5 Pidato Paling Fenomenal Presiden Indonesia yang Berdampak Sangat Besar Bagi Negara

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 22, 2016

Seperti ungkapan populer yang sering kita dengar, kata-kata bisa lebih tajam daripada pedang. Ketika kata-kata dipakai dengan pas, ia bisa menghujam dengan tepat pula dan memberikan dampak yang besar. Sebaliknya, lewat kata-kata pula seseorang bisa mendapatkan perlakuan yang buruk, bahkan bisa sampai binasa pula jika apa yang diucapkannya sudah tidak bisa ditolerir lagi.

Baca Juga : 8 Negara Ini Dipercaya Bakal Menguasai Dunia di Masa Depan

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

Kata-kata juga bisa menjadi sejarah. Misalnya, pidato-pidato tokoh terkenal dunia yang sangat inspiratif, sehingga mampu menggerakkan banyak orang untuk membuat perubahan. Sejarah perjalanan bangsa kita juga dibentuk lewat kata-kata. Tepatnya oleh pidato-pidato para pembesar yang lewat kata-katanya itu akhirnya banyak hal besar terjadi.

Tidak ada sosok yang lebih berpengaruh bagi sebuah negara, selain presidennya. Maka secara tidak langsung, ucapan seseorang yang berkedudukan tinggi seperti ini juga bisa membawa perubahan besar. Dan berikut adalah dereta pidato paling fenomenal yang pernah dilontarkan oleh sosok-sosok memimpin Indonesia.

1. Pidato Soekarno Tantang Malaysia

Ada banyak pidato Bung Karno yang sangat menggemparkan. Misalnya saja ketika beliau menyemangati para pemuda, sampai yang paling kontroversial seperti menyinggung Soeharto mengenai Supersemar. Hampir semuanya fenomenal, tapi tidak ada yang paling berpengaruh kecuali pidato beliau soal Malaysia. Saking populernya pidato ini, jargon “Ganyang Malaysia” masih terus dipakai hingga sekarang.

https://www.youtube.com/watch?v=Z2PCkyUOkos

Pidato ini seringkali dianggap aksi Indonesia atas kelakuan Malaysia yang bikin gregetan. Misalnya penghinaan mereka terhadap presiden dan juga lambang negara kita. Pidato ini sudah ada sejak beberapa dekade lalu, tapi ketika mendengarnya entah kenapa masih ada rasa bergetar ingin berjuang rasanya. Inilah hebatnya kata-kata seorang Putra Fajar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA