Categories: Trending

5 Pasar Keren di Seluruh Indonesia

Indonesia memang penuh keunikan dari percampuran banyak budaya masyarakatnya. Dari bahasa daerahnya, budaya tiap sukunya sampai tradisi daerah yang khas Indonesia ‘Banget’.

Dan satu tempat yang memiliki keunikan dari Indonesia, yaitu Pasar. Ternyata di Indonesia tempat manusia melakukan jual beli ini memiliki keunikan tersendiri lho. Selain karna barang-barang yang dijualnya juga dikarenakan konsep pasar ini yang memang beda dibanding yang lain.

1. Pasar Santa

Pasar tradisional yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini awalnya hanya pasar biasa yang berjualan sayur, buah dan barang-barang rumah tangga lainnya. Namun kini pasar Santa ini telah disulap menjadi pasar penuh karya seni dan jadi takaran ‘Gaul’  muda-mudi Jakarta.

Pasar Santa (c) yes24.co.id

Di lantai 1 pasar Santa ternyata memiliki keunikan karna terdapat penjual piringan hitam yang selalu memutar musik klasik sepanjang waktu. Suara terompet Miles Davis, senandung John Lennon, dan lengkingan Ella Fitzgerald kini kerap terdengar dan membuat suasana pasar seolah bagian dari pasar di benua Eropa. Tidak hanya itu, banyak juga dibuka kedai kopi berkonsep vintage yang menyuguhkan suasana ‘Ayem’ untuk pengunjungnya. Alhasil pasar Santa kini menjadi tempat perkumpulan komunitas kreatif di Jakarta. Mereka kerap membuat pertunjukkan di ‘Post’ yang memang disewakan dengan harga murah.

Selanjutnya : 2. Pasar Beringharjo

2. Pasar Beringharjo

Pasar tradisional yang satu ini wajib dikunjungi jika sedang jalan-jalan dikota Yogyakarta. Pasar Beringharjo adalah pasar tertua yang ada di kota Kesultanan Ngayogyakarta dan memiliki keunikan arsitektur yang memadukan gaya Jawa dengan gaya Belanda, karna dibangun diera penjajahan Belanda .

Pasar Berinharjo (c) wikipedia.org

Pasar Beringharjo menjadi pusat penjual batik terbesar di Indonesia. Di sini dijual banyak macam-macam batik, dari batik bahan maupun batik jadi, mulai dari batik yang harganya puluhan rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Macam batik yang ditawarkan juga tidak hanya batik dari Yogyakarta, batik Solo, dan batik Pekalongan pun tersedia di pasar ini.

Pasar Beringharjo Pusat Perdagangan Batik Jogja (c) indonesiaexplorer.net

Selain menjual berbagai barang sandang dan pangan, pasar ini juga terkenal dengan tempat berburu barang antik. Dari mesin ketik jadul, helm tahun 60-an sampai kaset-kaset tua jaman kemerdekaanpun bisa didapat di pasar ini. Bagi para kolektor uang lama kawasan pasar Beringharjo ini juga menjual uang lama dari berbagai negara.

Selanjutnya : 3. Pasar Gedhe Solo

 3. Pasar Gedhe Solo

Satu lagi pasar keren di Indonesia, Pasar Gedhe Solo. Pasar ini dibangun mulai tahun 1927 hingga 1930 dan menjadi pasar tertua di kota Solo. Pasar ini menjadi salah satu destinasi pelancong jika mampir ke kota Solo. Keunikan dari pasar ini selain memiliki struktur bangun yang bergaya Belanda juga menjadi pusat kuliner makanan khas Solo yang lezat.

Pasar Gedhe Solo (c) imageshack.us

Pasar Gede Solo menjadi salah satu fragmen sejarah kota Solo. Letaknya yang berada di Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Urip Sumohardjo kota Solo, Pasar Gede menjadi ruang interaksi sosial sekaligus “monumen sejarah” Surakarta. Pasar Gedhe Solo berada di daerah pecinan, sehingga banyak bangunan khas Pecinan di sekitarnya. Tidak jauh dari Pasar Gedhe Solo terdapat Klenteng Vihara Avalokitervara Tien Kok Sie.

Selanjutnya : 4. Pasar Johar Semarang

4. Pasar Johar Semarang

Pasar Johar adalah salah satu pasar warisan budaya peninggalan Belanda. Terletak di kawasan perdagangan di pusat kota Semarang, Pasar Johar menjadi destinasi wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang. Arsitek Belanda Herman Thomas Karsten dipercaya merancang arsitektur pasar induk tradisional yang dibangun pada 1937 ini. Ciri khusus arsitektur pasar terletak pada atapnya yang berbentuk kolom-kolom mirip cendawan. Atap yang satu dan lainnya saling menaungi dan tidak menyatu. Konstruksi ini memungkinkan udara masuk dari segala penjuru.

Pasar Johar Semarang (c) antarajateng.com

Selain arsitektur yang unik pasar ini juga menyediakan segala kebutuhan pokok dari pakaian, makanan hingga pernak-pernik khas Semarang. Bagi pemburu barang antik, di pasar Johar juga terdapat pedagang barang antik dari akik lawas sampai barang seni lainnya.

5. Pasar Aur Kuning Bukittinggi

Yang berkunjung ke Sumatra Barat sepertinya wajib untuk mengunjungi pasar tradisional yang satu ini. Pasar Aur Kuning Bukittinggi atau Pasar Auri Bukittinggi merupakan pusat perdagangan di daerah Bukittinggi. Uniknya bangunan pasar ini memakai gaya minangkabau untuk gerbang masuk pasar.

Pasar Aur Kuning Bukittinggi (c) klikpositif.com

Pasar ini menjadi pusat jual beli Grosir dan Retail masyarakat Bukittinggi. Selain memiliki banyak pilihan barang dagangan pasar ini juga terkenal sebagai pasar murah. Wisatawan yang ingin berbelanja untuk oleh-oleh rasanya wajib untuk mampir ke pasar ini. Pernak-pernik khas Sumatra Barat banyak diperdagangkan disini. Namanya juga pasar, jadi usaha tawar menawar tetap diperbolehkan.

Beberapa pasar di atas bisa jadi referensi kunjunganmu ketika mampir di kota-kota tersebut. Selain murah, kita juga sekalian membantu melestarikan keberadaan pasar tradisional di Indonesia.

Share
Published by
titi

Recent Posts

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago