Otak Manusia Berusia 2.600 Tahun Masih Tampak Bagus Dan Utuh

oleh Ayu
15:21 PM on Mar 6, 2015

Penemuan otak manusia berusia 2.600 tahun, membuat para peneliti dan arkeolog di Inggris terkesima. Otak manusia itu ditemukan dalam kondisi yang masih baik padahal ia berada dalam tengkorak hasil eksekusi mati yang sudah terkubur berabad-abad lamanya.

Dilansir dari Dailymail, otak berusia lebih dari 2.600 tahun itu masih terlihat segar dan basah. Penemunya adalah seorang arkeolog York Archaeological Trust yang membuka sebuah penemuan tengkorak dan mendapati otak tersebut di dalamnya. Lalu, bagaimana sebuah tengkorak bisa menyimpan otak yang tidak membusuk?

Baca Juga
6 Artis Tanah Air Ini Pindah Kewarganegaraan, Alasannya Menusuk ke Relung Hati Terdalam
7 Pekerjaan Ini Sering Diremehkan, Padahal Kita Tak Bisa Hidup Tanpa Mereka

Otak Manusia 2.600 tahun via Dailymail

Setelah ditelusuri lebih lanjut, para peneliti dan arkeolog ini menemukan penyebab masih baiknya kondisi otak manusia tersebut. Rupanya potongan kepala tengkorak dikubur dalam tanah atau lumpur liat yang memiliki banyak kandungan oksigen. Tanah liat ini menutup hampir seluruh bagian kepala dan lama-kelamaan melindungi jaringan otak.

Proses menutup inilah yang kemudian menjaga struktur dan kondisi bagian dalam tengkorak sehingga otak tersebut terlindungi secara alami. Para peneliti dan arkeolog masih menelusuri penyebab kematian dari pemilik tengkorak tersebut, meskipun sebenarnya mereka memiliki keyakinan bahwa kemungkinan manusia yang hidup di jaman besi itu mati karena digantung atau dipenggal.

Arkeolog menemukan otak manusia usia 2.600 tahun dalam tengkorak via Dailymail

Tengkorak pria yang ditemukan tahun 2009 itu baru dibuka semata-mata untuk meneliti sejarahnya saja. Namun penemuan otak berusia lebih dari 25 abad itu menjadi topik menarik yang menjadi PR baru untuk menguak sejarah dan bagaimana sebuah organ bisa terjaga dengan baik selama itu.

Sejauh ini, penemuan mutakhir arkeolog adalah para mumi yang mengalami pembalsaman atau dibekukan sehingga bentuknya masih kelihatan seperti aslinya. Namun metode itu termasuk buatan manusia, sementara fenomena yang terjadi pada otak ini merupakan hasil alami bentukan alam.

Well, alam memang selalu punya misteri ya? Semua itu selain menarik untuk sains, juga untuk mengingatkan kita bahwa ada kuasa dari Sang Pencipta.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA