in

Sering Dikonsumsi, Inilah Makanan dan Minuman yang Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan penyakit batu ginjal. Ya, penyakit menyeramkan satu ini biasanya terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi tidak sehat. Akan tetapi, bisa dipastikan kalau belum banyak tahu apa makanan dan minuman yang bisa sebabkan batu ginjal tersebut.

Nah, banyak kabar yang beredar kalau batu ginjal tersebut bisa terbentuk karena minuman bersoda. Padahal sebenarnya tidak hanya itu saja lho Saboom (Sahabat Boombastis). Banyak makanan dan minuman yang jadi biang keroknya. Mau tahu apa saja makanan dan minuman yang dimaksud? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Sarden jadi penyebab munculnya batu ginjal [Sumber Gambar]
Makanan pertama yang bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal adalah sarden. Yap, ikan yang dikemas dalam kaleng tersebut ternyata mengandung purin. Zat purin merupakan senyawa organik yang berfungsi untuk meningkatkan aroma. Nah, jika zat purin ini dikonsumsi secara terus menerus, akibatnya batu ginjal akan terbentuk menjadi lebih mudah.

Kemudian, daging merah pun juga turut andil dalam pembentukan batu ginjal lho Saboom. Hal ini dapat terjadi karena daging merah mempunyai banyak protein di dalamnya. Memang bagus untuk kesehatan, namun jika tidak diimbangi dengan makanan sehat lain, limbah protein akan menumpuk pada ginjal. Sehingga, risiko terjadinya batu ginjal tidak dapat terhindarkan dari tubuh. Hayo, siapa yang masih suka banyak makan daging merah?

Daging merah bisa sebabkan batu ginjal [Sumber Gambar]

Selanjutnya yang bisa memicu munculnya batu ginjal yaitu makanan dan minuman mengandung pemanis buatan. Zat kimia yang ada di pemanis buatan itulah yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal. Oleh karena itu, supaya kalian terhindar dari penyakit batu ginjal, alangkah lebih baik kalau menggantinya dengan tebu atau gula.

Lalu ada lagi nih penyebab dari terbentuknya batu ginjal. Itu adalah minuman yang mengandung kafein di dalamnya. Kafein ternyata mampu membentuk kristal-kristal pada ginjal jika tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat. Jadi, jika kalian hobi mengonsumsi teh ataupun kopi harus diimbangi dengan minum air putih. Selain itu, olahraga dan istirahat cukup juga harus dilakukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti itu, niscaya batu ginjal tidak akan terbentuk.

Penyakit batu ginjal ternyata bisa disebabkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Mulai dari sarden sampai minuman berkafein seperti teh atau kopi. Sehingga untuk kalian yang masih sering konsumsi makanan dan minuman di atas, harus segera dikurangi ya. Jangan sampai kesehatan kalian terancam hanya gara-gara mengonsumsi makanan dan minuman di atas.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Berhasil Lolos dari Nusakambangan, 4 Tahanan Ini Tertangkap dan Tetap Bernasib Apes

Kerap Dipandang Sebelah Mata, Beginilah Potret Hebat Stadion Timnas ‘Terlemah’ di Asia Tenggara