Umur memang tak ada yang tahu kecuali Tuhan, maka dari itu kita harus menghargai setiap detik kehidupan kita. Kematian mendadak bisa terjadi kepada siapa pun meski tidak memiliki riwayat penyakit seperti penyakit jantung, yang biasanya beresiko untuk meninggal mendadak.

Kematian mendadak bisa banget terjadi saat kita melakukan hal-hal yang sepele, seperti tidur ataupun olahraga. Nggak terduga kan penyebab kematian mendadak yang bisa menyerang siapapun?

Rehat dari perjalanan jauh, memilih tidur di dalam mobil

Tak jarang pengendara memutuskan untuk beristirahat sejenak saat melakukan perjalanan panjang menghindari kantuk saat mengendarai. Rehat di dalam mobil memang lebih mudah dilakukan tanpa harus keluar dan mencari tempat. Tetapi, ternyata tidur di dalam mobil bisa menjadi penyebab kematian mendadak meski telah menghidupkan AC.

Tidur dalam mobil [Image Source]
Hal ini disebabkan karena AC yang menyala saat mobil berhenti berpotensi menghisap gas CO atau karbon monoksida hasil pembakaran mesin yang masuk ke kabin mobil. Terkumpulnya karbon monoksida bisa dengan cepat menurunkan kadar oksigen dalam mobil yang tentunya akan menyebabkan kematian karena orang yang tidur di mobil akan kekurangan suplai oksigen dalam tubuh mereka. Lebih baik jika tidur di mobil dengan keadaan jendela terbuka karena akan ada sirkulasi udara yang masuk.

Makan tidak hati-hati (tersedak)

Nggak heran kalau dulu saat kecil kita sering diperingatkan untuk pelan-pelan dan berhati-hati saat makan. Karena, ternyata tersedak bisa mengakibatkan kematian mendadak karena ada yang menghambat di jalur pernapasan bagian atas, seperti makanan atau benda lainnya.

Tersedak makanan [Image Source]
Kalau tersedak dalam jumlah banyak atau jangka waktu cukup panjang, masuknya oksigen ke dalam otak akan terhalang. Maksimal otak bisa bertahan tanpa asupan oksigen hanyalah 4-6 menit saja, itulah pentingnya pertolongan pertama saat tersedak wajib dilakukan secepat mungkin. Nggak cuma tersedak saat makan, orang yang mengkonsumsi alkohol sebelum tidur pun juga bisa tersedak muntahannya saat tidur.

Tidur mendengkur

Lagi-lagi soal tidur nih. Ngorok atau mendengkur saat tidur juga bisa menjadi sebab kematian mendadak loh. Sama seperti saat tersedak makanan, ngorok bisa mengakibatkan gangguan pernapasan. Bisa jadi, ngorok menjadi tanda awal penyakit sleep apnea atau henti napas.

Tidur ngorok [Image Source]
Saat menderita sleep apnea, seseorang akan berhenti bernapas selama 10 detik dan terus saat tidur. Keadaan inilah yang bisa menyebabkan kematian mendadak saat tidur. Nggak cuma tidur ngorok, tidur telentang juga bisa menyebabkan kematian kalau lidah terjatuh ke belakang, aliran udara akan tersumbat. Karenanya disarankan posisi tidur menghadap ke arah tertentu. 

Mendadak olahraga berat

Loh, olahraga kan sehat kenapa jadi penyebab kematian mendadak? Rupanya, setelah olahraga pun kematian mendadak bisa datang kepada orang-orang yang tidak olahraga secara rutin. Karena tidak rutin olahraga, jantung tidak terlatih untuk melakukan hal yang mendadak. Saat jantung tidak terlatih kemudian memutuskan untuk olahraga secara berat, bisa mengalami henti jantung.

Olahraga futsal [Image Source]
Henti jantung dikarenakan otot jantung berhenti bekerja dengan tiba-tiba. Maka itu, orang yang rutin berolahraga akan memiliki resiko yang rendah mengalami henti jantung saat berolahraga karena jantung telah terlatih.

Kegiatan untuk menyehatkan sekalipun, seperti olahraga mendadak, ternyata juga bisa menjadi pemicu kematian mendadak ya. Langkah preventif yang bisa dilakukan memang mengatur pola hidup, pola makan, sikap saat tidur maupun makan dan lain sebagainya. Bila semuanya dilakukan sebagaimana mestinya, kita meminimalisir potensi terjadinya kematian mendadak. Sehat selalu, Sahabat Boombastis.