Salah satu resiko menjadi pemain bola top adalah karir mereka yang bisa jatuh kapan saja. Seperti yang dialami pemain Asamoah Gyan yang beberapa waktu lalu dikabarkan mengalami kebangkrutan. Dari yang awalnya kaya raya bisa langsung berubah jadi sangat menderita.

Ternyata Asamoah Gyan tidak sendiri, karena sebelumnya juga banyak pemain bola top yang terpaksa gulung  tikar karena juga mengalami kebangkrutan bahkan sampai terlilit dengan hutang. Lalu siapa sajakah mereka itu? Simak ulasan berikut.

Pernah punya mobil emas, sekarang dikabarkan bangkrut

Hidup ibarat roda, mungkin kalimat itulah yang tepat untuk kisah dari pemain bola Asamoah Gyan. Bagaimana tidak, pasalnya dirinya dikabarkan sedang mengalami kebangkrutan. Bahkan dalam tabungan rekeningnya di bank hanya ditemukan uang 11 juta di mana angka itu tak cukup untuk memenuhi kebutuhan mendatang.

Asamoah Gyan pernah jaya [sumber gambar]
Padahal dulunya pemain ini pernah memiliki mobil Rolls-Royce dari emas. Bahkan dirinya juga sempat digaji 4 Miliar lebih tiap minggunya dari klub Shanghai SIPG. Sampai saat ini penyerang asal Ghana itu tetap diam tidak berkomentar mengenai pemberitaan yang sudah banyak menyebar di telinga masyarakat.

Legenda dunia yang juga sempat dinyatakan pailit

Siapa yang tak kenal dengan Diego Maradona, bahkan untuk mereka yang tak kenal sepak bola pun pasti tahu dirinya. Kiprahnya di dunia sepak bola sempat membuat dirinya jadi salah satu pemain dengan gaji yang sangat fantastis. Oleh sebab itu pria ini sempat memecahkan rekor transfer dunia  pada tahun 2009.

Maradaona sempat bangkrut [sumber gambar]
Namun sepertinya tak selamanya kesuksesan menyertainya, pasalnya pria ini juga sempat dinyatakan bangkrut. Hal ini diketahui setelah otoritas pajak Italia meminta uang pajak tunggakan sebesar Rp 776 Miliar pada dirinya. Sejak saat itulah namanya mulai redup dari dunia sepak bola namun kembali lagi menjadi seorang pelatih di lapangan hijau.

David James pernah jaya akhirnya bangkrut juga

Pun demikian dengan nasib kiper asal Inggris ini yang sepertinya juga menyusul yang lainnya masalah nasib yang berubah. Penghasilan dari kiper ini dulunya bisa mencapai  Rp 369 Miliar lebih pada masa jaya dan tentu bikin kehidupannya super mewah.

David Jame kala jaya [sumber gambar]
Akan tetapi karena adanya beberapa masalah yang menjerat membuat 180 derajat kehidupannya berubah drastis. Salah satunya adalah masalah perceraiannya dengan istrinya hingga menghabiskan biaya sampai 3 juta Pound. Akhirnya David James bekerja sebagai pandit dalam sebuah stastiun televisi untuk menganalisis jalannya pertandingan bola yang sedang live atau siaran tunda.

Riise yang bangkrut karena penggelapan

Kisah terakhir berasal dari salah satu pemain sepak bola top lainnya John Arne Riise. Namanya mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta sepak bola. Apalagi mengingat dirinya ketika bersama Liverpool sempat jadi juara di Liga Champion. Namun rupanya nasib berkata lain soal kejayaan pemain bek ini pasalnya dirinya diketahui mengalami kebangkrutan.

Riise kena kasus penggelapan [sumber gambar]
Padahal dulunya dia sempat mendapatkan bayaran 900 juta per pekan pada masa jaya. Namun karena terlibat kasus penggelapan uang senilai 55 Miliar, dirinya jadi ikut terseret dengan hutang sebesar 1 Miliar rupiah. Sejak saat itulah nama Riise tak lagi cemerlang seperti dulu karena masa jayanya dianggap telah berakhir.

BACA JUGA: Saingi Faiq Bolkiah, Inilah Pemain Terkaya di Dunia yang Kekayaannya Sanggup Bangun Monas

Dari kisah mereka kita belajar kalau memang kehidupan bisa berputar begitu saja. Dari yang awalnya kaya raya bisa jadi langsung bangkrut dan jatuh miskin. Oleh sebab itu setiap waktu yang diberikan mestilah kita gunakan dengan baik terutama untuk investasi masa depan.