7 Peristiwa Pengusiran Ras Manusia yang Dilupakan dalam Sejarah!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Aug 11, 2015

Bumi ini terdiri dari banyak sekali ras dan suku bangsa. Bahkan di Indonesia saja terdapat puluhan ras yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap ras memiliki adat dan budaya yang berbeda-beda. Sayangnya, perbedaan ini justru kerap memunculkan masalah. Perpecahan yang tak diinginkan kerap terjadi, bahkan menimbulkan adanya perang dan pengusiran. Indonesia pernah mengalami perang antar ras atau suku yang berakhir mengenaskan. Seperti tragedi di Sampit berpuluh tahun silam.

Baca Juga : 7 Eksperimen Mengerikan dengan Manusia Sebagai Kelinci Percobaannya!

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Ternyata di dunia ini juga pernah terjadi peristiwa yang nyaris sama dengan tragedi Sampit. Pengusiran sebuah ras atau kaum dilakukan oleh oknum tertentu yang memiliki kepentingan. Pengusiran ini berakibat banyaknya anggota ras meninggal, bahkan mengalami kehidupan yang mengerikan. Kejadian ini terjadi di masa lalu, dan telah banyak dilupakan oleh umat manusia. Berikut tujuh peristiwa pengusiran ras manusia yang sempat membuat bumi ini begejolak!

1. Pengusiran Ras Jepang dari Kanada

Saat perang dunia kedua berlangsung sekitar tahun 1945. Warga Jepang yang ada di Kanada semuanya diusir. Hal ini terjadi karena saat itu Kanada bergabung dengan sekutu yang memerangi Jepang. Gelombang pengusiran ini dilakukan oleh panglima perang Kanada bernama Ken Stuart. Pria berkuasa ini menyebut jika tak ada hak lagi warga Jepang untuk hidup di negara yang memeranginya.

Saat itu ada sekitar 20.800 orang Jepang yang berada Kanada. Bahkan mereka telah membangun keluarga dan memiliki anak di sana. Keadaan ini membuat mereka harus pergi di negara yang dicintainya setelah Jepang. Sebanyak 4.000 anak-anak berumur di bawah 16 tahun dikembalikan lagi ke Jepang. Kapal-kapal akan mengangkut mereka semua ke negara yang sedang diserang oleh sekutu. Pengusiran ini berhenti pada tahun 1949 setelah terjadi kesepakatan. Penduduk yang telah di Jepang diperkenankan kembali atau tetap di Jepang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules
BACA JUGA