in

Mengenal Melanoma, Penyakit Kanker Kulit yang Merenggut Nyawa Menantu Hatta Rajasa

Akhir-akhir ini pasti kalian mendengar tentang berita yang menimpa Rasyid Rajasa. Yap, anak dari Hatta Rajasa tersebut ditinggalkan oleh sang istri selama-lamanya karena mengidap penyakit yang amat ganas. Usut punya usut, ternyata Adara Taista mengalami yang namanya Melanoma atau bisa juga disebut dengan penyakit kanker kulit.

Mungkin kalian pernah mendengar penyakit satu ini, tapi masih belum tahu secara detailnya. Maka dari itu, kali ini Boombastis.com akan mengulas lebih rinci terkait Penyakit Melanoma tersebut. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, simak ulasan tentang Melanoma berkut ini.

Tak banyak diketahui, inilah penyebab dari Melanoma

Melanoma atau penyakit kanker kulit ternyata mempunyai beberapa penyebab lho Saboom (Sahabat Boombastis). Bahkan, faktor pemicu timbulnya kanker kulit ini bisa diakibatkan karena gaya hidup kita sendiri. Salah satunya adalah terlalu sering menggunakan ponsel. Nah, penyakit kulit bisa terjadi lantaran gelombang frekuensi radio yang dipancarkan oleh ponsel dapat memicu pertumbuhan sel kanker di kulit. Cukup mengerikan juga ya, apalagi orang-orang zaman now yang tidak pernah bisa lepas dari ponsel. Bisa dipastikan nih kalau semua orang yang setiap harinya bersinggungan dengan telepon genggam berisiko mengidap Melanoma.

Terlalu sering menggunakan ponsel [Sumber Gambar]
Tak hanya itu saja, penyebab timbulnya dari kanker kulit ini adalah seringnya berada di bawah sinar matahari. Cahaya ultraviolet itu memang ganas jika sudah di atas jam delapan pagi. Sinar matahari pada jam-jam tersebut bisa menyebabkan sel di dalam kulit menjadi rusak. Kalau kita setiap hari banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, kemunculan kanker kulit akan besar terjadi.

Gejalanya pun sering sekali kita sepelekan

Siapa sangka ternyata gejala dari kanker kulit satu ini sangat sepele. Itu adalah munculnya tahi lalat secara tiba-tiba pada permukaan kulit. Timbulnya tahi lalat tidak hanya satu saja tapi dengan jumlah yang sangat banyak. Namun, tahi lalat yang ini pun juga memiliki ciri tidak seperti pada umumnya lho.

Munculnya tahi lalat secara tiba-tiba [Sumber Gambar]

Ciri pertama adalah tahi lalat memiliki lebih dari satu warna dan bentuknya pun tidak beraturan. Kemudian diameternya lebih dari 6 mm dan kemungkinan akan terus membesar seiring berjalannya waktu. Terakhir, cirinya adalah tahi lalat akan terasa gatal kemudian bisa berdarah walaupun tidak terkena gesekan atau digaruk. Jadi sebaiknya kalian harus lebih memperhatikan keadaan tubuh mulai sekarang ya. Jika ada tahi lalat yang muncul tiba-tiba harus segera diperiksakan ke dokter.

Ada juga gejala lain yang perlu kalian ketahui

Memang gejala utama dari Melanoma itu adalah timbulnya tahi lalat di beberapa bagian tubuh. Seperti wajah, tangan, punggung ataupun kaki. Namun, ada juga beberapa gejala lain yang akan muncul ketika orang mengalami Melanoma.

Garis hitam pada kuku [Sumber Gambar]
Itu adalah tanda garis hitam yang berada di bawah kuku. Kemudian bisa juga di mulut, saluran pencernaan atau pada bagian mata. Akan tetapi untuk gejala-gejala tersebut masih belum banyak ditemukan kasusnya. Sehingga untuk sementara, tahi lalat dengan ciri tertentulah yang jadi penyebab utamanya.

Supaya tidak terkena melanoma, bisa cegah dengan cara ini

Penyakit yang suka muncul secara tiba-tiba ini bisa dicegah kok dengan beberapa cara. Misalnya adalah menggunakan tabir surya kalau berada di bawah sinar matahari. Atau bisa juga dengan memakai baju berlengan panjang dan topi. Dengan begitu, kulit kalian akan terhindar dari yang namanya penyakit Melanoma.

Pakai tabir surya ketika di bawah sinar matahari [Sumber Gambar]
Kemudian, mulai sekarang jangan terlalu sering mengoperasikan ponsel. Gunakan telepon genggam jika dibutuhkan saja. Nah selanjutnya hal yang harus diperhatikan adalah matikan ponsel jika kalian tidur. Hal ini dilakukan supaya gelombang frekuensi radio tidak memancarkan radiasinya ke tubuh kalian.

Penyakit Melanoma ini ternyata bisa muncul dari gaya hidup kita sehari-hari. Mulai dari menggunakan ponsel terlalu sering sampai beraktivitas di bawah sinar matahari. Sehingga mulai sekarang kita harus waspada dengan cara mengurangi kebiasaan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenal LCC, Komunitas Perempuan Pecinta Mobil dan Otomotif Pertama yang Ada di Indonesia

Di Tengah Kemelut Sepak Bola Indonesia, 5 Pesepakbola Asing Liga1 Ini Justru Ngebet Jadi WNI