15 tahun telah berlalu semenjak ajang pencarian bakat di televisi pertama kali disiarkan. Bertajuk Akademi Fantasi Indosiar atau lebih dikenal dengan kata AFI, ajang pencarian bakat tersebut lalu laris di pasaran. Hal tersebut pun membuat banyak stasiun televisi yang juga ikut-ikutan menyiarkan acara pencarian bakat.

Indonesian Idol merupakan tayangan pencarian bakat yang paling konsisten dibandingkan dengan ajang-ajang yang lain. Tidak heran jika banyak anak muda berbakat yang ingin menjadi penyanyi profesional lewat ajang ini. Namun, belum banyak yang tahu jika ada penyanyi legendaris tanah air yang pernah ditolak ketika audisi di Indonesian Idol. Siapa saja mereka? Simak daftarnya dalam ulasan berikut.

1. Anji eks Drive, Beri Wejangan untuk Mereka yang (Pernah) Gagal

Akhir-akhir ini berita tentang kontestan Indoesian Idol yang sedang ikut audisi sedang ramai diperbincangkan netizen. Mulai dari keponakan Ari Lasso hingga kontestan yang mirip Aura Kasih dan Laudya Chintya Bella. Melihat hal tersebut, Anji pun membeberkan sebuah fakta mengejutkan.

Anji [image source]
Lewat akun instagram pribadinya (@duniamanji), ia mengunggah foto ketika dirinya mengikuti audisi ajang bergengsi ini. Banyak netizen yang tak percaya dengan unggahan tersebut. Namun, ketika melihat caption yang bertuliskan wejangan Anji untuk mereka yang (pernah) gagal, mereka jadi terenyuh dan membanjiri foto tersebut dengan pujian.

2. Vidi Aldiano, Ditolak Banyak Perusahaan Rekaman

Siapa sangka penyanyi ngetop pacar Sheila Dara Aisha ini dulunya pernah ditolak banyak perusahaan? Jangankan perusahaan rekaman dulu, deh, audisi Indonesian Idol saja menyia-nyiakan suara emasnya. Meskipun begitu, hal tersebut bukanlah menjadi akhir bagi Vidi.

Vidi Aldiano [image source]
Pemilik naman asli Oxavia Aldiano ini lalu pantang menyerah mengirimkan demo rekamannya pada banyak perusahaan. Nyatanya, perjuangan tak pernah mengkhianati hasil, kan? Kini ia termasuk penyanyi dengan tarif termahal di Indonesia.

3. Cakra Khan, Lagunya Sempat Menduduki Posisi Teratas Berminggu-minggu

Siapa yang nggak kenal Cakra Khan? Pelantun Butiran Debu yang lagunya sempat menjadi ‘lagu wajib’ dalam setiap kesempatan. Pergi ke mall, dengarnya lagu Cakra Khan, datang kondangan, yang diputar lagu itu juga.

Cakra Khan [image source]
Banyak yang mengira Cakra Khan baru terjun ke dunia tarik suara ketika debut dengan lagu pertamanya. Ternyata, ia juga pernah mengikut ajang bergengsi Indonesian Idol, loh! Sayangnya, para juri kurang peka dengan suara emasnya, mungkin sekarang mereka menyesal, ya, melihat Cakra sudah sukses besar.

4. Sammy Simorangkir, Sukses Bersolo Karir

Mungkin beberapa dari boombers sudah banyak yang tahu jika Sammy Simorangkir merupakan jebolan ajang Indonesian Idol yang tak lolos hingga babak spektakuler. Namun, hal tersebut tidak menghalangi karir menyanyinya. Ia pun mencoba peruntungan untuk menjadi vokalis dalam band Kerispatih.

Sammy Simorangkir [image source]
Meskipun akhirnya bubar, Kerispatih pernah jadi idola remaja nomor satu kala itu. Sammy pun sekarang masih aktif bernyanyi solo. Tampaknya mau band atau solo, Sammy tetap sukses-sukses saja, suaranya ciamik, sih!

5. Morgan Oey, Menapaki Jalan yang Berbeda dari Para Rekannya

Jika beberapa kontestan Indonesian Idol gagal di atas merambah peruntungannya menjadi vokalis band atau bernyanyi solo, berbeda dengan sosok satu ini. Ia merupakan satu-satunya finalis Idol gagal yang debut sebagai boyband.

