in

9 Olahraga Brutal dari Zaman Kuno Ini Bakal Bikin Nyalimu Ciut

Lukisan yang menggambarkan Pankration [Image Source]

Olahraga itu tujuannya memang agar badan lebih sehat dan bugar. Lewat kompetisi-kompetisi olahraga, para olahragawan juga dilatih untuk bisa bersikap sportif. Karena itulah olahraga memang disarankan bagi siapapun. Setidaknya olahraga modern, sih.

Di zaman dulu, olahraganya lebih brutal dan mengerikan. Selesai berolahraga bukan cuma capek-capek saja, bahkan bisa menimbulkan kematian.

1. Pertarungan Banteng

Lukisan dinding pertarungan banteng [Image Source]
Lukisan dinding pertarungan banteng [Image Source]
Olahraga ini dilakukan sebagai salah satu bentuk ritual pada zaman perunggu di Minoan Crete. Para akrobatik melompati banteng yang sedang berlari ke arahnya. Kini olahraga ini telah menjadi gaya pertarungan banteng di Spanyol.

2. Pankration

Lukisan yang menggambarkan Pankration [Image Source]
Lukisan yang menggambarkan Pankration [Image Source]
Pankration adalah gabungan antara gulat dan tinju tapi lebih keras. Olahraga ini dilakukan oleh bangsa Yunani kuno dalam pertandingan Olimpiade. Dalam pertandingan ini, peserta harus menghajar lawannya separah mungkin hingga hampir mati, tapi tidak boleh sampai benar-benar mati.

 3. Naumachia

Naumachia [Image Source]
Naumachia [Image Source]
Beberapa koloseum Romawi bisa dibanjiri dengan air untuk mengadakan pertandingan laut gladiator besar-besaran. Dalam pertandingan ini, dilakukan pertempuran seperti perang angkatan laut sungguhan. Julius Caesar bahkan juga pernah punya 6 ribu pendayung, gladiator dan pertarungan antar tahanan. Saking brutalnya olahraga ini, perahu yang tidak tenggelam kabarnya sampai terlihat seperti dicat merah karena banyaknya darah.

4. Tarik Menarik Kulit

Tarik tambang [Image Source]
Tarik tambang [Image Source]
Pertandingan tarik tambang bangsa Viking tidak menggunakan tali tambang, melainkan kulit binatang. Kompetisi dilakukan di atas lubang berapi sehingga yang kalah akan terjatuh dan terbakar hingga tewas. Sementara yang menang bisa menjarah mereka.

5. Pertarungan Nelayan

Pertarungan nelayan di zaman Mesir Kuno [Image Source]
Pertarungan nelayan di zaman Mesir Kuno [Image Source]
Di zaman Mesir Kuno, masyarakat Mesir akan mendayung ke sungai Nil dan berusaha saling menghajar satu sama lain dengan menggunakan dayung mereka hingga berdarah-darah. Pertarungan ini akan mengundang buaya-buaya yang tinggal di sungai sehingga lawan yang kalah dan terjatuh akan menjadi santapan buaya.

6. Tarahumara

Kontes Tarahumara modern [Image Source]
Kontes Tarahumara modern [Image Source]
Olahraga ini dilakukan dengan berlari melintasi gurun Meksiko sejauh 322 km selama 48 jam atau 2 hari. Peserta juga diharuskan berlari sambil menendang bola kecil di sepanjang jalan.

7. Pelota Purepecha

Pelota Purepecha [Image Source]
Pelota Purepecha [Image Source]
Olahraga ini mirip dengan permainan hoki es di zaman modern. Tapi bedanya, bola yang dimainkan dibakar agar bisa dimainkan pada malam hari. Permainan ini dianggap sebagai olahraga bola paling aman dari suku Maya.

8. Buzkashi

Buzkashi [Image Source]
Buzkashi [Image Source]
Adalah sebuah olahraga kuno di Afghanistan dan masih berhubungan dengan permainan Polo di zaman modern. Hanya saja bedanya, olahraga ini menggunakan mayat kambing tanpa kepala dan berusaha memasukkannya ke gawang lawan.

9. Nguni

Pertarungan tongkat Nguni [Image Source]
Pertarungan tongkat Nguni [Image Source]
Dalam olahraga masyarakat Zulu ini, peserta mempersenjatai diri dengan 2 tongkat panjang. Tongkat ini digunakan untuk pertahanan dan menyerang. Untuk mengetahui siapa yang terkuat, mereka saling memukul terus menerus tanpa menggunakan pelindung.

Itulah tadi beberapa olahraga di zaman kuno yang cukup brutal dan bahkan menyiksa. Untungnya kita hidup di zaman modern yang mengenal berbagai jenis olahraga yang lebih aman dan tidak sampai mengancam nyawa.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

7 Negara Berdaulat yang Ada di Dunia ini Justru Menghilang di Abad ke-20

5 Pasukan Elit Indonesia yang Kemampuannya Bikin Ngeri Negara-Negara di Dunia