5 Operasi Paling Kotor yang Pernah Dilakukan CIA

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 16, 2015

Central Intelligence Agency atau yang lebih populer disebut CIA sudah barang pasti sering kita dengar. Ya, mereka sama seperti BIN (Badan Intelijen Negara) milik Indonesia yang tugasnya adalah melakukan investigasi berupa pengumpulan informasi untuk tujuan khusus. CIA sendiri sudah ada sejak 68 tahun lalu dan kiprahnya telah mendunia.

CIA sendiri lebih sering berkepentingan di luar negeri, sedangkan di dalam negeri biasanya adalah ranah FBI. Alhasil, hal ini membawa CIA melanglang buana ke penjuru dunia untuk melakukan misi-misi sesuai dengan yang diperintahkan pemerintah pusat. Selama 68 tahun bisa dibilang pencapaian CIA begitu fantastis. Mereka melakukan misi-misi penting di luar negeri sehingga bisa membawa Amerika seperti sekarang ini, besar dan jumawa. Sayangnya, untuk melakukan itu CIA seringkali melakukan trik-trik kotor. Mereka memang tak pernah membeberkan semua itu, namun publik tahu jika dalang di balik kejadian-kejadian besar di dunia pasti menyakut-pautkan nama CIA.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Ada banyak aksi kotor yang dilakukan CIA untuk memuluskan Amerika menjadi negara adidaya satu-satunya. Bahkan salah satu misi mereka juga menyangkut Indonesia dan tokoh-tokohnya. Apa saja misi-misi kotor yang dicurigai merupakan hasil perbuatan CIA ini? Berikut ulasannya.

1. Operasi Pembunuhan Fidel Castro

Fidel Castro adalah sosok yang sangat dibenci oleh Amerika. Alasannya sendiri adalah perbedaan idealisme serta sikap Castro yang sangat keras kepada mereka. Hal ini pun membuat pemerintah Amerika geram dan kemudian mengutus CIA untuk melakukan operasi pembunuhan.

Salah satu kegagalan besar CIA adalah tidak bisa menyingkirkan Fidel Castro [Image Source]
Salah satu kegagalan besar CIA adalah tidak bisa menyingkirkan Fidel Castro [Image Source]
Sayangnya, operasi ini hanya menyisakan aib bagi CIA. Pasalnya, mereka banyak melakukan percobaan pembunuhan terhadap tokoh penting Kuba ini namun tak satu pun berhasil membuat Castro menghembuskan nafas terakhirnya. Di antara cara-cara licik untuk membunuh sahabat Presiden Soekarno ini misalnya dengan meracuni makanannya, menaruh bom di cerutunya, serta ratusan trik lainnya yang semuanya berakhir hampa.

2. CIA Memproduksi Film Dewasa Versi Tokoh Terkenal

CIA mungkin organisasi elit, namun mereka tak sungkan untuk melakukan hal-hal keji dan kotor asal tujuannya tercapai. Salah satunya dengan memproduksi film dewasa dengan aktor gadungan yang mirip dengan tokoh-tokoh dunia. Tujuannya untuk meruntuhkan kredibilitas tokoh tersebut sehingga nantinya tidak akan jadi penghalang Amerika untuk meraih tujuannya.

Bahkan Presiden Soekarno pernah jadi korban CIA namun berujung kegagalan [Image Source]
Bahkan Presiden Soekarno pernah jadi korban CIA namun berujung kegagalan [Image Source]
Presiden Soekarno pernah jadi korban trik kotor ini. Mereka membuat sebuah film dewasa dengan tokoh yang mirip dengan sang proklamator. Untungnya, film tersebut tak pernah dirilis walaupun sepertinya sudah siap edar. Tak hanya Soekarno, Saddam Husein dan Osama Bin Laden juga pernah dibuatkan video semacam ini.

