in

Beto Goncalves sampai Septian David, Inilah 5 ‘Berlian’ yang Ada di Tim Degradasi Liga 1

Bagi Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan PSMS Medan nasib turun kasta menjadi hal yang tidaklah bisa dihindarkan. Menduduki posisi tiga terbawah dengan poin yang minim menjadi penyebabnya. Sebagai kesebelasan sebetulnya mereka bukanlah sebuah tim yang bisa dianggap remeh. Apalagi kalau kita membicarakan sejarahnya, capaian bisa dibilang gemilang. Seperti contoh Sriwijaya yang sukses memenangkan trofi Piala Indonesia tiga kali berturut-turut.

Sedangkan, PSMS sukses membuat beberapa klub luar negeri bertandang ke Medan pulang dengan tangan hampa. Selain kisah indah masa lalu, tim-tim tersebut juga mempunyai pemain-pemain yang mumpuni untuk direkrut. Seperti halnya berlian bintang sekelas Beto atau David jelas mampu ‘menggilapkan’ penampilan sebuah tim kasta atas yang pastinya mulai bersiap menyambut Liga 12019/2020.

Melihat fakta tersebut, Boombastis akan memberikan ulasan pemain hebat yang bisa diamankan jasanya untuk menyambut kompetisi ke depan. Siapa sajakah mereka? Simak ulasannya berikut ini.

Esteban Viscarra, Naturalisasi mempunyai skill di atas rata-rata

Melihat track recond-nya selama ini dengan mampu bertaji di sejumlah klub yang di bela, tidak salah kalau ia menjadi pemain dari tim degradasi banyak diminanti. Apalagi, ia juga merupakan sosok legiun asing yang mempunyai kemampuan skill di atas rata-rata. Dari penelusuran penulis, selama berkarier di tanah air, pria 32 tahun sudah menyumbang 52 gol.

Esteban Viscara [Sumber Gambar]
Torehan yang membuktikan kalau ia juga hebat dalam urusan merobek jalan lawan. Statusnya yang sudah menjadi WNI juga bisa menjadi keuntungan sendiri untuk klub-klub yang ingin merekrutnya. Alasannya tentu, slot pemain asing tidak berkurang meski kedatangan Viscarra. Selain itu, nama lain seperti Bio Paulin, Beto juga bisa dipakai jasanya apabila sebuah menginginkan jasa naturalisasi.

Pemain terbaik Asia milik Sriwijaya FC Manuchehr Jalilov

Selain nama Viscara, Manuchehr Jalilov juga menjadi pemain lain yang bisa dipertimbangkan untuk direkrut. Meski sempat alami penurunan performa di akhir Liga 1, namun secara potensi dia adalah penyerang dengan bakat besar. Hal ini dibuktikan dengan bagaimana kontrol dan skill olah bolanya kerap merepotkan pemain bertahan yang menjaganya.

Manu Jalilov [Sumber Gambar]

Tidak berhenti disitu saja, pemain asal Tajikistan ini juga mempunyai label sebagai pemain terbaik Asia. Melansir laman Football-Tribe.com, capain tersebut didapatkan ketika ia bermain luar biasa dengan membawa klubnya Istiklol lolos ke Final AFC Cup 2017. Penyerang ini juga sempat menjadi top skore Liga Tajikistan selama tiga musim berturut-turut. Lewat potensinya, jelas tim-tim harus segera mengamankan jasanya.

Tim degradasi juga menyimpan berlian dengan label Timnas

Pemain-pemain dengan label Timnas juga menjadi berlian berharga di tubuh beberapa Tim yang kini harus rela alami degradasi. Meski namanya tidak se-mentereng punggawa asing, namun layaknya Jalilov tadi, mereka mempunyai potensi besar. Dan apabila terus diasah sangatlah berpeluang menjadi bagian penting di kesebelasan yang dibelanya.

Aksi Lutfi Kamal lawan Borneo FC [Sumber Gambar]
Pemain Timnas yang bisa direkrut dari beberapa kesebelasan degradasi adalah Syahrian Abimayu, Lutfi Kamal, dan Zulfiandi. Khusus nama terakhir itu tentu kemampuan tidak perlu diragukan. Selain handal sebagai gelandang, ia juga mempunyai pengalaman manis dengan sempat membantu Bayangkara FC menjuarai Liga 1 musim 2017/2018.

Kiper handal milik PSMS dan Sriwijaya

Masih terkait masalah ini, pos penjaga gawang juga menyimpan beberapa pemain dengan kualitas jempolan. Terkhusus, kiper utama yang ada di kesebelasan PSMS dan Sriwijaya FC. Seperti yang telah banyak kalian ketahui, baik Teja Paku Alam atau Abdul Rohim sama-sama merupakan jagoan di bawah mistar yang mampu menghindarkan tim dari kebobolan.

Kiper PSMS [Sumber Gambar]
Ditambah umur mereka yang masih muda dengan berada disekitaran 20-an ke atas, kedua penjaga gawang tersebut bisa menjadi masa depan bagus klub yang ingin merekrutnya. Selain Teja dan Rohim, kiper lain mempunyai bakat hebat di tim degradasi adalah Yoo Jae-Hoon. Pemain yang sudah merasakan manisnya gelar juara bersama Persipura Jayapura.

Pemain lokal dan impor yang dipunyai Mitra Kukar

Selain beberapa nama tadi, pemain lokal dan manca milik tim asal Kalimantan Mitra Kukar juga layak masuk daftar di ulasan ini. Seperti salah satu contohnya adalah Anindito Wahyu yang sudah kreasikan satu gol dan empat assist di Liga 1 musim ini. Selain itu, juga ada Dedi Gusmawan, Dedi Hartono, Bayu Pradana, dan Hendra Bayauw yang masing-masing mempunyai kemampuan bagus.

Pemain Mitra Kukar [Sumber Gambar]
Sedangkan untuk pemain impornya ada sosok Fernando Rodríguez, penyerang tajam asal Spanyol yang menunjukkan penampilan bagus di musim ini. Tercatat, pria 31 tahun ini telah menciptakan 15 gol di awal kariernya merumput di kompetisi tanah air. Torehan itu juga membuatnya masuk daftar skore Liga 1.

BACA JUGA: Kalahkan Klub Belanda sampai Double Gelar, Ini Lho Capaian Emas Tim-tim Degradasi Liga 1

Begitulah sobat Boombastis nama-nama yang menjadi berlian yang ada di kesebelasan terdegradasi. Kira-kira kalian pilih yang mana nih? Kalau aku Manu Jalilov, karena merupakan pemain Asia. Selain mereka sebetulnya pemain hebat harus turun kasta masih banyak jumlahnya. Seperti contohnya pemain asing PSMS Medan Reinaldo Lobo, atau yang lokal Frets Butuan dan Abdul Aziz.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Dilahirkan Tanpa Kelopak Mata, Bocah Asal Jawa Timur Ini Viral Karena Memiliki Suara Emas

Pria Bacok Petugas PLN karena Sering Padam, Sebrutal Inikah Penyelesaian Soal Listrik?