Bangun Pembangkit Listrik 10.000 MW, PLN Anggarkan Rp 70 Triliun

oleh Alfry
09:24 AM on Jan 7, 2015

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir mengatakan bahawa pada tahun ini perseroan akan mengalokasikan anggaran dana sebesar Rp 70 triliun untuk belanja modal. Dana tersebut dibutuhkan untuk mencicil pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 10.000 MW yang ditargetkan akan selesai dalam 5 tahun ke depan.

Untuk memenuhi anggaran belanja modal tersebut, PLN akan menggunakan kas internal perusahaan, pinjaman bilateral dan multilateral, penyertaan modal negara (PMN), kredit perbankan, maupun penerbitan obligasi.

Baca Juga
Inilah 17 Potret Transformasi Chelsea Islan, Kata Netizen: “Kecantikan yang Hakiki”
Youtuber Ini Bikin Sosial Eksperimen Tentang Cewek Matre, Endingnya Bikin Ngelus Dada

Bangun Pembangkit Listrik 10.000 MW, PLN Anggarkan Rp 70 Triliun
Bangun Pembangkit Listrik 10.000 MW, PLN Anggarkan Rp 70 Triliun

Sofyan mengatakan untuk pembiayaan pembangunan pembangkit listrik itu, PLN juga akan dianggarkan dari dari pinjaman pihak swasta dan penerbitan obligasi serta Penyertaan Modal Negara (PMN).

“Sekitar Rp70 triliun. Itu rencana, baru akan didiskusikan secara detail. Kita akan menggodok kembali dengan tim direksi. Obligasi bisa dalam negeri, bisa juga luar negeri. Sekitar 3 bulan ke depan lah, kuartal II/2015,” katanya di kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/1).

Dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi tersebut akan digunakan untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan jaringan transmisi listrik di seluruh Indonesia. Sebagai perusahaan pelat merah, PLN menjadi BUMN yang diandalkan pemerintah untuk mencapai target pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW dalam 5 tahun ke depan.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan pihaknya akan memastikan kebutuhan yang diminta PLN terpenuhi. Menurutnya saat ini yang terpenting adalah semua proyek PLN yang dibiayai bisa berjalan sesuai rencana.

“Sehingga target yang dibebankan untuk membangun pembangkit listrik dan memperluas jaringan listrik bisa tercapai,” jelasnya.

Untuk 2015, pemerintah menargetkan akan ada sekitar 10-15 proyek PLN yang akan dibiayai oleh PMN, yang akan diajukan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBN-P).

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA