in

5 Peraturan Unik PNS di Indonesia yang Kamu Nggak Bakal Kepikiran

Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut dengan PNS adalah salah satu pekerjaan yang paling hits di Indonesia. Bagaimana tidak? Tinggal dilihat saja antusiasme masyarakat waktu lowongan CPNS dibuka, yang dibutuhkan cuma untuk puluhan orang tapi yang daftar bisa sampai ribuan. Hal itu sangat lumrah karena jaminan kehidupan yang bakal enak kedepannya, ya misalnya aja uang pensiun, tunjangan-tunjangan lain dan enteng jodoh pastinya.

Walaupun jadi PNS itu ‘keliatannya’ enak, ternyata banyak hal yang dibebankan kepada mereka dan kamu nggak pernah tahu. Contohnya ya aturan yang dibuat oleh pemerintah daerah masing-masing dan kadang terkesan ‘aneh’ di masyarakat umum. Misalnya aja waktu jam kerja harus pakai tas yang terbuat dari karung goni. Penasaran kan kenapa? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. PNS wajib pakai tas yang terbuat dari karung goni

Memakai tas karung goni menciptakan kecintaan pada produk buatan dalam negeri [image source]
Peraturan unik bin aneh ini ada di kota Purwakarta. Bukan tanpa alasan, tetapi untuk menciptakan masyarakat yang produktif. Selain itu biar para PNS juga nggak terlalu konsumtif untuk membeli tas buatan luar negeri. Secara nggak langsung, cara ini bisa membuat para pegawai menjadi lebih cinta produk buatan sendiri. Hmm… boleh juga idenya ya.

2. Kalau mau poligami, bayar satu juta dulu

Poligami harus bayar satu juta [image source]
Di daerah Lombok Timur ada peraturan PNS yang bakal disetujui sama wanita se-Indonesia dan setanah air. Aturannya adalah jika ada yang berpoligami, maka harus membayar sejumlah uang sebesar satu juta rupiah. Ini disebabkan agar para pegawai tidak melakukan pernikahan lebih dari satu kali secara sembarangan. Tetapi peraturan ini masih banyak diprotes beberapa pihak karena tidak membebaskan poligami. Hayo, yang nggak setuju sama peraturan ini kesetiaannya wajib diuji sepertinya..

3. Mau bahas batu akik? Tunggu pulang kerja aja

Dilarang membahas batu akik di tempat kerja [image source]
Akik sempat menjadi perbincangan hangat di Indonesia terutama di kalangan bapak-bapak. Dari hal itulah Kepala Inspektorat Pemda Bengkulu harus mengeluarkan peraturan bahwa yang membahas batu akik saat jam kerja akan ditangkap. Ini semua demi kebaikan para pegawai agar lebih fokus dalam bekerja. Sempat terjadi di kantor tersebut karena terlalu asyik membicarakan batu akik sampai mengasahnya di ruang kerja membuat pekerjaan menjadi tidak selesai. Itu kantor apa toko batu akik ya sampe ngasah segala?

4. Selain seragam lengkap, batu akik jadi syarat wajib dipakai PNS

Wajib memakai batu akik di tempat kerja [image source]
Lain lagi dengan peraturan di Bengkulu yang tidak boleh membahas akik di jam kerja, di Purbalingga malah mewajibkan memakai batu akik. Bukan untuk ajang pamer, tetapi untuk meningkatkan pemasaran batu yang indah itu. Purbalingga adalah salah satu kota yang tergolong banyak menghasilkan produksi batu tersebut. Sehingga dengan cara ini diharapkan dapat mempromosikan batu akik sampai ke luar daerah. Ada yang mau mampir ke Purbalingga buat beli batu akik?

5. Transfer gaji PNS langsung ke rekening istri

Gaji langsung ditransfer ke rekening istri [image source]
Kebijakan bagi PNS di Gorontalo ini sangatlah unik. Bagaimana tidak? Gaji PNS yang biasanya langsung ditransfer ke yang bersangkutan malah dikirim ke rekening istri. Keputusan dari Gubernur Gorontalo ini bertujuan untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga dan tidak ada lagi salah paham antara suami dan istri. Peraturannya sangat disambut baik oleh beberapa masyarakat sehingga banyak yang menginginkan kebijakan tersebut terus dilakukan. Kalau ini diterapkan di seluruh Indonesia, para istri-istri PNS bakal bahagia sentosa ya.

Peraturan diadakan pasti memiliki tujuan tertentu. Dan yang jelas hal itu tidak hanya menguntungkan bagi pembuat keputusan saja, tetapi untuk si penerima kebijakannya juga. Ambil hal positif dari setiap peraturan yang dibuat. Jangan lagi ada prinsip bahwa “peraturan ada untuk dilanggar”. Selain itu untuk jadi PNS juga nggak semudah yang dibayangkan semua orang karena harus menerima kebijakan aneh dari para petingginya, walaupun diri mereka sendiri keberatan dengan aturan tersebut.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

7 Band yang Terbentuk dari Orang-Orang Berprofesi Tak Umum, Mulai Menteri Sampai Ojol

Chat ‘Kisah Cinta Instan’ Antara Kurir dan Pelanggannya Ini Endingnya Bikin Cekikikan