in

Mengintip Fenomena Penjual Pinggir Jalan di India yang Mengaduk Makanan Pakai Tangan Kosong

Makanan di India yang dicampur pakai tangan kosong
Makanan di India yang dicampur pakai tangan kosong

India merupakan salah satu negara yang kaya akan kuliner, bumbu masakan mereka pun beragam dan rasanya kuat seperti makanan khas Indonesia. Penjual makanan jalanan atau street food di India juga banyak. Hampir di setiap sudut, kamu dapat menemukan penjual menjajakan dagagannya. Minuman segar, makanan ringan, sampai makanan berat tersedia semua.

Namun, warganet di Indonesia sempat dihebohkan dengan video yang menampilkan bagaimana penjual street food di India mengolah dan menyajikan makanan. Penjual menggunakan tangan kosong untuk mengaduk atau mencampur makanan, sampai terlihat pula alat pembuat makanan terlihat kotor. Mengapa banyak penjual street food di India yang mengolah makanan menggunakan tangan kosong? Boombastis.com akan membahas lebih lanjut pada ulasan berikut.

Kebiasaan orang India makan menggunakan tangan

Sebenarnya sama halnya dengan orang Indonesia, orang India juga mempunyai kebiasaan makan menggunakan tangan kosong, tanpa sendok maupun garpu. Bagi orang Indonesia yang melihatnya, tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang asing. Tentunya, orang yang makan pakai tangan kosong mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun terlebih dahulu.

Ilustrasi orang makan paratha khas India. [Sumber Gambar]
Ilustrasi orang makan paratha khas India. [Sumber Gambar]
Makan menggunakan tangan adalah cara tradisional yang dilestarikan sampai sekarang. Terutama untuk menyantap sejumlah makanan, seperti roti dan paratha. Kedua makanan khas India tersebut memang cara makannya menggunakan tangan. Orang India percaya bahwa makan pakai tangan lebih sehat daripada pakai garpu atau sendok, hal ini disebut mindful eating. Makanan yang menyentuh tangan, dipercaya dapat memberikan sinyal dari otak ke perut bahwa mereka siap untuk menerima makanan.

Lebih mudah mengolah makanan pakai tangan kosong

Makan menggunakan tangan kosong terbilang hal biasa, tetapi bagaimana dengan mencampur makanan tanpa alat bantu seperti sendok? Hal itu akan kamu temui ketika membeli makanan pinggir jalan di India, seperti jhalmuri dan pani puri. Bahan utama jhalmuri merupakan puffed rice atau nasi yang dipanggang sampai renyah. Nasi ini kemudian dicampur berbagai bumbu khas India, sayur, bombay mix (bahan makanan kering pedas), dan minyak mostar.

Makanan pinggir jalan di India dicampur pakai tangan kosong. [Sumber Gambar]
Makanan pinggir jalan di India dicampur pakai tangan kosong. [Sumber Gambar]
Di pedagang street food, kamu akan melihat banyak wadah misalnya baskom berisi bahan-bahan jhalmuri. Ketika ada pembeli, penjual akan meracik puffed rice dicampur bahan tambahan lain. Mereka biasanya mengambil semua bahan dan mencampurnya menggunakan tangan kosong karena dinilai lebih mudah menggunakan tangan daripada sendok.

Cara aman makan street food di India

Makanan pinggir jalan di India disajikan dengan tangan kosong. [Sumber Gambar]
Makanan pinggir jalan di India disajikan dengan tangan kosong. [Sumber Gambar]
Walaupun banyak video beredar dengan narasi bahwa makanan pinggir jalan di India terkesan jorok, ada cara aman untuk mencicip street food. Perlu diketahui bahwa beberapa makanan India rasanya pedas. Cari tahu dulu level kepedasan street food yang dituju. Sebaiknya pilih makanan yang digoreng, dibakar, atau dipanggang karena panas tinggi membunuh bakteri. Cek sumber air di tempat jualan makanan, penggunaan air kemasan atau botol cenderung lebih bersih.

BACA JUGA: 4 Fakta Pedagang Kaki Lima India, Jualannya Sederhana tapi Tenyata Banyak yang Kaya Raya

Apakah kamu sudah pernah kulineran jajanan pinggir jalan di India? Tentunya memilih makanan di mana saja, tetap perhatikan kebersihkan agar badan tidak menjadi sakit.

Written by H

SPR 2, Sniper Canggih Buatan Indonesia yang Ternyata Namanya Sudah Sampai Ke Jordania

Carandiru, Penjara yang Malah Merenggut Nyawa Ratusan Napi karena Diberondong Peluru Penjaga