Setiap negara tentunya memiliki sebuah istana sebagai tempat tinggal para pemimpinnya. Selain sebagai hunian, tempat tersebut juga dijadikan symbol oleh sebuah negara. Jadi tidak heran apabila banyak istana dibangun dengan menghabiskan dana yang sangat besar. Hal tersebut, tentunya menjadi kewajaran apabila kita melihat fungsinya.

Membicarakan sebuah tempat tinggal pemimpin, Istana Bogor tentu menjadi sebuah hal yang familiar ditelinga kita. Tapi tahukah kalian kalau negara tetangga kita Brunei memiliki istana terbesar di dunia yaitu Nurul Iman yang berdiri pada tahun 1984. Fakta ini tentu membuat Istana Presiden kita itu, tidak ada apa-apanya. Lalu bagaimanakah Istana milik Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin ini sebenarnya? simak ulasan berikut.

Merupakan istana terbesar di muka bumi

Berbicara tentang istana tentunya pasti eksklusif, mewah, dan pastinya luas. Tetapi bagaimana apabila sampai dinobatkan terbesar di muka bumi. Pastinya kita tidak cukup apabila mengukurnya hanya menggunakan meteran saja ya sobat.

Artikel Lainnya
Mengenal Delusion of Grandeur, Penyakit Langka yang Menyerang Ratu Kerajaan Ubur-ubur
Ganas di Lapangan, Pemain Ini Juga Tidak Lupakan Amalan Saat Hari Raya Idhul Adha

Istana Nurul Imam dari Atas [Image source]
Karakteristik tersebut juga ada pada Istana milik Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin ini, yang luasnya mencapai 200.000 meter persegi. Hal ini bahkan membuat tempat tinggal Sultan Brunei di nobatkan sebagai istana terbesar dunia versi Guinnes World Record. Pengukuhan tersebut menjadikan luas Istana Presiden kita atau bahkan luasnya Buckingham di Inggris lewat.

Setiap sudutnya bangunan dilapisi emas

Emas tentu menjadi barang yang mahal harganya. Tapi hal tersebut tidak menjadi masalah untuk orang terlanjur kaya seperti Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin. Pasalnya dengan kekayaan yang dimiliki, dapat melakukan banyak hal. Bahkan memberiakan sentuhan emas pada bagian sudut di istananya.

Teman Singgahsana Raja [Image source]
Beberapa emas terpasang pada bagian luar istana dan berbagai sudut di kediaman Sultan Brunei tersebut. Hal ini menambah sisi glamor pada dalam dan luar istana. Orang yang medesain bangunan itu adalah arsitektur ternama Filiphina Leandro V Locsin. Kalau dibandingkan dengan Istana pada negara kita, tentu Nurul Iman tidak kalah hebatn ya sobat.

Fasilitas Istananya lebih hebat dari tempat tinggal Presiden kita

Besarnya istana Nurul Iman tentu bukan hanya kabar burung saja. Karena hal tersebut menjadikan rumah Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin kaya akan fasilitas di dalamnya. Bangunan tersebut dilengkapi 1.788 buah kamar, 257 kamar mandi, 18 lift dan ditambah ruang pertemuan yang sanggup menampung 4000 orang.

Di dalam Istana [Image source]
Terdapat pula 5 kolam renang, ditambah lapangan olahraga dan garasi super besar yang mampu menampung 110 buah mobil koleksinya. Dan apabila dibandingkan dengan Istana bogor tentu sangat jauh, karena  jumlahnya saja tidak mampu menyamai kediaman Sultan Brunei itu. Hal ini tentu menujukan bahwa Nurul Iman yang dibangun pada tahun 1984 itu lebih besar dan megah.

Keindahan Interior bangunan membuat orang takjub

Istana megah dan fasilitas jempolan tentu membuat siapa saja ingin tinggal di dalamnya. Tetapi bagaimana jadinya kehebatan tersebut ditambah dengan keindahan interiornya, pastinya membuat banyak istana lain tidak mampu menandinginya. Bertempat di Brunei membuat rumah tinggal Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin memiliki gaya arsitektur Islam-Melayu-klasik.

Interior dalam Istana [Image source]
Tentu suatu hal yang wajar apabila gaya tersebut dipilih, karena budaya islam dan melayu sangat Kental di sana. Bahkan untuk menambah kesan islami, pada salah satu sudut istana terdapat masjid yang mampu menampung 1.500 jama’ah. Tetapi sangat disayangkan tempat ini tidak di buka untuk umum. Hanya baru saat peringatan Idul Fitri saja masyarakat sana boleh masuk.

Simbol kehebatan sang Raja Brunei

Pada tahun 1984 berdirilah istana Nurul Iman yang menghabiskan dana sekitar 1,4 milyar dollar (15 trilyun). Dana yang sangat fantastis untuk sebuah pembangunan istana. Jumlah uang tersebut, tentunya menunjukkan bagaimana sang raja Sultan Sultan Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin benar-benar orang yang kaya. Selain itu bangunan luas bermeter-meter tersebut, juga adalah symbol bagaimana hebatnya Raja dari negeri tetangga tetangga kita itu.

Mobil Istana Brunei [Inage source]
Hal ini tetntu merupakan suatu hal yang wajar. Mengingat Brunei sendiri merupakan negara monarki yang dipimpin seorang Sultan. Sehingga menjadikan kepala negaranya tersebut harus berusaha menunjukkan kehebatan pada rakyatnya untuk mencari simpati.  Dan berdampak kepada adanya dukungan dari berbagi macam kebijakan untuk memajukan Brunei itu sendiri.

Kehebatan Istana Brunei Nurul Iman tentunya sangatlah wajar. Karena didukung oleh negaranya yang kaya dan juga jumlah penduduknya sedikit. Menyebabkan banyak dana dapat disalurkan kepada hal tersebut. Kemegahan istana tentunya menjadi sebuah lambang bagaimana kemakmuran di sana. Dan dapat menjadi symbol bagaimana hebatnya negara tetangga kita itu di mata dunia. Semoga Indonesia bisa berjaya walaupun tidak memiliki istana sebesar cerita di atas ya sobat