Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden Jokowi-JK

oleh Alfry
11:51 AM on Oct 21, 2014

Pelantikan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia berlangsung pada Senin, 20 Oktober 2014. Joko Widodo resmi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia ketujuh periode 2014-2019 dalam sidang paripurna MPR di Senayan pada pukul 10.12 WIB.

Jokowi-JK diminta mengucapkan sumpah jabatan di hadapan anggota MPR. Dipastikan oleh para presiden terdahulu, ketua umum partai politik, pemimpin serta utusan negara sahabat akan menjadi saksi pembacaan sumpah Presiden dan Wakil Presiden yang baru.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Pelantikan presiden Jokowi-JK
Pelantikan presiden Jokowi-JK

Setelah membacakan sumpah dan janjinya, Jokowi dipersilakan oleh pembawa acara duduk di bangku Presiden. Jokowi langsung disambut Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden dua periode berturut-turut tahun 2004-2009 dan 2009-2014 tersebut, menyambutnya dengan rangkulan dan pelukan. Usai berpelukan, mereka lantas duduk berdampingan.

Mantan Presiden tersebut terlihat meneteskan air mata menahan haru saat Jokowi duduk berdampingan dengan dirinya. SBY lantas bertepuk tangan membalas tepuk tangan peserta paripurna dan sejumlah tamu yang hadir.

Jokowi dilaporkan akan tinggal di Istana Negara setelah pelantikannya. Sekitar 24.000 personil tentara dan polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan pelantikan Jokowi-JK.

Usai pelantikan, Jokowi bertolak menuju ke Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Negara dalam rangkaian acara selanjutnya yang disebut dengan Kirab Budaya. Di Istana Negara, SBY melakukan serah terima jabatan kepada Jokowi. Acara ini baru pertama kali dilakukan sepanjang sejarah pelantikan Kepresidenan Republik Indonesia.

Setelah acara resmi, sukarelawan Jokowi telah menyiapkan pesta rakyat yang dipusatkan di Monas, yang dihadiri oleh sekitar 100.000 orang. Jokowi akan menyapa rakyat Indonesia untuk pertama kalinya dalam kapasitas sebagai presiden Indonesia dalam acara ini.

Baca Juga: 5 Upacara Pelantikan Presiden Yang Unik Dari Seluruh Dunia

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA