Sebagai negara yang besar, hingga dijuluki sebagai negara “Super Power” ternyata menjadi Amerika jadi sedikit “nakal”. Pasalnya banyak sekali kebijakan yang dibuat Amerika justru menyusahkan banyak sekali orang. Bahkan kebijakan yang dilakukan Amerika itu melanggar Hak Asasi Manusia atau HAM yang cukup berat.

Baca Juga :  Pelanggaran Hukum Yang Tanpa Sadar Sering Kita Lakukan

Tapi ya namanya negara berkuasa. Tentu mereka memiliki yang namanya “imunitas” terhadap hukum internasional. Tak ada lembaga yang bisa menyeret Amerika di pengadilan karena apa yang mereka lakukan selalu dianggap benar.

Inilah beberapa pelanggaran yang dilakukan Amerika kepada dunia!

1. Perang Irak (2003-2011)

Pasca penyerangan yang dilakukan teroris di WTC pada tahun 2001, Amerika menjadi negara yang sangat berang. Negara ini kerap melakukan pelanggaran HAM dengan kedok sebuah pembebasan. Dalam misi yang dinamai “Misi Pembebasan Irak” ini Amerika sukses membuat sekitar 1,3 juta warga Irak mati tak berdosa.

Perang Irak [image source]
Perang Irak [image source]
Amerika dan sekutunya sangat membabi buta dalam membantai Saddam Husein. Misi ini juga diembel-embeli mencari senjata pemusnah massal. Namun dalam misinya, warga sipil yang tak berdosa justru dianggap seperti sampah yang bisa diapakan saja. Tidak dilindungi seperti semboyannya.

Lembaga Amnesti Internasional bahkan mengatakan jika kejadian di Irak selama 8 tahun adalah pelanggaran HAM terberat selama 50 tahun terakhir. Amerika benar-benar membuat Irak hancur berkeping-keping tanpa menyisakan apa-apa.

2. Perang Afganistan (2001- Sekarang)

Misi dari Amerika adalah menghancurkan Osama Bin Ladden yang membuat WTC rata dengan tanah. Akhirnya Amerika dan sekutunya menyerbu Afganistan dengan tajuk, “Operasi Kebebasan Afganistan”. Namun nyatanya ada puluhan ribu warga sipil yang terbunuh dalam misi  yang tak selesai hingga sekarang.

Perang Afganistan [image source]
Perang Afganistan [image source]
Tentara Amerika dan sekutunya banyak menculik orang yang dianggap sebagai teroris. Mereka diinterograsi dengan disiksa. Tak jarang banyak sekal warga mati karena siksaan yang dilakukan tentara. Pelanggaran HAM di Afganistan sangat berat namun terus dilakukan hingga sekarang.

3. Penjara Guantanamo

Penjara Guantanamo adalah penjara paling mengerikan di seluruh dunia. Jika masuk ke tempat ini akhirnya nasib sudah selesai. Mengapa demikian? Karena di Guantanamo manusia tidak dianggap lagi menjadi manusia. Mereka akan diperlakukan seperti hewan yang tak memiliki hak untuk hidup dan mendapatkan pengadilan yang sangat layak.

Penjara Guantanamo [image source]
Penjara Guantanamo [image source]
Amerika kerap menculik siapa saja yang dianggap berbahaya. Orang yang diculik ini langsung dijebloskan ke penjara tanpa ada proses hukum. Bahkan langsung diinterograsi dengan siksaan. Banyak sekali orang dari Irak dan Afganistan yang diboyong ke sana. Lembaga HAM dunia menganggap penjara Guantanamo sebagai neraka. Pusat pelanggaran HAM yang masih dipertahankan Amerika.

4. Pelanggaran Rasial Kepada Warga

Penduduk Amerika sejatinya adalah pendatang di benua besar itu. Orang asli yang ada di sana adalah Indian dan suku lainnya. Mereka saat itu dijajah dan dihilangkan haknya. Tanah dirampas, hingga dianggap sebagai pemberontak, akhirnya banyak warga pribumi yang rela dipenjara atau mati dengan sia-sia.

Kasus rasial [image source]
Kasus rasial [image source]
Selain warga pribumi, pelanggaran rasial juga dialami oleh warga keturunan Afrika dengan kulit gelap. Mereka dianggap orang yang tak pantas hidup di kalangan atas. Akhirnya banyak dari mereka dikirim menjadi budak dan diperlakukan seperti hewan. Kejadian itu benar-benar pelanggaran HAM berat yang layak diadili.

Tapi, Amerika terlalu kuat untuk sekadar dianggap salah!

5. Membantu Israel Dengan Dana Militer

Pelanggaran HAM ini memang tak secara langsung dilakukan Amerika. Namun dengan miliaran dolar pertahun dalam pengembangan militer Israel rasa cukup mengukuhkan Amerika sebagai biang kerok. Bagaimana tidak, dengan bantuan Amerika itu Israel semakin kuat dalam mencaplok wilayah Palestina dan membantai siapa saja dengan dalih melawan separatis.

Tentara Israel [image source]
Tentara Israel [image source]
Kasus Israel dan Palestina tidak akan bisa selesai dengan mudah. Hal ini terjadi karena Amerika menjadi backing dari Israel. Bahkan kasus perang yang melanggar Ham pun dianggap benar oleh Amerika. Lantas bagaimana dengan rakyat sipil? Apakah mereka hanya harus menunggu kematian saja?

6. Punya Senjata Nuklir yang Banyak

Saat Korea Utara mengumumkan proyek senjata nuklirnya, Amerika adalah negara yang paling berang. Pasalnya mereka takut akan diserang oleh Korea Utara. Kim Jong-un yang diktator itu benci setengah mati dengan Amerika. Di tengah protes yang dipimpinnya, sejatinya Amerika sendiri mengembangkan banyak sekali senjata nuklir.

Senjata Nuklir [image source]
Senjata Nuklir [image source]
Senjata nuklir ini sangat berbahaya, bahkan mampu membunuh banyak orang dalam sekali tembakan. Dengan pengembangan senjata pemusnah massal ini. Orang di seluruh dunia jadi tidak aman. Padahal Amerika sangat mencanangkan yang namanya konsep HAM yaitu perlindungan hak individu. Tapi faktanya?

7. Menyadap Jalur Komunikasi dan Memata-matai Negara Lain

Mantan anggota FBI bernama Tim Clemente pernah mengatakan begini kepada media: Selamat datang di Amerika, Negara di mana kamu tak memiliki rahasia. Dan memang benar, banyak sekali akses ponsel entah itu telepon atau pesan singkat yang disadap oleh Amerika. Mereka biasanya bekerja dengan penyedia layanan telepon untuk memata-matai siapa saja.

Memata-matai [image source]
Memata-matai [image source]
Selain menyadap telepon, Amerika juga kerap mengirim banyak intelnya ke berbagai negara. Intel ini akan mengamati dengan diam-diam lalu melaporkannya kepada Amerika. Apa yang dilakukan Amerika ini sejatinya adalah pelanggaran HAM. Bahkan pada suatu kasus Presiden Prancis sampai marah-marah hingga Obama harus menelepon langsung untuk menenangkan.

Baca Juga : Fakta Miris 5 Negara Termiskin di Dunia

Itulah tujuh pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan oleh Amerika kepada dunia. Meski banyak yang tahu, bahkan mengkritisinya, Amerika masih tegak tak terkalahkan. Menurut anda, seharusnya Amerika dihukum seperti apa atas kasus pelanggaran HAM mengerikan ini!