in

Kerap Disepelekan, 4 Efek Samping Ini Akan Diterima Jika Kerikil Dibiarkan Pada Ban Motor

Ban yang jadi komponen penting pada motor, sering kali dilupakan para pemiliknya. Mereka hanya mementingkan bagian tampilan saja. Kalau bagian ban biasanya hanya akan diperiksa jika mengalami kerusakan parah, misalnya terkena paku dan semacamnya. Padahal, roda yang bisa dibilang menjadi kaki dari motor ini juga harus sering-sering diperiksa lho Saboom. Contohnya saja ketika alur ban terselip oleh batu-batu kerikil.

Kerikil yang menempel di ban kerap dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Lantaran batu kecil tersebut tidak menimbulkan efek yang besar pada kesehatan roda. Nah, mulai sekarang pemikiran tersebut harus dibuang jauh-jauh nih. Ternyata kerikil mempunyai dampak buruk bagi ban motor kita lho. Mau tahu apa saja efek si kerikil ini? Yuk kita lihat saja ulasan berikut ini.

Permukaan karet pada ban bisa retak

Bisa sebabkan ban retak [Sumber Gambar]
Jangan sepelekan kerikil yang menempel di alur ban ya Saboom. Lantaran batu tersebut bisa menyebabkan permukaan roda menjadi tak sempurna lagi. Bahkan, jika batu kecil tersebut dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan karet terkikis dan bisa mengalami keretakan. Kalau sudah begitu, cara satu-satunya adalah harus mengganti ban dengan yang baru. Kalian yang ingin irit, malah menjadi rugi. Pasti tidak mau kan kalau peristiwa seperti itu terjadi pada kalian?

Ban lama kelamaan akan aus

Ban bisa aus [Sumber Gambar]
Melanjutkan penjelasan yang sebelumnya, ketika roda sudah terkikis oleh kerikil bakal ada efek buruk yang lain Saboom. Itu adalah roda perlahan-lahan bisa mengalami aus dan akhirnya menjadi licin daripada semula. Licinnya ban akan mengakibatkan kendaraan lebih rawan untuk kecelakaan. Hayo, siapa yang sampai sekarang masih mengabaikan batu kerikil yang menempel di alur ban?

Roda bisa mengalami kebocoran

Bisa alami kebocoran [Sumber Gambar]
Ada lagi nih Saboom akibat fatal jika kerikil terus menerus ada di ban motor kesayangan kalian. Dampaknya adalah bisa membuat roda mengalami kebocoran udara. Hal tersebut bisa terjadi lantaran motor terus bergerak dan akhirnya batu kecil itu menembus karet di permukaan pada ban. Sebagai contoh saja deh, ban bisa diibaratkan seperti alas kaki pada manusia. Nah, saat ada kerikil atau benda kecil semacamnya di bawah alas kaki kita, pasti akan terasa tidak nyaman kalau dipakai berjalan. Jadi, jangan siksa roda motor kalian ya. Harus cepat-cepat dibersihkan supaya kendaraan bisa berjalan dengan nyaman tanpa gangguan.

Kerikil bisa mengurangi daya aliran air pada ban

Motor bisa jatuh [Sumber Gambar]
Fungsi alur pada ban bukan semata-mata untuk tampilan supaya lebih menarik Saboom. Tapi ada manfaatnya yaitu untuk mendukung cengkraman di aspal. Selain itu kembang ban ini juga berfungsi sebagai tempat untuk mengalirnya air. Maksudnya adalah jika ban menginjak genangan air maka akan mengalir lewat tempat tersebut. Jadi, bisa dibayangkan kalau kerikil dibiarkan berlama-lama pada ban. Si pengendara akan lebih susah untuk mengendalikan sepeda motor terutama pada saat hujan.

Walaupun bentuknya kecil, ternyata punya efek samping yang begitu besar jika terselip di ban motor. Sehingga untuk kalian yang sering bepergian menggunakan kendaraan roda dua tersebut, harus rajin memeriksa kondisi ban. Mulai sekarang jangan pernah malas untuk cek ban dan segala komponen penting yang ada di kendaraanmu. Daripada harus mengeluarkan untuk servis, lebih baik dicegah dengan cara merawatnya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

10 Potret Terkini Mey Chan yang Ganti Nama Jadi Dita Anggraeni Setelah Lepas dari Duo Maia

Goa Manggarai, ‘Istana Ular’ di Nusa Tenggara yang Banyak Dikunjungi oleh Wisatawan Asing