Menjadi seorang presiden, cita-cita yang hanya ada di kepala orang besar dan berani. Bagaimana tidak, ia punya tugas mengurus negara beserta penduduknya yang berjumlah puluhan juta orang. Mungkin ini juga alasan mengapa banyak kepala negara menjadi idola warganya, karena mereka dianggap sebagai sosok hebat yang tak bisa dijalani oleh semua orang.

Joko Widodo adalah salah satu dari presiden di dunia yang punya banyak penggemar. Pak Jokowi punya banyak cara untuk menyapa rakyat, melalui blusukan, video di YouTube atau platform media sosial lain.

Nah, ada momen cukup unik saat Pak Jokowi berkunjung ke lokasi pembangunan pelebaran Danau Toba di Tano Ponggol, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (31/7/2019). Seorang siswa tiba-tiba datang kepadanya untuk memberikan sebuah gitar. Mendapat hadiah dari rakyat mungkin memang sudah biasa, tapi yang satu ini cukup istimewa –dan mungkin akan dikenang terus oleh Pak Jokowi.

Diberikan oleh seorang anak SMP

Sebuah video yang memperlihatkan anak perempuan berseragam SMP viral. Siswi tersebut berlari menerobos paspampres yang mengawal Pak Jokowi hingga berhasil mendekat dan beradu mata dengan presiden. Melansir Gatra.com dari, siswi tersebut bernama Oprah Simatupang, pelajar kelas VII yang saat ini menuntut ilmu di SMP Negeri 3 Pangururan. Oprah tinggal di kawasan Jalan Perkantoran, Pangururan. Oprah dan keluarganya baru tinggal di Samosir kurang lebih satu bulan. Sebelumnya Oprah dan keluarganya tinggal di Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Menangis karena terharu

Oprah Simatupang [sumber gambar]
Oprah dengan sangat nekat untuk mendekat menuju presiden dan tidak memperdulikan jajaran para pengawal yang ada. Ia berlari sambil menangis dan memegang sebuah gitar kayu yang akan diberikan kepada Jokowi. Ya, layaknya idola yang bertemu dengan orang yang dikagumi, kurang lebih reaksinya akan sama, kagum dan tidak menyangka kan? Mungkin itu juga yang dirasakan oleh Oprah. Ia kemudian memberikan gitar tersebut kepada Jokowi. Peristiwa mengharukan itu terekam dalam kamera Sekretariat Presiden dan dipublikasikan di Youtube tanggal 31 Juli 2019.

Gitar tersebut dibuat khusus oleh ayahnya yang merupakan tukang kayu

Ayah Oprah Simatupang [sumber gambar]
Oprah adalah anak pertama dari empat bersaudara, pasangan Leonard Simatupang dan Repina Purba. Ayahnya bekerja sebagai tukang kayu dan pembuat alat–alat musik. Adapun gitar yang diberikan kepada Pak Jokowi merupakan hasil kerajinan tangan ayahnya yang memang ia rencanakan untuk diberikan kepada presiden. Oprah sendiri memberikan gitar tersebut dengan alasan ayahnya banyak mendapat inspirasi dari Jokowi yang dulunya juga seorang tukang kayu.

Jokowi sudah biasa mendapatkan kejutan dari para fansnya

Kejutan dari para fans sebelumnya [sumber gambar]
Ini bukan kali pertamanya pak Jokowi dikejutkan oleh para fansnya. Sebelumnya, ia pernah mendapat Bambu Petuk dari seorang warga asal Cilacap. Bambu tersebut dipercayai bisa mempunyai kekuatan dan menjadi sakti. Ada banyak sekali orang yang memburu bambu ini, karena ia sangat langka dan susah ditemukan. Selain itu, ada juga pria bernama Ariyanto yang berprofesi sebagai kuli bangunan, mencolek dan mengejar Jokowi sang sang presiden sedang touring di Sukabumi. Ariyanto akhirnya mendapat undangan ke Istana presiden. Sekarang, ada Oprah yang juga memberikan kejutan karena ayahnya punya profesi yang sama dengan sang presiden sebelum memimpin Indonesia.

BACA JUGA: Saking Cintanya Pada Jokowi, 3 Orang Ini Lakukan Hal Nyeleneh

Setiap orang memang punya idola masing-masing, Jokowi mungkin adalah satu dari banyak idola Oprah Simatupang. Kita doakan ya, semoga siswi ini tak hanya viral sesaat saja, semoga kelak bisa menjadi seseorang yang juga bisa menginspirasi banyak orang.