Apa yang kalian pikirkan jika ada orang nyeri dada? Mungkin sebagian besar dari Sahabat Boombastis berpikiran jika itu adalah penyebab dari sakit jantung. Nah, padahal fakta sebenarnya bukan seperti itu lho. Sebab, ada banyak kasus di mana nyeri dada bukan disebabkan oleh gangguan jantung.

Salah satunya adalah ketegangan otot. Ya, yang dimaksud di sini bukan otot kekar di tangan seseorang. Tapi lebih kepada otot yang berada di bagian dada. Selain itu masih banyak lagi penyebab dari nyeri dada seperti di bawah ini.

Otot tegang karena terlalu berat mengangkat beban

Penyebab dari nyeri dada yang pertama adalah ketegangan otot. Menurut Christine Jellis selaku Dokter Spesialis Jantung Cleveland Clinic, tegangnya otot ini bisa terjadi karena mengangkat beban terlalu berat.

Otot dada tegang [Sumber Gambar]
Biasanya beban yang berat itu terlalu menekan ke arah dada, sehingga otot di bagian tersebut tertarik ke belakang. Maka dari itu, nyeri dada akan muncul beberapa saat setelah mengangkat benda berat tersebut. Tapi ini tidak berlaku untuk beban hidup kalian yang cukup berat ya.

Kondisi di mana tulang rawan bertemu rusuk

Nyeri dada bisa juga diakibatkan karena kostokondritis. Bagi yang belum tahu, kostokondritis merupakan kondisi inflamasi ketika tulang rawan bertemu rusuk bersumber dari jurnal berjudul American Family Physician tahun 2009. Untuk penyebab dari kostokondritis ini bermacam-macam Sahabat Boombastis, mulai dari cedera dada hingga infeksi virus.

Kostokondritis [Sumber Gambar]
Bagi orang yang menderita gangguan ini pada umumnya akan merasakan tekanan pada dinding dada. Kondisi ini sebaiknya tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan nyeri dada yang terus menerus. Beda lagi jika kondisinya tulang punggung bertemu rusuk, bukan nyeri dada yang akan terjadi, tapi akad.

Virus cacar yang aktif kembali setelah bertahun-tahun lamanya

Hampir semua orang beranggapan kalau penyakit cacar air tidak akan bisa muncul kembali jika sudah pernah mengalaminya. Padahal faktanya bukan seperti itu Sahabat Boombastis. Setiap orang yang pernah menderita cacar air, kemungkinan besar bisa mengidap penyakit itu kembali di kemudian hari.

Penyakit Herpes Zoster [Sumber Gambar]
Salman Arain, MD selaku ahli jantung intervensi dari McGovern Medical School di University of Texas Health Science Center dan di Houston dan Memorial Hermann Heart & Vascular Institute-Texas Medical Center berpendapat jika itu bisa terjadi karena virus varicella-zoster. Nah, jika ini sudah terjadi lebih dari dua kali, maka penyebutannya bukan cacar air lagi, tapi herpes zoster. Gejal awalnya sama dengan cacar air yaitu gatal dan juga kulit terasa panas. Kemudian dibarengi dengan bagian dada yang terasa nyeri dan mirip sekali gangguan jantung.

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan kalau ternyata nyeri dada tidak hanya dari gangguan jantung saja. Namun banyak kondisi lain yang menyebabkan nyeri dada. Seperti otot tegang sampai dengan cacar yang muncul kembali setelah sekian lama. Maka dari itu, bagi Sahabat Boombastis yang merasa nyeri pada bagian dada, jangan cepat menyimpulkan jika itu gangguan jantung. Kenali cirinya terlebih dahulu dan kemudian periksakan ke dokter untuk memastikannya.