in

Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Inilah Biang Kerok dari Kempesnya Ban Tubeless

Zaman sekarang banyak orang yang pakai ban tubeless pada kendaraan roda duanya. Ya bagaimana tidak, ban tubeless memang memiliki kelebihan daripada roda jenis lain. Apalagi kalau bukan bisa tahan dari berbagai benda tajam misalnya paku yang sering tersebar di jalan. Jadi tidak heran kalau ban tubeless sekarang menjadi semakin laku di pasaran.

Namun, di balik kelebihan ban tubeless ternyata masih ada saja yang mengeluh tentang roda satu ini. Biasanya para pengendara sering sekali mengeluh tentang ban tubeless yang kerap kempes. Padahal keadaannya masih bagus dan jangka waktu pemakaiannya belum lama.

Ada penyebab ban tubeless kempes [Sumber Gambar]
Ternyata menurut beberapa pakar motor ada penyebab mengapa ban tubeless sering kempes. Alasan pertama adalah kondisi pentil ban yang kurang mumpuni. Contohnya seperti pentil ban yang tiba-tiba kendor. Keadaan pentil ban yang seperti itu biasanya terjadi lantaran usianya sudah lama. Jadi bagi kalian yang pentil bannya sudah lama dipakai, harus segera diganti.

Kemudian penyebab selanjutnya adalah ban mengalami bocor halus. Nah, inilah salah satu kelemahan dari ban tubeless. Meskipun ia bisa menahan dari tusukan benda tajam, tapi terkadang beberapa pengendara tak menyadari kalau ban miliknya sudah mengalami bocor. Kebocoran ini sering terjadi saat ban tidak sengaja menginjak kerikil tajam. Sehingga kerikil lama kelamaan akan menembus ban dan mengakibatkan bocor halus. Walaupun kecil, ternyata kerikil juga berbahaya untuk ban.

Salah satunya ada kerikil yang menempel [Sumber Gambar]
Lalu alasan lainnya mengapa ban tubeless sering kempes adalah karena ada debu atau pasir yang menempel pada roda. Memang sepele, namun akibatnya sangat luar biasa. Debu atau pasir biasanya akan menempel di antara ban dan velg. Jika tidak dibersihkan, maka pasir atau debu akan menumpuk. Hal ini baru akan terlihat ketika kita merendamnya di dalam air dan alhasil ada gelembung yang ditimbulkan.

Nah, sudah tahu kan alasan mengapa ban tubeless sering kempes? Oleh karena itu, kalian yang punya ban tubeless harus rajin-rajin untuk memeriksanya. Ya alasannya karena kempesnya ban tubeless berasal dari hal sepele. Mulai dari kondisi pentil, kerikil sampai pasir. Jadi mulai sekarang harus sering untuk membersihkan ban tubeless. Jangan malas karena itu bisa membahayakan diri kalian juga.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tak Hanya Mohamed Salah, Pemain Berdarah Batak Ini juga Gagal Main di Piala Dunia 2018

Soekiman Wirjosandjojo, Sosok Pencetus THR yang Tak Banyak Orang Tau Mengenai Faktanya