Pekerjaan yang kita lakukan tidak hanya memberikan kita pemasukan dan juga pengalaman. Pekerjaan yang kita lakukan juga memberikan beberapa risiko yang kadang mengerikan dan mengancam nyawa. Misal pekerjaan dari seorang sopir bus. Dia sangat rentang mengalami kecelakaan dibandingkan petani yang melakukan pekerjaannya di sawah.

Meski di sawah kelihatannya aman, seorang petani juga masih berisiko bertemu dengan ular berbisa yang bisa saja mematuk atau tersambar petir kalau melakukan pekerjaan di hari hujan. Oh ya, selain risiko yang telah disebutkan sebagai contoh di atas, ada juga loh pekerjaan yang membuat pekerjaannya rentan terkena kanker. Simak yuk pekerjaan apa sajakah itu?

1. Petani

Petani [image source]
Petani [image source]
Ya, Anda tidak sedang salah membaca. Petani memiliki risiko yang cukup tinggi kemasukan zat karsinogenik dan terkena kanker. Fakta ini mungkin terlihat aneh dan mencengangkan. Namun, 35% wanita yang bekerja pada sektor ini mengalami yang namanya kanker payudara. Selain itu, pria yang bergerak di bidang ini juga rentan terkena kanker paru-paru. Akar permasalahan dari kanker yang menyerang petani ini adalah penggunaan pestisida dan obat kimia lain untuk tanaman yang ada di sawah. Kalau masih mau bekerja sebagai petani, selalulah memakai peralatan yang tepat agar zat kimia tidak masuk ke dalam tubuh.

2. Mekanik Kendaraan

mekanik kendaraan [image source]
mekanik kendaraan [image source]
Mekanik kendaraan baik roda dua dan empat memiliki kecenderungan untuk terkena kanker. Hal ini bisa terjadi karena mereka bekerja di lingkungan yang penuh dengan partikel karsinogenik. Saat membersihkan komponen dari kendaraan, mekanik suka sekali menggunakan cairan seperti bensin san sejenisnya. Bahan ini jika terkena tubuh dan terhirup secara terus-menerus akan menyebabkan timbulnya sel abnormal di dalam tubuh sehingga kanker seperti Leukimia masih bisa terjadi.

3. Pekerja Tambang

Pekerja tambang [image source]
Pekerja tambang [image source]
Bagi beberapa orang, bekerja di kawasan pertambangan adalah hal yang sangat diimpikan. Alasannya sederhana, bekerja di pertambangan akan membuat mereka cepat mengumpulkan banyak sekali uang. Hal ini memang tidak salah. Namun, bekerja di sekitar pertambangan akan membuat pekerjaanya rentan terkena kanker yang sangat mematikan. Zat-zat seperti uranium dan radon akan membuat pekerja mengalami kanker perut, tiroid, dan yang paling parah otak.

4. Pilot dan Kru Pesawat

Pilot [image source]
Pilot [image source]
Setelah berkutat di pekerjaan kasar atau pekerjaan yang melakukan kontak langsung dengan zat karsinogenik. Kini kita akan membahas terkait dengan pekerjaan yang banyak diidamkan oleh banyak pria di dunia: pilot. Dengan gengsi yang tinggi dan juga gaji yang sangat besar, pekerjaan pilot juga memiliki risiko cukup tinggi bagi pekerjaannya untuk mengalami kanker. Pilot dan para kru lainnya terlalu sering terkena sinar UV dalam durasi yang cukup lama dan berulang. Selain masalah sinar UV, radiasi kosmik juga dipercaya menyebabkan seorang pilot bisa terkena kanker kulit yang sangat akut.

5. Tukang Potong Rambut

Tukang potong rambut [image source]
Tukang potong rambut [image source]
Pekerjaan terakhir yang membuat pekerjaannya rentang terhadap penyakit kanker adalah tukang potong rambut. Alasan kenapa pekerja pada sektor ini rentang sekali dengan kanker adalah bahan-bahan yang digunakan. Katakan saja untuk melakukan pewarnaan pada rambut. Mereka akan menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa mengenai tangan dan terhirup baunya. Kalau kebiasaan itu terus diulang setiap hari, besar kemungkinan tubuh manusia akan melakukan pembentukan sel kanker yang sangat mematikan.

Inilah deretan pekerjaan yang bisa membuat pelakunya rentan terkena kanker meski prosentasenya tidak besar. Kalau Anda bekerja pada bidang yang telah disebutkan di atas, gunakan pengaman atau berhati-hatilah agar zat karsinogenik tidak masuk ke dalam tubuh.