in

4 Pembukaan Asian Games yang Paling Heboh, Punya Indonesia Bikin Susah Move On

Pembukaan Asian Games yang berlangsung pada 18 Agustus kemarin pasti mengundang decak kagum siapapun, bahkan mereka yang hanya menyaksikan lewat layar kaca. Panggung megah berdiri di tengah Stadion Gelora Bung Karno (GBK), dihadiri oleh ribuan penari dan juga musisi Indonesia.

Sampai sekarang rasanya masih belum bisa move on dari opening ceremony tersebut. Ya, karena ada banyak sekali kejutan yang terjadi, sebut saja seperti Pak Presiden yang memasuki venue dengan moge-nya hingga penari Ratoh Jaroe yang sangat spektakuler. Nah, melihat kemegahan ini, yuk kita flashback sebentar dan melihat megahnya pembukaan Asian Games beberapa tahun belakang.

Asian Games 2006 di Doha, Qatar

Tahun 2006, Qatar menjadi tuan rumah Asian Games ke 15. Pagelaran ini dilaksanakan pada 1-15 Desember 2006. Bertemakan The Games of Your Life, Stadion Internasional Kalifa dipilih sebagai venue utamanya. Perayaan pesta olahraga se-Asia ini diproduksi oleh David Atkins Enterprises. Malam pembukaannya juga sarat akan budaya Timur Tengah, sebanyak 62 penunggang kuda memasuki stadion dan meramaikan acara. Uniknya, Sheikh Mohammed Bin Hamad Al-Thani sebagai anggota kerajaan juga menaiki panggung dengan mengendarai kuda untuk menyalakan api abadi.

Asian Games 2010 di Guangzhou

Empat tahun berikutnya, Guangzhou terpilih menjadi tuan rumah pada Asian Games ke 16. Berlangsung dari 12-27 November, Ghuangzhou sendiri merupakan kota kedua yang terpilih setelah Beijing pada tahun 1990. Berlangsung di sepanjang Sungai Pearl di Pulau Haixinsha, opening ceremony ini menjadi kali pertama pembukaan digelar di luar stadion. Saat-saat penyalaan api abadi pun menjadi momen sakral yang unik. Dua anak kecil didampingi pria dewasa naik ke TKP dan menyulut kembang api raksasa sehingga api menyala. Pertandingan berakhir dan tuan rumah menjadi juara di kandang mereka sendiri.

Asian Games 2014, Korea Selatan

https://www.youtube.com/watch?v=qKH4bwBLN80

Setelah Ghuangzhou, Korea Selatan menjadi negara setelahnya yang diusung sebagai tuan rumah. Bertempat di Incheon Asiad Main Stadion, acara berlangsung meriah, walaupun banyak yang bilang kemasannya sederhana. Ada yang unik dari opening ceremony-nya, yaitu tarian kolosal dalam empat sesi, yang bercerita tentang Korea dan perjalanan mereka dalam sejarah Asia dari masa lalu hingga sekarang. Dibalut tema Diversity Shines Here, Korea Selatan ingin menunjukkan bahwa kita semua adalah saudara meski dipisah oleh berbagai macam perbedaan budaya. Uniknya, penampilan memukau dari penyanyi Psy membuat satu stadion bergoyang ‘Gangnam Style’.

Asian Games 2018, Indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=a9eZNPdCj1c

Pembukaan Asian Games dua hari lalu masih terkenang di benak dan meninggalkan kesan tersendiri. Mengusung tema Energy of Asia, ada empat segmen elemen yang ditampilkan di panggung raksasanya, berlatar belakang gunung berapi, air terjun, dan hamparan tanah hijau yang sejuk. Tiap elemen yang berupa air, api, tanah, dan angin mewakili keindahan Indonesia dari ragam budaya, ribuan pulau yang disatukan oleh air, bangsa besar yang punya kekuatan nasionalisme yang tinggi, serta jiwa yang berani berkompetisi. Para penonton juga dibuat heboh dengan aksi kece presiden saat memasuki venue, serta tarian Ratoh Jaroe yang melibatkan 16.000 penari dari 18 SMA se-DKI Jakarta juga membuat kagum seluruh penonton.

Itulah beberapa rekam sejarah bagaimana meriahnya acara pembukaan Asian Games dari waktu ke waktu. Opening ceremony yang baru saja berlangsung di Indonesia bisa dikatakan paling heboh dan membuat kita bangga. Kalau menurutmu bagaimana Sahabat Boombastis, mana yang paling wah?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Patriotisme sejak Dini, Belajar dari Joni Pemanjat Tiang Bendera asal NTT

Jadi Pahlawan di Acara Kemerdekaan, Anak Atambua Ini Langsung Kebanjiran Berkah