in

Bukan Cuma Pemandangan, Pantai Ngliyep juga Menyuguhkan Oleh-Oleh yang Bikin Lidah Tak Henti Goyang

Kakap Merah Panggang [Image Source]

Pantai Ngliyep merupakan pantai selatan yang terletak di salah satu kecamatan di Kabupaten Malang, lebih tepatnya di desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo. Pantai ini terkenal dengan panorama pantai yang asri, indah dan menyejukkan mata saking birunya. Perpaduan alami pepohonan yang hijau dan warna biru lautnya membuat pantai ini menarik perhatian pengunjung lokal ataupun manca. Pernah suatu kali banyak pemancing manca yang berada di area Bukit Kecil di Pantai Ngliyep untu menikmati angin malam dan suasana memancing di malam hari yang membuat mereka ketagihan.

Tak hanya menyuguhkan keindahan, Pantai di Malang yang namanya Ngliyep ini juga menghadirkan berbagai ornamen berupa oleh-oleh dari benda-benda laut dan makanan kuliner. Makanan kuliner berupa oleh-oleh dan makanan khas dari laut. Makanan ini berasal dari bahan-bahan dasar seperti ikan yang sering dihasilkan oleh nelayan setempat. Kira-kira makanan kuliner apa sajakah yang ada disana? Yuk, kita intip beberapa fakta unik tentang makanan kuliner di pantai selatan yang satu ini!

Bakso Gurita Telah Dipatenkan Menjadi Makanan Kuliner Khas Pantai Ngliyep

Bakso [Image Source]
Jika biasanya bakso dibikin daging, di Ngliyep kita akan menemukan makanan ini dibuat dari gurita. Jangan bayangkan hewannya saat hidup ya, karena ketika sudah diolah menjadi bakso rasanya benar-benar luar biasa. Teksturnya begitu lembut namun kenyal. Menikmati bakso gurita setelah berbilas pasca main air di laut, rasanya benar-benar mantap. Apalagi makanan ini mungkin cuma bisa kamu temukan di sini terlebih bakso gurita malah sudah dipatenkan oleh orang-orang sekitar. Oh iya, untuk harga kisarannya adalah Rp 50 – Rp 60 ribuan.

Abon Tuna Menjadi Oleh-Oleh yang Sering Dicari

Abon Tuna [Image Source]

Selain bakso gurita, oleh-oleh abon tuna juga makanan yang sudah dipatenkan oleh pihak nelayan pantai Ngliyep. Abon ini umumnya diolah oleh istri-istri nelayan. Soal rasa, abon tuna ini punya ciri khas rasa yang agak beda walaupun dari kemasan sama. Bahan makanan ini banyak dijual di sana dengan beragam kemasan. Mulai dari satu kilo sampai satu ons. Jangan sampai tidak beli ya kalau sempat mampir ke Ngliyep.

Tongseng Gurita yang Menjadi Ikon Masakan Istri Nelayan

Krengsengan Gurita [Image Source]
Selain dibikin bakso, gurita di sini juga lazim diolah menjadi makanan lainnya. Salah satunya adalah tongseng. Jadi, daging gurita yang lembut dan kenyal itu diolah dengan berbagai macam bahan, mulai dari tahu, kentang, dan lain sebagainya. Rasanya jangan tanya, kenikmatannya sungguh tiada duanya. Apalagi sensasi guritanya benar-benar bikin nagih. Kabar baiknya, makanan ini banyak dijumpai di warung-warung di Ngliyep.

Kakap Merah Panggang Disantap Saat Sarapan

Kakap Merah Panggang [Image Source]
Kakap merah panggang juga jadi kuliner khas di Ngliyep. Seperti namanya, makanan ini dibuat dari kakap merah dengan cara pengolahnya adalah pakai panggangan. Umumnya sih menu ini dibikin pedas sehingga jadi kombinasi yang maknyus dengan aroma bakarnya. Ikan-ikan yang dipakai biasanya adalah hasil tangkapan langsung sehingga masih segar dan dagingnya manis. Bagi yang tidak suka pedas, tidak masalah untuk mencoba karena setelah menyantap si kakap kita bisa pesan es kelapa muda yang benar-benar menetralkan pedasnya.

Lobster Raksasa yang Nikmat Bikin Ketagihan

Lobster [Image Source]
Daerah Ngliyep diketahui pula sebagai spot bersembunyinya lobster-lobster monster. Makanya ketika sedang musim jumlahnya bisa begitu banyak. Tak heran kalau kemudian banyak ditemui menu-menu lobster di warung-warung di tempat ini. Memang nggak bisa dipungkiri kalau menu lobster memang luar biasa. Apalagi di Ngliyep kita bisa sekaligus dapat nuansa lautnya. Untuk harga biasanya memang agak nggak murah. Tapi, memang ini sepadan dengan apa yang kita dapatkan.

Ngliyep memang lengkap banget sebagai tempat main. Nggak hanya punya laut dan nuansanya yang khas, tapi juga kuliner-kuliner spesial yang nggak banyak ditemukan di kota. Jika masih belum kurang, kita juga akan mendapati banyak toko merchandise di sini. Jadi, kalau ada kesempatan mampir ke Jawa Timur khususnya Malang, jangan lupa berkunjung ya dan rasanya sendiri kenimatannya.

Written by Halwa

Penulis lepas yang suka travelling. Dengarkan apa yang mereka katakan sebagai hikmah, jangan hanya lihat siapa yang mengatakannya.

Leave a Reply

Di Balik Gemerlapnya K-Pop, Inilah Potret Wajah Lain Korea Selatan yang Ibarat “Neraka” Dunia

Sederhana Banget! Pejabat ini Nggak Gengsi Naik Motor Sampai KRL Meski Tersedia Mobil Dinas