Kemarin, 1 April memang tidak termasuk sebagai hari libur nasional. Namun, dalam catatan sejarah, hari pertama bulan April ini punya makna khusus untuk mereka yang bekerja di dunia perbankan, karena ia diperingati sebagai Hari Bank Dunia. Perayaan hari ini pertama kali tercetus saat konferensi penting di Amerika Serikat, tepatnya di Bretton Woods, New Hampshire.

Ke depannya, keberadaan bank dunia adalah untuk membantu negara-negara dengan ekonomi yang sedang tidak stabil. Maksudnya, jangan sampai negara tersebut juga memengaruhi ekonomi wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya.

Nah, dalam rangka Hari Bank Dunia ini, kita akan berkenalan dengan sosok-sosok hebat di Indonesia yang pernah punya peranan penting dalam bank dunia. Siapa saja mereka? Simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ya!

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani

Kita sudah sama-sama bagaimana kiprah Sri Mulyani dalam mengurus keuangan Indonesia. Sri Mulyani sudah menjabat sebagai Menteri Keuangan selama tiga periode. Pertama di tahun 2005-2009, lalu dua periode di era Presiden Joko Widodo. Salah satu prestasi gemilang lain yang pernah dicapai oleh Sri Mulyani adalah kiprahnya dalam bank dunia.

Sri Mulyani [sumber gambar]
Ia pernah menempati posisi Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer di Bank Dunia, dari 2010 hingga 2016. Kalau itu tugas Sri Mulyani adalah bertanggung jawab atas operasional institusi internasional. Tugas ini juga dimaksudkan untuk menjalin kerja sama dengan negara-negara klien dan negara-negara anggota untuk menempatkan strategi operasional yang sesuai guna mengatasi tantangan pembangunan baru.

Mari Elka Pangestu

Selain Sri Mulyani, nama Mari Pangestu juga masuk dalam daftar orang yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Penunjukan Mari sendiri didasarkan karena ia punya kapasitas untuk memimpin dan keahlian dalam manajemen keuangan. Pemilihan Mari Pengestu ini juga dilakukan pada tahun 2020 ini.

Mari Elka Pangestu [sumber gambar]
“Saya dengan senang menyambut @Mari_Pangestu ke @WorldBank Group sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan & Kemitraan,” isi cuitan Presiden Bank Dunia, David Malpass dalam Twitternya, Kamis (9/1/2020). Kehadiran Mari Elka tentu juga akan memperkuat model operasional & kepemimpinan yang ada di dalam bank dunia.

Karyawan bank dunia yang kini menjadi petani sukses

Kalau sebelumnya ada nama-nama yang menjabat sebagai orang penting di bank dunia, berikut ini ada sosok yang enggak kalah menginspirasi kita semua. Adalah Muslahuddin Daud yang dulunya merupakan karyawan di bank dunia. Ia menempati posisi sebagai Social Development Specialist, dengan gaji sebesar Rp 75 juta.

Karyawan bank dunia [sumber gambar]
Namun, ia meninggalkan pekerjaan tersebut dan mengikuti panggilan hati menjadi seorang petani dan pemilih lahan. Setelah mengundurkan diri dari bank dunia, ia membeli tanah seluas 20 hektar di Aceh Besar dan ditanami dengan berbagai macam tanaman. Alhasil, meski awalnya habiskan dana kurang lebih 1,5 miliar, ia bisa sukses menjadi petani dengan segudang penghargaan. Kisah lengkapnya, bisa kalian baca di sini ya, guys.

BACA JUGA: Digaji Rp 75 Juta, Pria Ini Malah Berhenti Kerja di Bank Dunia dengan Alasan yang Mengejutkan

Mereka semua adalah orang-orang hebat. Semoga setelah ini aka nada generasi muda lain yang juga bisa mengikuti jejak karier 3 putra dan putri bangsa di atas, ya. Bekerja di bank dunia adalah prestasi hebat di mana hanya orang-orang yang benar-benar pilihan bisa masuk ke sana.