in

Penyesalan Belanda Atas Penjajahan di Masa Lalu, Minta Maaf hingga Tawarkan Rp87,2 Juta

Kisah kelam dan peperangan di masa lalu atas Indonesia membuat pihak Belanda selaku penjajah mulai tersadar. Seperti yang dilakukan baru-baru ini, pemerintah negeri Kincir Angin itu menyatakan kesediaannya membayar kompensasi sebesar 5.000 Euro atau setara Rp87,2 juta (1 Euro=Rp17.441), pada para korban perang di tahun 1940-an.

Sebelum pemberian kompensasi tersebut, pihak Belanda sudah beberapa kali menyampaikan permintaan maafnya kepada pemerintah Indonesia. Salah satunya sempat disampaikan oleh Raja Belanda Willem-Alexander yang didampingi Ratu Maxima, saat keduanya berkunjung ke Indonesia pada Maret 2020 lalu.

Raja Belanda meminta maaf atas kekerasan di masa lalu

Raja Belanda Willem-Alexander (dua dari kiri) dan Ratu Maxima (kiri) [sumber gambar]
Raja Belanda Willem-Alexander yang didampingi Ratu Maxima, menyampaikan permohonan maafnya pada Indonesia atas kekerasan (periode peperangan1945-1949) yang terjadi di masa lalu. Hal tersebut bahkan disampaikan sebagai agenda di hari pertama kunjungan resmi kenegaraan lewat pidatonya di Istana Bogor.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Cerita Ganjar Pranowo yang Pernah Hidup Susah Sampai Berjualan Bensin Eceran

Tempat Ribuan Ular hingga ‘Pasukan’ Monyet, Pulau-pulau Indah Ini Dikuasai Oleh Hewan