3. Pengumpulan DNA Berdalih Vaksin

Tahun 2011 lalu berkat pemantauan CIA, akhirnya Osama Bin Laden berhasil dibunuh di Pakistan. Sebenarnya misi pembunuhan tersebut sama sekali tidak mudah. CIA sendiri harus melakukan banyak hal termasuk operasi kotornya dengan mengadakan vaksin di sebuah daerah di Pakistan. Padahal tujuan mereka hanya ingin mengumpulkan sampel DNA anak Osama. Sehingga dari sini akan makin mendekatkan mereka kepada sosok yang dianggap teroris itu.

Melakukan program vaksin abal-abal hanya untuk mendapatkan sampel DNA anak Osama Bin Laden [Image Source]
Melakukan program vaksin abal-abal hanya untuk mendapatkan sampel DNA anak Osama Bin Laden [Image Source]
Operasi ini melibatkan seorang dokter Pakistan sebagai eksekutornya. Pertama mereka menyasar ke daerah-daerah miskin, lalu semakin lama makin mendekati daerah yang dicurigai sebagai tempat bermukim Osama. Operasi ini dinilai berhasil oleh CIA karena pada akhirnya Osama berhasil dibunuh. Namun yang bikin geram adalah mereka sampai melakukan cara kotor itu. Belum lagi ternyata vaksin yang diberikan ternyata tidak jelas.

4. Phoenix Program, Wacana Pembunuhan Massal Penduduk Vietnam

Amerika mungkin bisa bangga lantaran selalu sukses melakukan intervensinya ke negara-negara asing. Namun mereka punya satu jejak kegagalan yang takkan pernah dilupakan. Vietnam, negara tetangga kita ini sukses membuat negara adidaya tersebut morat-marit ketika mencoba menginvasinya. Banyak cara yang dilakukan untuk menaklukkan negara ini, termasuk mengaplikasikan sebuah program bernama Phoenix.

Phoenix, program ini bertujuan untuk menghabisi warga sipil Vietnam terutama yang terlibat dengan Viet Cong [Image Source]
Phoenix, program ini bertujuan untuk menghabisi warga sipil Vietnam terutama yang terlibat dengan Viet Cong [Image Source]
Operasi ini adalah pembunuhan, namun targetnya bukan militer melainkan sipil. Tercacat dari tahun 1965 sampai 1972 CIA dibantu oleh pasukan khusus Amerika yang ada di sana melakukan penyiksaan berujung pembunuhan kepada sipil. Terutama yang berhubungan langsung dengan Viet Cong. Hal ini bisa dibilang merupakan pencapaian terburuk CIA dan mereka mendapatkan banyak kecaman pula lantaran program ini.

5. Operasi Ajax, Cara CIA Melakukan Kudeta di Iran

Perdana Menteri Mohammad Mossadegh adalah pimpinan Iran yang dikenal kebijaksanaannya yang bagus. Salah satunya dengan bersikap anti barat dan melakukan nasionalisasi aset-aset negara seperti industri minyak. Hal ini pun membuat Amerika gatal dan akhirnya menerjunkan CIA dengan misi kudeta kepada Mossadegh.

Kudeta di Iran ini dianggap sebagai prestasi terbesar CIA [Image Source]
Kudeta di Iran ini dianggap sebagai prestasi terbesar CIA [Image Source]
CIA kemudian melakukan cara kotor dengan membayar siapa pun, termasuk aparat, bos-bos perusahaan bahkan preman-preman. Lewat aksi ini CIA berhasil membalik opini publik dan akhirnya memenjarakan Mossadegh. Kemudian ditunjuk pemimpin baru Fazlollah Zahedi yang sangat pro barat. CIA menyebut ini adalah kemenangan gemilang.

Deretan operasi kotor di atas adalah bukti otentik jika CIA tak segan melakukan apa pun untuk bisa memuluskan langkah Amerika dengan tujuannya. Tak cuma lima kasus di atas, diduga CIA juga ada di balik huru-hara yang terjadi saat ini. Salah satunya tentang ISIS yang dipercaya adalah organisasi buatan mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA