in

5 Reality Show Kontroversial yang Keberadaannya Dikecam, Salah Satunya Lomba ‘Bikin Anak’

Memilih pria yang bukan gay [Image Source]

Makin sibuk kita dengan agenda pekerjaan, berarti makin tinggi juga kejenuhan yang ada, selain piknik atau jalan-jalan biasanya sih yang kita lakukan untuk membuat pikiran tetap segar adalah dengan cari hiburan. Salah satu alternatifnya ya lihat TV atau iseng browsing acara-acara keren yang ada di internet. Untuk kamu yang mungkin udah bosen dengan sinetron, pasti nggak asing dengan format acara reality show.

Yap, genre acara yang termasuk punya banyak penggemar ini banyak banget dan terus berevolusi jadi favorit orang-orang. Meskipun kita sebenarnya udah tau kalo reality show ini udah diarahkan dan jadinya nggak real banget, tetep aja kita nikmati, hehe. Tapi tau nggak ternyata nggak sedikit reality show yang punya banyak kontroversi karena konsepnya yang kadang nggak masuk akal. Simak dulu yuk apa aja reality show yang paling banyak mengundang kehebohan berikut!

Sperm Race, Lomba Cepet-cepetan ‘Bikin Anak’

Para peserta Sperm Race [Image Source]
Iya bener, sperm race maksudnya adalah balapan cairan itu. Jadi ada 12 kontestan laki-laki yang menyumbangkan sperma mereka untuk selanjutnya dibawa ke fertility clinic alias klinik kesuburan. Di laboratorium ini, masing-masing sperma yang sudah terkumpul akan diberi reaksi kimia agar sel-sel telur yang ada di dalamnya ‘lomba lari’ menuju garis finish yang ditentukan. Siapa yang sel-nya paling cepat dan paling subuh akan mendapatkan hadiah mobil Porsche lho! Tapi terlepas dari besarnya hadiah yang ada, banyak yang mengatakan kalau tayangan ini nggak bermutu. Kalo menurut yang bikin sih, acara ini penting karena ternyata pria di Jerman banyak mengalami masalah kesuburan.

Kids Nation yang Dinilai Mengeksploitasi Anak

Negara anak-anak [Image Source]
Bisa bayangin nggak kalo ada satu kota yang dijalankan sepenuhnya oleh anak-anak kecil mulai dari usia 5-14 tahun? Rupanya hal ini yang menjadi inspirasi satu televise swasta untuk membentuk acara berjudul Kids Nation dimana di kota ini sepenuhnya dijalankan oleh anak-anak mulai dari pembuat aturan, pegawas, sampe yang melakukan jual beli, tentunya dengan pengawasan dari orang dewasa dari berbagai bidang. Meskipun dijadwalkan tayang sebanyak 5 episode, nyatanya episode yang berhasil tayang hanya satu dan itupun udah mengundang banyak review negative. Acara ini dinilai hanya mengeksploitasi anak kecil yang bahkan sebenarnya mereka nggak boleh bekerja.

Who’s Your Daddy, Permainan Menemukan si Bapak

Tebak-tebakan ayah kandung [Image Source]
Kalo kalian ngira acara ini berbau tebak-tebakan, kalian bener banget! Lebih tepatnya tebak-tebaan siapa ayah kandung dari seorang wanita bernama TJ Myers yang nggak pernah bertemu ayah kandungnya. Dalam acara ini ia diminta untuk menebak siapa ayah kandungnya dari 12 laki-laki yang akan menghabiskan waktu di acara itu. Kalo TJ berhasil menebak siapa ayah kandungnya, maka TJ akan mendapatkan uang sebesar USD 100.000! Tapi sebaliknya, kalo tebakan TJ salah, maka kontestan yang ia pilih itu yang akan mendapatkan hadiahnya, sedangkan TJ nggak mendapatkan apapun. Merasa acara ini terlalu menyinggung, hasilnya Who’s Yo Daddy hanya tayang 1 episode dari 5 episode yang telah diproduksi.

90 Day Fiance, Menikah Sama Orang Amerika Atau Minggat

90 days fiance [Image Source]
Kalo kamu punya waktu untuk jalan-jalan ke Amerika, kamu akan memegang kartu ijin tinggal yang valid selama 90 hari. Nah dari 90-day visa inilah acara ini diselenggarakan. Jadi pihak televise swasta mendatangkan orang-orang dari luar Amerika untuk menjadi pihak yang dicarikan pasangan dengan orang native Amerika. Kalo mereka berhasil nikah, maka orang luar Amerika itu berhak tinggal, tapi juga sebaliknya pasangan ini gagal untuk menikah maka imigran harus kembali ke negara asalnya.

Playing it Straight, Acara untuk Menemukan Pria Tulen

Memilih pria yang bukan gay [Image Source]
Mungkin ini acara yang paling mengundang kontroversi di antara yang lain. Jadi ceritanya, akan ada satu perempuan yang harus menghabiskan waktu bersama 12 pria dan perempuan ini tiap minggunya akan mengeliminasi pria yang menurutnya gay. Pada akhirnya ia memilih satu pria yang hetero-seksual alias bukan gay untuk jadi pasangannya. Jika tebakan perempuan ini salah dan yang ia pilih adalah gay, maka pria itulah yang terpilih sebagai pemenang dan ceweknya nggak mendapatkan hadiah apapun. Karena dianggap terlalu menyinggung komunitas LGBTQ disana, acara ini pun banyak mengundang reaksi negative.

Gila ya apa yang bisa dilakukan oleh media untuk mendapatkan uang? Banyak acara yang nggak memikirkan nasib peserta dan bagaimana perasaan mereka, parahnya kadang mungkin kita sebagai penonton nggak sadar bahwa apa yang kita lihat itu jahat untuk peserta. Menurutmu acara mana yang paling kontroversial?

Written by Fany

Leave a Reply

Disia-siakan Ajang ‘Indonesian Idol,’ 9 Penyanyi Ini Malah Sukses Besar

Mengaku Disekap Setan 3 Hari 3 Malam, Sosok Kakek di Sulawesi Ini Bikin Warga Geger