5 Penderitaan yang Dirasakan Sebagai Seorang Kurir

oleh Tetalogi
08:55 AM on Feb 22, 2016

Sekarang ini bisa dibilang sebagai zamannya online. Orang kalau mau belanja udah nggak perlu repot pergi ke mall atau supermarket. Tinggal nyalain komputer, lalu pesan secara online. Atau kadang bisa juga cuma dengan telpon atau chat, kasih tahu alamat, maka pesanan akan langsung di anter ke depan pintu. Bayar bisa dilakukan langsung setelah pesanan datang. Gampang banget.

Dibalik semua kemudahan itu, kita nggak boleh lupa ada jasa kurir dibaliknya yang siap sedia mengirimkan barang pesanan kita. Memang, segala hal yang serba online dan pesan-antar ini bikin profesi sebagai kurir lumayan menjanjikan. Tapi tetap saja, setiap pekerjaan itu ada kekurangan dan kelebihannya. Setidaknya, beberapa hal inilah yang bikin kurir susah.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

1. Alamat Susah Dicari

Sebagai seorang kurir, memang sudah jadi tugasnya buat mengirimkan barang sampai ke rumah yang dituju. Jadi setiap harinya mereka akan berkutat dengan deretan alamat yang harus dikunjungi demi mengantarkan barang yang udah ditunggu oleh si penerima. Kalau nyari alamatnya di daerah perumahan sih biasanya nggak terlalu sulit. Soalnya sistem blok dan nomer perumahan biasanya memang sudah tertata rapi dan teratur.

Jasa Kurir Motor [Image Source]
Jasa Kurir Motor [Image Source]
Yang sulit itu kalau nyari rumah yang masuk sampai ke gang-gang kecil belok sana sini. Apalagi kalau ternyata nama si penerima nggak sama dengan panggilan sehari-hari di daerahnya. Tanya ke tetangga juga si kurir nggak bakal ngerti. Jadi kalau rumah kita termasuk tipe nyempil dan susah dicari alamatnya, ada baiknya dikasi nomer telpon biar kurir bisa langsung telepon kalu nggak nemu rumahnya.

2. Sampai di Lokasi Orangnya Nggak Ada

Sudah susah-susah nyari alamat sampai masuk ke gang-gang kecil, eh tapi ternyata rumahnya lagi kosong. Sebel banget kalau sampai kejadian yang seperti ini. Soalnya barang harus dibawa balik lagi buat dicoba diantar keesokan harinya.

Ilustrasi kurir [Image Source]
Ilustrasi kurir [Image Source]
Ya kalau alamat rumahnya strategis dan gampang ketemu sih nggak masalah. Tapi kalau alamat rumahnya susah dicari dan keesokannya harus balik lagi, kan sebel juga.

3. Cuaca Hujan Badai

Faktor cuaca juga jadi salah satu tantangan tersendiri buat para kurir. Kalau cuaca cerah, yah meskipun panas masih bisalah keliling nyari alamat dan nganterin paket. Tinggal pakai jaket panjang, masker, helm standard, maka badan jadi bebas dari sengatan panas matahari.

Naik motor saat hujan [Image Source]
Naik motor saat hujan [Image Source]
Cumah kalau pas hujan deras atau hujan gerimis tapi seharian nggak berhenti, lain lagi ceritanya. Meski hujan turun, para kurir tetap harus berangkat mengirimkan barang. Apalagi kalau ternyata jasa yang dikirimkan adalah yang satu hari sampai. Intinya ya harus cepat-cepat dikirim ke alamat penerima.

4. Pesanan Palsu

Beberapa waktu lalu beredar beberapa kabar soal kurir atau driver yang kena tipu. Ada pelanggan yang pesen makanan ke restoran, otomatis si bapak driver ini harus memesankan sekaligus membayar pesanan pakai uangnya dulu. Begitu makanan jadi dan dianter ke alamat pemesan, eh ternyata alamat yang dicari nggak ada dan itu adalah pesanan palsu perbuatan orang iseng.

Ilustrasi menerima paket [Image Source]
Ilustrasi menerima paket [Image Source]
Bisa kebayang nggak sih kalau dapet pesanan iseng semacam ini? Tega banget yang ngisengin kurir seperti ini. Iya kalau pak kurir punya duit lebih-lebih, lha kalau nggak punya? Otomatis si pak kurir rugi banyak dong. Rugi beli pesanan dan rugi bensin. Yah semoga saja udah nggak ada lagi orang yang mau iseng dengan cara kejam kayak gini. Nggak lucu sama sekali.

5. Customer Galak

Kurir itu pekerjaannya ketemu dengan banyak orang yang berbeda setiap harinya. Memang sih ketemunya singkat, cuman ngasih paketan, tanda tangan, lalu pulang deh. Urusan kelar. Tapi meski cuman sebentar kalau customer atau pelanggannya galak bisa bikin keki juga.

Kurir sepeda [Image Source]
Kurir sepeda [Image Source]
Bayangin aja, udah kepanasan atau kehujanan, muter nyari alamat, begitu sampe masih diomelin. Entah karena si penerima emang keki, atau keterlambatan pengiriman, atau banyak lagi alasan lainnya. Kalau keterlambatan pengiriman, kadang belum tentu juga kesalahan si kurir. Bisa juga dari jasa ekspedisinya. Tapi karena kurir yang ketemu langsung dengan pelanggan, akhirnya mereka yang diomelin deh.

Nah, jadi kurir itu ternyata juga nggak selamanya gampang. Mereka juga kerja dengan penuh perjuangan dan memeras keringat. Jadi, jangan sampai deh kita meremehkan pekerjaan sebagai kurir.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules
BACA JUGA