Kopaska, Pasukan Elit Indonesia Spesialis Laut yang Kemampuannya Ngeri

oleh Rizal
12:00 PM on Oct 3, 2016

Indonesia memang nggak begitu oke soal alutsista, tapi kalau urusannya dengan personel alias tentara, negara kita gahar banget. Tercatat hari ini kita punya sekitar 476 ribu personel aktif dan jumlah ini jadi yang terbanyak se-Asia Tenggara. Dan yang perlu kita tahu juga di dalam jumlah itu nggak hanya terdiri dari tentara biasa, tapi juga para serdadu elit.

Membicarakan soal tentara elit, Indonesia punya banyak banget satuan khusus ini. Salah satunya adalah Kopaska. Kopaska adalah singkatan dari Komando Pasukan Katak di mana tugas mereka adalah menjaga kedaulatan wilayah laut kita. Soal kemampuan nggak perlu diragukan. Mereka ini adalah satuan angkatan laut elit terbaik di Indonesia, bahkan bisa dibilang di Asia.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Kopaska juga salah satu pasukan elit tertua di Indonesia yang pengalamannya bejibun. Bahkan dulu pasukan ini sangat dibangga-banggakan oleh sang Pendiri Bangsa, Bung Karno. Lebih dalam soal Kopaska, berikut hal-hal yang perlu kamu tahu tentang pasukan elit laut tersebut.

Anggota Kopaska Adalah Orang-Orang Terpilih

Kopaska adalah satuan elit yang berada di bawah naungan angkatan laut kita. Maka tentu anggotanya kebanyakan adalah dari TNI AL. Tapi, jelas nggak sembarang tentara bisa masuk menjadi anggota. Butuh banyak syarat dan ketentuan, serta tes-tes luar biasa yang harus dilulusi.

Kopaska berisi orang-orang khusus [Image Source]
Kopaska berisi orang-orang khusus [Image Source]
Untuk bisa menjadi anggota Kopaska seorang TNI AL harus punya masa kerja yang lama. Kemudian kalau syarat tersebut terpenuhi maka dilanjut dengan serangkaian tes-tes luar biasa yang mungkin bagi kita sudah nggak manusiawi. Meliputi berenang dan menyelam ekstrem, sampai tes-tes fisik yang super duper melelahkan. Nggak hanya tes macam begini, untuk menjadi Kopaska seseorang harus juga melewati ujian tulis untuk menguji tingkat inteligensi. Setelah semua terpenuhi dan lulus, maka calon Kopaska akan dilatih lebih intens dan spesifik selama berbulan-bulan.

Kopaska Adalah Raja di Lautan

Kopaska secara umum diberdayakan pada sektor kelautan. Jadi, kebanyakan kualifikasinya jelas yang berhubungan dengan itu. Kalau kita bikin list nih soal kemampuan khusus apa yang dimiliki Kopaska, maka bakal panjang banget jadinya. Saking banyaknya kualifikasi kelautan yang mereka punyai.

Kemampuan Kopaska [Image Source]
Kemampuan Kopaska [Image Source]
Beberapa spesialis mereka adalah demolisi bawah air, perebutan pantai dan pangkalan, mengakomodir pendaratan-pendaratan kekuatan amfibi, dan masih banyak lagi yang lain. Uniknya, meskipun jago banget di ranah kelautan, para Kopaska ini juga handal di darat maupun udara. Jadi, dalam keadaan tertentu mereka bisa dimasukkan ke dalam Paskhas AU atau pun Kopassus-nya TNI-AD.

Kemampuan Khusus Lain Kopaska

Secara umum kualifikasi Kopaska adalah ranah kelautan. Tapi, secara khusus mereka punya satu kemampuan lain. Ya, mereka ahli dalam guarding VIP seperti presiden atau orang-orang penting lainnya. Tugas ini sudah dilakukan Kopaska sejak zaman Bung Karno.

Kopaska ahli dalam pengawalan [Image Source]
Kopaska ahli dalam pengawalan [Image Source]
Spesialis laut tapi dipercaya untuk menjaga orang penting, tentu ini adalah sebuah nilai plus bagi Kopaska. Selain sebagai bukti kemampuan, ini juga jadi kebanggaan karena nggak semua pasukan diberi amanat penting dan krusial seperti ini. Dan soal menjaga, Kopaska selama ini hampir tak pernah gagal melakukan tugasnya.

Misi-Misi Sangar Kopaska

Kopaska adalah salah satu satuan elit tertua di Indonesia. Maka jangan tanya soal pengalaman. Ya, mereka ini punya segudang catatan soal misi-misi yang pernah dilakukan. Bahkan nggak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri sana.

Banyak misi yang pernah dijalani Kopaska [Image Source]
Banyak misi yang pernah dijalani Kopaska [Image Source]
Ada begitu banyak misi yang pernah mereka lakukan. Beberapa di antaranya adalah Operasi Khusus Kikis Bajak dan Lusitania Expresso, buru perompak sumatera, pengamanan Ambalat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau misi di luar negeri, Kopaska pernah tergabung dalam unitnya PBB untuk berbagai aksi pengamanan. Mulai dari misi Irak, Sudan Selatan, Lebanon, sampai Bosnia.

Kopaska Dibentuk oleh Bapak Bangsa

Hal yang membanggakan tentang Kopaska nggak hanya tentang kemampuan atau pun kiprah mereka, tapi juga pada sejarahnya. Ya, seperti yang sudah disinggung di bagian pembuka, satuan elit ini didirikan oleh Bapak Bangsa alias Presiden Soekarno.

Dibentuk oleh Presiden Soekarno [Image Source]
Dibentuk oleh Presiden Soekarno [Image Source]
Satuan ini didirikan pada tanggal 31 Maret 1962 dengan misi pertamanya adalah mendukung kampanye militer di Irian Jaya. Langkah Presiden Soekarno mendirikan Kopaska sangat brilian. Terbukti dari deretan prestasi yang mereka torehkan hingga hari ini.

BACA JUGA: Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa

Kehadiran Kopaska adalah sumbangan yang besar sekali bagi militer Indonesia. Kemampuan dan dedikasi mereka secara tidak langsung membawa negara ini terus dalam kondisi aman dan tentram terutama di wilayah-wilayah laut. Hal yang bikin membanggakan lagi soal pasukan ini tentu saja karena mereka dibentuk langsung oleh Pak Karno dan hingga hari ini masih begitu awet dan solid.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA