in

Sering Terbangun di Jam-jam Tertentu? Bisa Jadi Masalah Kesehatan Menghampirimu

Terbangun saat tidur merupakan hal yang sangat menyebalkan. Di kala ingin menyegarkan tubuh saat esok hari, kita malah terbangun dari tidur tanpa tahu apa penyebabnya. Kalau sudah terbangun, biasanya kita akan sulit lagi untuk kembali tidur. Alhasil, di keesokan harinya, kita malah menjadi lelah karena tubuh tidak cukup istirahat.

Anehnya lagi, terkadang kita terbangun di jam yang sama setiap harinya. Mungkin kita mengiranya hal tersebut hanya kebetulan saja. Akan tetapi, ini merupakan hal yang serius jika dilihat dari kacamata kesehatan. Terbangun di jam-jam yang sama setiap harinya merupakan suatu ciri dari gangguan kesehatan lho Sahabat Boombastis.

Sering terbangun saat tidur di jam yang sama [Sumber Gambar]
Jika terbangun atau sulit tidur di antara jam sembilan sampai 11 malam, berarti ada gangguan pada sistem endokrin. Sebab, pada jam-jam tersebut , sistem endokrin bekerja untuk mengembalikan keseimbangan tubuh kita. Nah, tapi kalian tidak perlu khawatir akan hal ini. Ada cara kok untuk mengatasinya. Caranya adalah memberi tubuh kalian dengan sugesti kata-kata positif. Dengan begitu, tubuh kalian bisa jadi lebih rileks dan dapat tidur tenang di jam-jam tersebut.

Kemudian, kalau kalian terbangun di antara pukul 11 malam sampai satu dini hari, bisa jadi kantung empedu sedang bermasalah. Alasannya karena pada waktu tersebut, tubuh sedang menghasilkan empedu yang berfungsi untuk proses penyerapan dan pencernaan. Nah, untuk menghindari terbangun pada jam-jam tersebut, usahakan sebelum tidur, tidak ada rasa stres yang membebani. Sehingga kalian akan tidur nyenyak dan tidak khawatir terbangun kembali.

Jika dibiarkan bisa menjadi penyakit hepatitis [Sumber Gambar]

Selanjutnya jika sering terbangun dari tidur antara pukul satu sampai tiga dini hari berarti ada yang salah pada proses pembuangan racun di bagian hati kalian. Ini terjadi lantaran kalian terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein. Contohnya seperti kopi ataupun teh. Kalau ini terus dibiarkan, kalian bisa menderita penyakit hepatitis. Sehingga supaya kalian tidak terbangun di jam-jam ini lagi, harus mengurangi mengonsumsi minuman mengandung kafein tersebut. Kalian harus memperbanyak minum air putih supaya racun di dalam tubuh bisa segera dinetralisir. Alhasil, kalian bisa tidur nyenyak sampai pagi.

Jadi, terbangun dari tidur pada jam yang sama setiap harinya bukan kebetulan belaka. Ternyata ada beberapa penyebab kesehatan yang bisa membuat kita terbangun dari istirahat. Oleh karena itu, bagi kalian yang sering terbangun pada waktu di atas, bisa diterapkan tuh tips-tipsnya tadi.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenang Harry Moekti, Mantan Rocker yang Kisah Hijrahnya Bikin Kamu Tobat Seketika

Sempat Dikira Tenggelam, Begini Kabar Mobil Esemka yang Ternyata Mulai Tunjukkan Taring