in

Dijuluki Sang ‘Siluman Hitam’ Begini Sangarnya Pengawal Presiden RI Saat Sedang Bertugas

Papampres Siluman Hitam [Sumber gambar]

Semua pejabat tinggi tentunya memiliki pengawal sendiri ketika mereka melaksanakan tugas serta dinas ke luar kota. Apalagi jika posisinya sudah sebagai orang nomer wahid di Indonesia seperti Presiden Joko Widodo. Ke manapun ia melangkahkan kaki, selalu ada Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang siapa melayaninya sebagai very-very important person alias orang VVIP.

Uniknya, pasukan pengawal ini sering disebut sebagai sang ‘siluman hitam’ karena busana yang mereka pakai terkesan sangar, lebih mirip pasukan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Mereka juga tak pernah berbicara, tampak selalu siaga kapanpun dirasa ada yang ingin mengancam nyawa presiden.

Papampres Siluman Hitam [Sumber gambar]
Dengan perlengkapan anti-peluru (body armour), penutup muka yang menandakan pasukan khusus, gerakan melesat melindungi mobil presiden. Para pengawal ini adalah yang paling mencolok, mereka biasanya menggunakan motor gede (moge) serba hitam Yamaha FZ1. Motor pengawal presiden ini mulai digunakan pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, sekitar tahun 2010. Satu motor biasanya ditunggangi oleh dua orang, satu bertugas sebagai rider (pengendara) sedangkan satu lagi duduk tegap dengan membawa senapan.

Tak hanya menaiki motor canggih saja, persenjataan yang mereka bawa juga sangat lengkap. Pasukan bermotor dibekali dengan pistol mesin MP-5K buatan jerman dengan magasin lengkung yang bisa diisi 40 peluru. Pemilihan pistol ini karena memang hampir seluruh orang VVIP di dunia ini dilindungi menggunakan MP-5K.

Koper perlengkapan senjata [Sumber gambar]

Pasukan-pasukan khusus seperti Kopassus, Denjaka, Sat Bravo 90 TNI AU, GSG-9 Jerman, serta SAS Inggris juga menggunakan senjata ini karena sangat presisi daya tembaknya. Selain jenis MP-5K, mereka menyandang pistol jenis Glock, serta pisau lempar yang siap dijadikan senjata terakhir jika kehabisan amunisi.

Selain bertugas menjaga keselamatan sang kepala negara, mereka tak pernah segan memecah kepadatan dan kemacetan lalu lintas. Body ramping kendaraan buas lansiran Yamaha tersebut membelah jalanan di Indonesia. belum lagi tenaga dan kecepatannya yang luar biasa hebat, dengan mesin DOHC empat silinder tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 150 dk dengan torsi maksimal mencapai 106 Nm.

Yap, begitulah kehebatan sang pengawal berjuluk ‘Siluman Hitam’ ini. Melesat cepat di sisi kanan-kiri kendaraan presiden, sang pengawal sudah dilengkapi dengan berbagai senjata canggih yang siap melibas musuh jika nahasnya presiden dalam bahaya. Pasukan ini bahkan siap berkorban nyawa mereka demi keselamatan pemimpinnya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Bawang Lanang, Si Kecil yang Terlupakan Namun Punya Manfaat Besar di Dalamnya

Berita Mr. Bean Meninggal adalah Hoax, 6 Public Figure Ini juga Pernah Mengalaminya