak bisa membuat ponselmu sembuh kembali, maka bisa dipastikan handphone kalian sudah almarhum. Sehingga ada dua pilihan ketika mengalami seperti itu antara memperbaiki ke tempat servis atau membeli ponsel yang baru.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Suvenir Manten Artis Ini Ada-ada Saja, Bisa Jadi Semangat Jombloers untuk Segera Nikah

Tidak Hanya di Liga Eropa Saja, Inilah Deretan Nama Nyeleneh Pemain Sepak Bola Indonesia