Penangkapan Para Petinggi FIFA, Pukulan Keras Bagi Organisasi

oleh Adys Disty
03:15 AM on Jun 3, 2015
FIFA via bbc
FIFA via bbc

Dugaan korupsi, penyuapan, hingga pemerasan yang berujung pada penangkapan beberapa pimpinan FIFA telah mencoreng citra Federasi Sepak Bola Dunia. Dalam insiden itu, kurang lebih ada sembilan nama diantaranya Jeffrey Webb yang menjabat sebagai Wakil Presiden FIFA dan Ketua Federasi Concacaf yang mencakup Amerika Utara dan Tengah.

Proses penangkapan diawali saat para penegak hukum Swiss mendatangi hotel bintang lima bernama Baur au Lac. Di hotel tersebut, para pejabat tinggi FIFA menginap selama di Zurich untuk menghadiri kongres untuk pemilihan Presiden FIFA yang baru. Tiba-tiba aparat datang ke kamar-kamar pejabat yang akan ditangkap dalam kasus tindak pidana korupsi itu. Proses penangkapan ini berlangsung tanpa perlawanan.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tuduhan diajukan berdasarkan penyelidikan Badan Penyelidik Federal, FBI terkait korupsi di FIFA selama dua dekade terakhir. Di antaranya adalah penentuan tuan rumah Piala Dunia, kesepakatan pemasaran dan penyiaran. Surat dakwaan tersebut menyebut 14 orang terlibat dalam tindak pidana pemerasan, transfer uang ilegal, dan persekongkolan untuk melakukan pencucian uang yang melibatkan puluhan juta dolar selama waktu 24 tahun.

Selain itu, surat dakwaan tersebut juga menuduh sejumlah pejabat perusahaan pemasaran olahraga dari Amerika Serikat dan Amerika Selatan membayar uang suap dengan nilai total mencapai lebih dari USD 150 juta atau setara Rp 1,9 triliun, dengan imbalan mendapatkan kesepakatan media turnamen-turnamen besar sepakbola mulai tahun 1991.

Nama-nama pejabat yang ditangkap yakni Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Eugenio Figuerido, Rafael Esquivel, dan Jose Maria Marin. Sementara itu Jaksa penuntut di Swiss juga telah membuka investigasi secara terpisah untuk menelusuri proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 di Rusia dan 2022 di Qatar.

Penangkapan tersebut tentu saja menjadi pukulan keras bagi Badan Sepak Bola Dunia FIFA, organisasi bernilai miliaran dolar yang mengatur cabang olahraga paling populer di dunia ini dan selama beberapa dekade terakhir selalu dihujani tuduhan penyuapan, pencucian uang, pemerasan dan penipuan transaksa selama 20 tahun terakhir.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA