in

5 Pasukan Elit Indonesia yang Kemampuannya Bikin Ngeri Negara-Negara di Dunia

5. Tontaipur

Tontaipur atau kepanjangan dari Peleton Intai Tempur merupakan pasukan elit yang ada di dalam Kostrad. Sebuah fakta unik tentang Tontaipur adalah jumlahnya yang diperkirakan tidak banyak. Hal ini bisa mengindikasikan kalau seleksi untuk menjadi anggota ini begitu luar biasa susah. Tontaipur sendiri tidak hanya dituntut untuk jago di darat, tapi juga darat dan laut. Sehingga, pasukan ini bisa dibilang spesial dan lengkap.

Saking susahnya, hampir jadi hal yang mustahil bagi seorang tentara untuk menjadi anggota Tontaipur [Image Source]
Saking susahnya, hampir jadi hal yang mustahil bagi seorang tentara untuk menjadi anggota Tontaipur [Image Source]
Tak hanya jago tempur di tiga aspek atau bahasa militernya Tri Matra, anggota Tontaipur juga diajari bagaimana melakukan aksi-aksi intelijen dan sabotase. Awal mula pembentukan Tontaipur ini adalah atas prakarsa Letnan Jendral TNI Ryamizard untuk membentuk pasukan khusus yang jumlahnya kecil namun kemampuannya luar biasa.

Baca Juga :5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

Inilah deretan pasukan elit di Indonesia yang kemampuannya sangat jumawa. Mereka mungkin tidak seterkenal Navy Seal atau Spetsnaz, tapi soal kemampuan jangan pernah diragukan. Sayangnya, penilaian peringkat militer ditentukan oleh banyak hal. Jika hanya dilihat dari tentaranya, mungkin Indonesia bisa masuk 5 besar dunia.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

9 Olahraga Brutal dari Zaman Kuno Ini Bakal Bikin Nyalimu Ciut

fiOrangJeniusRI

7 Orang Hebat Indonesia yang Karyanya Lebih Dihargai di Luar Negeri Ketimbang di Negeri Sendiri