in

7 Kasus Pelanggaran HAM yang Dilakukan Amerika Kepada Dunia!

pelanggaran HAM AMerika [image source]

Sebagai negara yang besar, hingga dijuluki sebagai negara “Super Power” ternyata menjadi Amerika jadi sedikit “nakal”. Pasalnya banyak sekali kebijakan yang dibuat Amerika justru menyusahkan banyak sekali orang. Bahkan kebijakan yang dilakukan Amerika itu melanggar Hak Asasi Manusia atau HAM yang cukup berat.

Baca Juga :  Pelanggaran Hukum Yang Tanpa Sadar Sering Kita Lakukan

Tapi ya namanya negara berkuasa. Tentu mereka memiliki yang namanya “imunitas” terhadap hukum internasional. Tak ada lembaga yang bisa menyeret Amerika di pengadilan karena apa yang mereka lakukan selalu dianggap benar.

Inilah beberapa pelanggaran yang dilakukan Amerika kepada dunia!

1. Perang Irak (2003-2011)

Pasca penyerangan yang dilakukan teroris di WTC pada tahun 2001, Amerika menjadi negara yang sangat berang. Negara ini kerap melakukan pelanggaran HAM dengan kedok sebuah pembebasan. Dalam misi yang dinamai “Misi Pembebasan Irak” ini Amerika sukses membuat sekitar 1,3 juta warga Irak mati tak berdosa.

Perang Irak [image source]
Perang Irak [image source]
Amerika dan sekutunya sangat membabi buta dalam membantai Saddam Husein. Misi ini juga diembel-embeli mencari senjata pemusnah massal. Namun dalam misinya, warga sipil yang tak berdosa justru dianggap seperti sampah yang bisa diapakan saja. Tidak dilindungi seperti semboyannya.

Lembaga Amnesti Internasional bahkan mengatakan jika kejadian di Irak selama 8 tahun adalah pelanggaran HAM terberat selama 50 tahun terakhir. Amerika benar-benar membuat Irak hancur berkeping-keping tanpa menyisakan apa-apa.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

hidayah

4 Ciri Seseorang yang Mendapatkan Nikmat Hidayah dari Allah

4 Pernikahan Sejenis yang Pernah Bikin Geger Indonesia