Morgan Oey [image source]
Masih ingat SMASH? Ya, Morgan merupakan salah satu member-nya. Namun, agaknya tak bertahan lama hasrat boyband di Indonesia, sehingga pada akhirnya ia memutuskan untuk bersolo karir dan mencoba seni peran. Alhasil, dua-duanya dilakoni dengan baik hingga sekarang. Luar biasa!

6. Kunto Aji, Satu-satunya yang Masuk dalam Babak Spektakuler

Dalam ajang pencarian bakat Indonesia Idol, ada beberapa babak yang harus dilewati oleh para kontestannya. Pertama yaitu babak audisi, lalu workshop yang jarang ditampilkan di televisi, setelah itu ada babak karantina sebelum mereka maju ke panggung, dan akhirnya babak spektakuler.

Kunto Aji [image source]
Meski Kunto Aji sudah menjajal panggung spektakuler, bisa dibilang, ia juga termasuk Idol gagal. Hal tersebut karena ia hanya bertahan hingga babak spektakuler ke 9 dari 12 totalnya. Setelah Indonesian Idol pun, ia tak langsung jadi penyanyi ngetop. Banyak jalan yang harus dilewatinya hingga mencapai posisinya sekarang alias sudah sukses berat!

7. Afgan Syahreza, Suara Emasnya Diakui Seluruh Indonesia

Siapa yang menyangka bahwa suara emas penyanyi paling hits setelah Raisa ini ditolak oleh para juri di Indonesian Idol? Nggak bayangin deh mas Anang menyatakan “saya sih no,” kepada penyanyi satu ini.

Afgan Syahreza [image source]
Jika kita yang terpilih menjadi juri Indonesian Idol, pastilah sudah berkata yes sebelum Afgan bisa menyelesaikan lagunya. Namun, tampaknya tanpa lewat ajang pencarian bakat pun Afgan bisa meraih puncak suksesnya dengan mudah. Hal tersebut diliha dari betapa meledaknya single debutnya dulu, yaitu Terima Kasih Cinta.

8. Zian eks Zigaz, Anak Band Sejati

Kemungkinan besar boombers nggak ngeh dengan nama Zian dan bandnya yaitu, Zigaz. Namun, jika disebutkan lagu Sahabat Jadi Cinta, kalian pasti pernah dengar, kan? Yap, betul banget, Zian merupakan penyumbang vokal agar lagu tersebut makin menancap di hati.

Zian [image source]
Memiliki jenis suara yang mirip-mirip dengan Virzha, nyatanya Zian juga tak mendapat golden ticket dari para juri. Pantang menyerah, Zian pun akhirnya membentuk sebuah band bernama Zigaz dengan teman-temannya. Hingga sekarang, band tersebut masih sibuk berkarir off air.

9. Tata Janeeta, Satu-satunya Diva Top Indonesia yang Ditolak Juri

Jauh sebelum mengawali debutnya bersama Dewi-Dewi, Tata Janeeta rupanya pernah menjajal peruntungan dalam ajang Indonesian Idol. Namun rupanya, para juri tidak sedang mencari warna suara seperti yang dimilikinya.

Tata Janeeta [image source]
Meskipun begitu, Mas Dhani tampak mengintai bakat menyanyi yang dimiliki oleh Tata. Alhasil, ia pun bergabung dengan dua rekannya dalam trio bertajuk Dewi-Dewi di bawah asuhan mantan suami Maia Esthianty ini. Sempat bubar di tengah jalan tak membuat Tata berhenti berkarir dalam dunia tarik suara. Kini dirinya malah lebih sukses bersolo karir.

Selama ini kita selalu berpikir bahwa mengikuti ajang Indonesian Idol sudah pasti membuat karir bernyanyi kita sukses. Pada nyatanya, 9 penyanyi legendaris di atas membuktikan bahwa menjadi musisi top tak harus mengikuti ajang pencarian bakat terlebih dahulu. Berbekal suara emas dan tekad yang kuat juga bisa sukses kok! Bagaimana pendapat boombers sekalian?