Musisi-musisi yang menyebut dirinya “indie” kini sedang digandrungi banyak millennial. Banyak yang menyalahartikan indie sebagai genre musik, sedangkan arti sebenarnya adalah kependekan dari independent alias bebas, sehingga bisa diasosiasikan bahwa musisi indie merupaka mereka yang tak terikat dengan label musik. Kini, banyak millennial yang menjuluki dirinya sebagai “anak indie” hanya karena mereka sering nonton konser musisi-musisi ini serta berpakaian seperti mereka.

Terlepas dari musiknya yang memang enak didengar, para musisi indie ini juga memiliki tampang yang oke, loh. Enggak kalah deh dari Via Vallen maupun Nia Ramadhani. Pasti kalian semua penasaran, kan, siapa saja musisi indie yang tampangnya oke punya. Kenalan yuk dengan 8 musisi indie ini!

1. Danilla Riyadi, panutan para ABG “indie”

Danilla Riyadi (@danillariyadi) [sumber gambar]
Meski Sahabat Boombastis sekalian bukan pendengar musik indie, mungkin kalian sudah pernah mendengar nama Danilla Riyadi. Wanita ibukota ini memang sedang hype banget di kalangan musisi indie tanah air. Karya-karyanya juga banyak digemari, bahkan dirinya kemarin masuk dalam nominasi female singer of the year, Indonesian Choice Awards 5.0 di NET. TV. Gayanya yang cuek dan tomboy ini pun jadi panutan banyak remaja yang mengaku dirinya “indie.”

2. Kallula, lebih terkenal di luar negeri daripada rumah sendiri

Kallula (@kallula) [sumber gambar]
Kalian pasti pernah mendengar lagu No One Can Stop Us dari DJ tanah air, Dipha Barus, kan? Pasti juga tak tahu siapa penyanyi yang menyanyikan lagu tersebut. Ya, dialah Kallula. Wanita yang tergabung dalam duo bernama Kimokal—kependekan dari Kimo dan Kalula ini lebih terkenal di luar negeri timbang rumah sendiri. Ia sudah bolak-balik mengadakan konser di Amerika Serikat. Bahkan, pada festival South by Southwest Music Festival (SXSW) kemarin, mereka yang berangkat mewakili Indonesia.

3. Vira Talisa, cukup senior dalam kancah indie

Vira Talisa (@viratalisa) [sumber gambar]
Usia memang belum senior-senior amat, tetapi kiprah Vira Talisa dalam bermusik sudah terbilang cukup lama. Sebelum banyak orang menggandrungi musisi indie lewat YouTube, Spotify, maupun Joox, Vira Talisa sudah memiliki banyak fans melalui Soundcloud—yang lagu-lagunya ia tulis dan nyanyikan sendiri. Kini, ia pun sudah mulai merambah pasar seluruh Indonesia, meski tak secepat Danilla Riyadi perjalanannya. Namun, pendengar musisi-musisi indie lawas pasti tahu siapa dan bagaimana kiprah Vira Talisa dalam bermusik.

4. Rara Sekar, kakak Isyana Sarasvati pelantun lagu-lagu merdu Banda Neira

Rara Sekar (@rarasekar) [sumber gambar]
Duo Banda Neira memang sudah bubar, tetapi tak membuat Rara Sekar berhenti bermusik. Meski kini ia sedang menekuni kuliahnya di Selandia Baru, ia juga masih menggarap proyek baru bersama Danilla Riyadi dan Fay Sandrayati yang bertajuk Daramuda. Kakak Isyana Sarasvati ini pernah menjadi idola para remaja “indie” pada tahun 2014an. Ia dan Ananda Badudu—partner-nya dalam Banda Neira sibuk keliling kota seluruh Indonesia kala itu.

5. Monita Tahalea, jebolan Indonesian Idol, loh!

Monita Tahalea (@monitatahalea) [sumber gambar]
Adakah dari Sahabat Boombastis yang masih ingat Monita Idol? Salah satu finalis Indonesian Idol musim kedua ini menempuh jalur indie, berbeda dengan Judika ataupun alm. Mike. Ia pun sukses berkarya di jalur ini, eksistensinya pun tak kalah dari Danilla Riyadi. Di balik album-albumnya, ia juga bekerja sama dengan Gerald Situmorang, bassist dari band Barasuara. Kalau kalian penasaran bagaimana lagu-lagu Monita Tahaela setelah Kekasih Sejati, cus kepoin saja YouTube channel-nya.

6. Cabrini Asteriska, si mungil vokalis Barasuara

Cabrini Asteriska (@asteriska_) [sumber gambar]
Selain suaranya yang khas, para Penunggang Badai—sebutan untuk fans Barasuara pasti mengidolakan Asteriska karena parasnya yang cantik. Si mungil yang memiliki panggilan Icil ini memiliki cerita ironi di balik karirnya menjadi musisi indie. Awalnya, kedua orang tua tak restu Icil mengambil langkah untuk menjadi musisi. Ia pun memohon jikalau kiprahnya kala itu sebagai musisi tak berhasil, dirinya akan menuruti jalan yang ditentukan orang tuanya. Ternyata, Dewi Fortuna berada di sisinya dan membuat ia menjadi penyanyi yang hebat.

7. Sandrayati Fay, pemetik gitar yang handal

Fay Sandrayati (@sandrayatifay) [sumber gambar]
Pasti Sahabat Boombastis baru pertama kali ya mendengar nama Sandrayati Fay? Kalau begitu, mari ramai-ramai berkenalan dengannya. Musisi indie satu ini berdomisili di Bali. Tak ayal jika aliran musiknya membawa kita serasa duduk menikmati matahari terbenam di Pantai Kuta. Ia membuat musiknya murni dengan petikan gitarnya sendiri. Liriknya pun sangat puitis. Sehingga ketika ia bernyanyi, terdengar seperti membaca puisi. Kalian fix harus nonton sendiri konsernya! Agar tak penasaran~

8. Nadin Amizah, caranya bernyanyi selalu membius para pengguna instagram

Nadin Amizah (@cakecaine) [sumber gambar]
Awalnya, Nadin Amizah tak mengambil jalur musik sebagai kesehariannya. Ia hanyalah seorang pelajar yang gemar menyalurkan hobinya melalui sosial media, instagram. Dari situlah, hobi cover-cover lagu membuatnya digandeng oleh DJ Dipha Barus dan Matter Halo untuk berduet. Tak hanya digandrungi oleh remaja saja, banyak blogger seperti Claradevi, Jovi Adhiguna, serta YouTuber Fathia Izzati yang gemar mendengarnya bernyanyi.

Bagaimana kesan kalian setelah membaca ulasan ini, geng? Musisi indie enggak melulu lagu-lagunya saja kan yang enak dinikmati, tetapi parasnya juga. Ada yang sudah ngefans dengan salah satu dari mereka? Jaga-jaga kalau kalian pengin kepoin instagramnya, penulis sudah sematkan di sumber gambar, loh!