Olahraga

Sangarnya Pencak Silat, Olahraga Leluhur yang Mampu Embat Semua Emas Asian Games 2018

Dari banyaknya cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Asian Games 2018 bisa dibilang tidak banyak cabor yang asli dari warisan leluhur kita. Tercatat, hanya ada dua bidang olahraga yang asli berasal dari tanah air yakni sepak takraw dan pencak silat. Kendati jumlahnya sedikit, namun prestasi atletnya tidaklah bisa dianggap enteng. Malahan jika dibandingkan dengan olahraga impor macam sepak bola, tenis, dan lainnya, mereka sangat jauh di atas.

Kiprah menawan pencak silat memanglah luar biasa. Medali-medali yang berhasil mereka sumbangkan juga menjadi booster yang mampu meroketkan nama Indonesia di urutan lima klasemen umum Asian Games 2018. Lewat pencak silat negara kita sukses merengkuh delapan kali medali emas. Seperti apakah hebatnya cabang seni gerak tubuh satu ini di Asian Games? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Pencak silat yang menyapu bersih semua medali emas Asian Games

Luar biasa, agaknya menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan aksi para atlet pencak silat di ajang ini. Mereka yang berlaga di berbagai kategori kelas sukses menunjukan penampilan hebat. Bahkan ditangan mereka banyak negara tetangga yang menjadi lawan tidak berkutik dibuatnya.

Menyabet bergam medali Asian Games 2018 [Sumber Gambar]
Bahkan performa bagus yang mereka tunjukkan membuat para pesilat tanah air hampir tidak pernah tersentuh kekalahan. Kalau mengambil istilah permainan game Mobile Legend, prestasi yang mereka torehkan masuk kategori legendary. Alhasil berkat hal tersebut para atlet silat kebanggaan kita ini sukses merengkuh delapan kali medali emas dan satu kali perunggu. Hebat bukan?

Cabor baru di Asian Games yang meraih sukses besar

Sebagai salah satu olahraga yang dilombakan di ajang ini pencak silat bisa dikatakan merupakan cabor yang masuk kategori newbie (baru). Kendati sebagai debutan, namun performa mereka bisa disamakan dengan Thanos di film Avenger Infinity War yakni merajai.

Pencak silat merupakan cabor baru di Asian Games 2018 [Sumber Gambar]
Seperti yang telah disinggung poin pertama tadi para pesilat tersebut sukses menyapu bersih semua medali yang ada. Bila dibandingkan dengan cabor lain yang dikirim Indonesia di ajang ini, para atlet pencak silat menduduki peringkat pertama sebagai penyumbang emas terbanyak. Besar harapan apabila kegemilangan ini akan berlanjut di event-event besar olahraga lain.

Hal inilah yang menjadi kunci sukses atlet pencak silat

Tidak ada kesuksesan tanpa latihan, agaknya menjadi sebuah quote yang juga diterapkan oleh para atlet cabor ini dalam meraih sukses. Kendati bertanding di rumah sendiri, namun persiapan mereka dalam menyambut Asian Games 2018 ini tetaplah keras. Dilansir laman Liputan 6, para pesilat tersebut melakukan sebuah pemusatan latihan dan serangkaian test event.

Berlatih [Sumber Gambar]
Dalam masa-masa tersebut, potensi besar atlet pencak silat bisa dibilang terus menunjukkan tajinya. Serangkaian test event yang mereka ikuti sukses dibawa pulang medalinya. Seperti salah contohnya, ketika para atlet silat tanah air merebut 11 emas dari 16 kelas pada kejuaraan yang digelar di  pedepokan Taman Mini Indonesia Indah bulan Juni 2018 lalu. Selain kompetisi lokal, para pendekar tersebut juga melakukan uji coba di Belgia.

Kerap menjadi cabor andalan Indonesia di kejuaraan olahraga

‘Andalan’ agaknya bukanlah sebuah kata berlebih untuk menggambarkan cabor satu ini. Sebagai bidang olahraga yang berasal dari warisan leluhur, pencak silat bisa dibilang kerap sekali menyumbangkan prestasi hebat untuk bangsa. Selain di Asian Games 2018 seperti sekarang, rupanya silat juga sempat mengharumkan nama Indonesia di  SEA Games tahun 2017 lalu.

juara di SEA Games kuala lumpur [Sumber Gambar]
Berlaga di Negeri Jiran, Wewey Wita dan kawan-kawan berhasil menyumbang 2 emas, 4 perak, dan 9 medali perunggu. Sebuah pencapaian yang juga membuktikan bagaimana hebatnya olahraga satu ini. Pencak silat sendiri, sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tapi baru tahun 1948 lewat IPSI,seni bela diri warisan leluhur tersebut mempunyai induk organisasi.

Bila melihat Asian Games 2018 budaya warisan leluhur memang tidak henti-hentinya membuat kagum kita semua. Apabila di pembukaan ada tari-tari atau budaya daerah yang menjadikan orang manca takjub. Kali ini giliran pencak silat yang unjuk gigi dengan sapu bersih semua medali. Melihat hal tersebut apa kalian masih berani nih menyianyiakan budaya leluhur? Kalau aku sih ya tidak, wong potensinya sangat besar.

Share
Published by
Galih

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

15 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago